Tips Memilih Cincin Kawin Untuk Pengantin Pria

0
450
cincin kawin pria
Ilustrasi - Freepik

CINCIN kawin merupakan sebuah lambang ikatan cinta kamu dan pasangan dalam sebuah bahtera rumah tangga. Sehingga cincin tersebut layak untuk terus melingkar di jarimu, entah sebagai pertanda kalau kamu sudah berumah tangga atau sebagai obat rindu akan sosok pasangan hidupmu. Karena itu, rupa cincin kawin sangatlah penting.

Namun, banyak pria merasa kebingungan dalam memilih cincin kawin. Bagaimana harus memulainya? Berapa ukuran cincinnya? Jenis logam apa yang bisa dipilih? Bisakah pria menggunakan berlian? Jangan khawatir! Kali ini kami akan memberikan tips untuk calon pengantin pria dalam memilih cincin kawin yang sesuai dengan karakter dan kepribadian.

Bagaimana Menentukan Ukuran Cincin

Ini merupakan hal pertama yang harus kamu ketahui, menentukan ukuran cincin yang pas untukmu. Jangan asal menebak jika tidak ingin mendapatkan cincin kawin yang tidak sesuai. Ada cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui ukuran cincin, yakni dengan mengukur diameter atau keliling jarimu. Gunakan kertas atau benang dan lingkarkan di jari manismu. Kemudian ukur kertas atau benang menggunakan penggaris panjang. Setelah itu, kamu dapat mencocokkan hasil pengukuranmu dengan tabel ukuran cincin yang bisa didapatkan secara gratis di internet.

Perhatikan hal ini saat mengukur cincin:

  • Lakukan pengukuran pada sore hari atau pagi menjelang siang.
  • Sebaiknya lakukan pengukuran berkali-kali hingga menemukan ukuran yang pas. Karena ukuran jari bisa berubah di waktu dan kondisi tertentu. Suhu panas dapat menyebabkan jari membengkak, dan dingin membuat jari lebih ramping. Pilihlah hasil ukuran yang lebih besar agar kamu mendapatkan cincin yang nyaman dikenakan.
  • Mintalah orang lain untuk membantumu. Jangan mengukur sendiri agar hasilnya lebih baik.

Jenis Cincin yang Harus Dipilih

Ada berbagai jenis cincin kawin klasik yang bisa dipilih. Memilih jenis cincin sama dengan menemukan ukuran cincin, harus sesuai dan nyaman digunakan. Lalu apa saja jenis cincin yang dapat kamu pilih?

Classic Court

Ini merupakan jenis cincin yang paling umum dikenakan kaum pria, disamping cincin tipe D-Shaped. Cincin ini memiliki bentuk interior dan eksterior bulat, sehingga sangat nyaman. Cincin ini juga kerap dipilih sebagai satu set cincin kawin yang serasi.

D-Shaped Ring

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cincin dengan interior berbentuk huruf D ini juga banyak peminatnya. Desainnya ramping sangat cocok untuk kamu yang simpel dan memiliki banyak aktivitas.

Flat Rings

Jenis ini adalah kebalikan dari jenis Classic Court karena memiliki bentuk interior dan eksterior yang datar. Cincin ini tidak begitu praktis bagi kamu yang bekerja atau menjalani gaya hidup aktif. Jenis cincin ini mudah tersangkut pada pakaian atau beberapa benda lainnya. Bentuk interiornya yang datar pun kadang tidak cocok untuk beberapa orang.

Flat Court

Cincin ini memiliki bagian luar yang datar namun dengan interior berbentuk bulan sehingga nyaman dan sangat populer dikalangan pria. Desain modern seperti ini praktis dan fashionable.

Memilih Material Cincin

Setelah memilih ukuran dan jenis yang nyaman untukmu, saatnya memilih tampilan cincin kawinmu, dimulai dengan menentukan materialnya. Pemilihan ini tidak hanya menentukan penampilan cincinmu, tapi juga harga dan bagaimana perawatannya nanti. Ada beberapa logam mulia yang bisa jadi pilihan, diantaranya emas, emas putih, perak, palladium dan platinum.

Baca Juga: Memilih Logam Cincin yang Tepat Untuk Sang Pengantin Pria

Polos atau Bermotif, ya?

Banyak pria yang bertanya apakah pria lumrah mengenakan cincin berlian? Apakah tidak berlebihan jika memilih cincin bermotif? Ini cincin kawinmu dan kamu berhak memilih apa yang kamu suka. Jika kamu merupakan orang yang simpel, cincin kawin berdesain polos bisa jadi pilihan. Atau jika kamu ingin cincin yang lebih eye cathing, pilihlah cincin dengan beberapa motif atau yang bertahtakan berlian.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY