Cara Simpel Merawat Cincin Kawin Agar Awet Sepanjang Masa

0
725
ilustrasi cincin kawin - pxhere.com

SELAMAT, sekarang di jari manismu sudah tersemat cincin kawin dari sang pujaan hati. Aksesori ini menjadi istimewa karena bukan perhiasan semata melainkan simbol kisah cinta kalian berdua. Cincin yang indah dan berukuran pas tentu akan membuatmu nyaman saat memakainya berlama-lama. Bahkan ada pula mitos beredar kalau cincin kawin sejatinya tidak boleh dilepas. Padahal, anggapan itu tidak sepenuhnya benar loh.

Cincin kawin amat istimewa ini tentu perlu dirawat dengan benar. Bahkan kalau boleh sedikit lebay, rawatlah cincin seperti kamu merawat cinta dengan pasangan. Sebab amat penting untuk memastikan bahwa benda bersejarah ini akan awet sepanjang masa. Bahkan kalau perlu, bisa diwariskan kepada anak dan cucumu kelak.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk merawat cincin kawin mulai dari membersihkan secara rutin hingga mengasuransikan cincin. Cara yang paling simpel adalah dengan melepaskan cincin pada lima momen berikut ini yang dilansir dari marthasteward.com.

1. Ketika Olahraga Berat

Apakah kamu tergolong tipe orang yang gemar berolahraga seperti gym atau yoga? Pastikan untuk melepaskan aksesori berhargamu sebelum berolahraga. Menurut ahli perhiasan Kim Heidenreich, selain olahraga ringan seperti berjalan kaki atau joging, sebaiknya cincin tidak perlu dipakai. Kamu juga perlu melepaskan cincin saat olahraga berat seperti angkat beban. Sebab bobot pada alat olahraga berpotensi menekan logam cincin yang akan merusak susunannya.

2. Ketika Memakai Lotion

Ini mungkin agak sulit untuk diterapkan oleh perempuan. Namun siapa yang tahu kalau nyatanya kandungan lotion yang sering kamu gunakan tersebut bisa merusak cincin kawin. Untuk itu sebaiknya lepaskan cincin kawin saat mengenakan lotion. Bila tidak ingin repot, jangan oleskan lotion di sela jari tangan atau sekitar cincin.

3. Ketika Melakukan Pekerjaan Rumah

Saat berumah tangga nanti, pekerjaan seperti mencuci piring, menyapu halaman, atau membereskan isi lemari akan menjadi rutinitas yang perlu dilakukan. Sekalipun kamu hanya melakukan pekerjaan ini sesekali (karena sudah ada asisten yang membantu) sebaiknya amankan cincin kawinmu sebelum membersihkan rumah. Beberapa aktivitas berat tersebut berpotensi membuat cincin bersentuhan dengan material yang dapat merusak cincin.

4. Ketika Pergi Tidur

Berat tubuh yang bertumpu pada tangan bisa membentuk kembali cincin dan membuat lingkarannya menjadi longgar. Oleh karena itu hindari merusak cincin kawin dengan melepasnya sebelum tidur. Jangan sampai tanpa sadar cincin tergores dan merusak keindahannya. Selain itu Anda juga perlu melepasnya saat tidur karena bisa saja cincin Anda tergores dan rusak tanpa Anda sadari.

5. Ketika Sedang Berenang

Air kolam renang dan air laut mengandung banyak bahan kimia yang bisa merusak cincin. Salah satunya adalah klorin yang akan membuat kandungan rhodium pada cincin berbahan emas putih luntur. Selain itu perpaduan kandungan garam dan suhu air dingin juga  membuat tangan menyusut dan berpotensi cincin terjatuh saat kamu tengah berenang. Jadi tak ada cara lagi selain melepaskan cincin kawinmu sebelum bersenang-senang saat berenang fellas! (*)

Baca Artikel Ini : Tiga Hal yang Harus Kamu Lakukan Terhadap Cincin Kawin

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY