Tips Merawat Perhiasan Warisan Dengan Air Mendidih

0
9235

Mendapat warisan perhiasan dari ibu tentu membuat hati kamu berbunga-bunga. Apalagi perhiasan tersebut sangat bernilai harganya. Tapi sayang, terkadang perhiasan-perhiasan kuno yang  kurang terawat dengan baik,  kilauannya kurang terpancar.
Berikut beberapa tips membersihkan perhiasan dengan metode pakai air panas. Tapi, sebelumnya kamu harus memperhatikan jenis-jenis perhiasan yang diberikan. Agar tidak salah cuci sehingga merusak keindahannya.
Jika kamu ingin membersihkan perhiasan yang seluruhanya terbuat dari emas dan sangat kotor, atau perhiasan emas dengan batu permata “kuat” seperti berlian, merebus bisa menjadi pilihan.

  1. Didihkan air

Didihkan air secukupnya (tergantung banyaknya perhiasan yang hendak di cuci. Sambil Anda menunggu air mendidih, atur perhiasan emas  dalam mangkuk kuat atau wadah lain yang tidak akan rusak oleh air mendidih. Wadah atau mangkuk pyrex atau logam adalah pilihan yang bagus.

  1. Atur Perhiasan dalam Wadah

Atur perhiasan dalam wadah atau mangkuk sehingga tidak ada perhiasan yang saling menutupi atau bertumpuk, air harus dapat mencapai setiap bagian dari perhiasan.

  1. Tuangkan Air Mendidih

Tuangkan air yang telah mendidih ke atas perhiasan dengan hati-hati, agar tidak menumpahkan atau memercikan air karena menuangkannya terlalu cepat, air mendidih dapat menyebabkan luka bakar yang serius. Ketika semua perhiasan sudah benar-benar terendam sepenuhnya, berarti Anda telah menambahkan air secukupnya.
Tips Menyimpan perhiasan

  • Simpan perhiasan emas dengan cara tertentu untuk menghindari goresan. Masing-masing perhiasan harus disimpan dalam kantong kain sendiri secara terpisah.
  • Kamu dapat menghilangkan lemak membandel dari perhiasan emas dengan mencelupkan ke dalam alkohol (kecuali jika ada batu permata yang direkatkan dengan lem pada perhiasan).

Peringatan

  • Untuk membersihkan perhiasan, jangan pernah menggunakan pemutih. Bahkan, jangan sampai perhiasan bersentuhan dengan bahan-bahan kimia jenis klorin. Karena bahan tersebut dapat memudarkan atau bahkan bisa membuat perhiasan menjadi hitam secara permanen. Tentu kamu tidak ingin perhiasan cantikmu berubah wujud kan?
  • Perhatikan juga bingkai-bingkai perhiasan. Apalagi jika kamu memiliki cincin emas dengan berlian atau batu permata lainnya. Jika ada yang longgar langsung bawa ke tempat perhiasan yang bisa membetulkan perhiasan. Jangan sampai gara-gara pengikatnya longgar, berlian atau batu permata Anda terjatuh dan hilang.*

VERY BARUS |TR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here