10 Baju Pengantin Royal Wedding Paling Menawan dari Masa ke Masa

0
6264
baju pengantin
Baju Pengantin Kate Middleton - Photo-by-Vanity-Fair

PERNIKAHAN kerajaan atau royal wedding nampaknya tak pernah terlewat dari sorotan publik. Pasalnya, pesta pernikahan para keluarga raja selalu identik dengan hal mewah dan tak biasa. Termasuk dari baju pengantin yang dikenakan oleh pengantin wanita. Tak jarang pula bila baju pengantin tersebut menjadi trend setter baru dan diikuti oleh pengantin wanita di seluruh dunia.

1. Baju Pengantin Ratu Victoria – 1840

Bajuu Pengantin Ratu Victoria
Baju Pengantin Ratu Victoria – Rischgitz via brides.com

Tahukah kamu bahwa tren gaun pengantin berwarna putih bermula sejak pernikahan Ratu Victoria dan Pangeran Albert tahun 1840 lalu? Ratu Victoria justru memilih baju pengantin berwarna putih yang sebenarnya tidaklah lazim dikenakan oleh pengantin wanita pada masa itu. Meskipun begitu, namun gaya ini dengan cepat diadaptasi oleh para elit era Victoria. Bahkan sampai saat ini, hampir seluruh pengantin wanita memilih baju pengantin berwarna putih untuk hari pernikahannya dan mungkin saja itu termasuk pilihanmu!

2. Mary of Teck, 1893

mary of teck
Mary of teck – W. and D. Downey via brides.com

Mary of Teck menikah dengan Raja George V dengan balutan gaun pengantin indah yang dirancang oleh Longon and Curtis. dengan gaun indah yang dirancang oleh Lingon dan Curtis. Gaun over-the-top yang dikenakan ia ini terlihat sangat anggun dengan detail berupa bulu burung unta dan bunga oranye.

3. Lady Elizabeth Bowes – Lyon, 1923

Lady Elizabeth Bowes - Lyon -
Lady Elizabeth Bowes – Lyon – via brides.com

Lady Elizabeth Bowes memilih gaun pengantin yang sesuai dengan tren di era kebangkitan fashion dunia itu. Saat hari pernikahannya dengan Pangeran Albert pada tahun 1923, Lady Elizabeth Bowes – Lyon memilih baju pengantin putih dengan detail pearl dan silver yang mewah. Aksesori berupa headpiece dan veil ala tahun 20-an yang dikenakan oleh sang Ratu pun kian menegaskan gaya baju pengantin di Flapper era yang berlangsung pada masa itu.

4. Ratu Elizabeth, 1947

baju pengantin ratu elizabeth
Ratu Elizabeth – Getty Images via brides,com

Gaun pengantin satin lengan panjang menjadi pilihan Ratu Elizabeth saat menikah dengan Pangeran Philips di tahun 1947. Dirancang oleh desainer Normal Hatnell, gaun pengantin mewah bertabur sepuluh ribu mutiara ini sukses menjadi perbincangan banyak orang. Tak cuma itu sepanjang 13 kaki yang Ia kenakan saat memasuki altar pun menjadi trend royal wedding yang diikuti selanjutnya.

5. Princess Margaret, 1960

baju pengantin princess margaret
Baju Pengantin Princess Margaret – via brides.com

Siapa bilang gaun pengantin royal wedding selalu identik dengan busana glamour ? Sebab hal itu tidak berlaku para pernikahan Princess Margaret di tahun 1960. Princess Margaret terlihat sederhana dengan balutan baju pengantin lengan panjang berbahan silk organza yang sangat minim detail. Bahkan sang perancang busana Norman Hartnell mendeskripsikan gaun pengantin ini sebagai ‘the simplest royal wedding gown in history.

6. Princess Caroline of Monaco, 1978

Baju Pengantin Princess Caroline of Monaco
Baju Pengantin Princess Caroline of Monaco – via brides.com

Putri dari Grace Kelly, Princess Caroline of Manoco menikah dengan Philipe Juno di tahun 1978.  Pada hari istimewanya, Princess Caroline memakai baju pengantin berawarna putih rancangan March Bohan for Christian Dior. Yang menarik, sang putri justru mengganti tiara dengan mahkota bunga sebagai aksesori kepala. Gaya unik Princess Caroline inilah yang ditengarai menjadi trend pemakaian mahkota bunga oleh pengantin wanita.

7. Princess Diana, 1981

Baju Pengantin Lady Diana
Baju Pengantin Lady Diana – via brides,com

Dirancang oleh David dan Elizabeth Emanuel, gaun pengantin Putri Diana sukses menjadi gaun pengantin ikonik. Dengan kreasi paduan bahan dari sutera dan taffeta dan taburan payet dari sepuluh ribu mutiara, membuat tiruan gaun pengantin laris manis dipasaran. Tentu saja yang paling terkenal dari gaun pengantin Lady Di adalah veil berhias renda sepanjang 25 kaki yang membuat pertunjukan mamasuki pintu altar semakin dramatis dan tak terlupakan.

8. Lady Sarah Armstrong Jones, 1994

Lady Sarah Armstrong Jones
Baju Pengantin Lady Sarah Armstrong Jones – via brides.com

Sama seperti ibunya, Ratu Margaret, Lady Sarah Armstrong Jones juga memilih gaun pengantin yang minim detail untuk hari pernikahannya . Gaun pengantin rancangan Jasper Conran ini berbahan silk crepe chiffon dengan lapisan satin organza. Meskipun terkesan sangat sederhana, namun gaun pengantin Lady Sarah terkesan elegan dan tak lekang oleh waktu.

9. Queen Letizia of Spain, 2004

Baju Pengantin Queen Letizia
Baju Pengantin Queen Letizia – via brides.com

Jurnalis Letizia Ortiz menikah dengan Raja Felipe dari Spanyol di tahun 2004. Saat hari pernikahannnya, Letizia mengenakan busana pengantin berwarna putih dengan detail bordir berwarna emas rancangan desainer Manuel Pertegaz.

10. Kate Middleton, 2011

Pangeran William dan Kate Middleton
Photo by Vanity Fair

Mungkin kamu masih mengingat royal wedding Kate Middleton dan Pangeran William pada 2011 lalu yang diliput media di seluruh dunia. Pada hari itu, Kate Middelton terlihat sederhana dan bersahaja dengan gaun pengantin rancangan Sarah Burton dari Alexander McQueen. Tak jauh berbeda seperti baju pengantin Lady Diana, tiruan gaun pengantin Kate Middleton ini laris terjual di pasaran.(*)

Baca Artikel Ini : Fakta Menarik Seputar Royal Wedding Putri Sultan Johor

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY