Empat Pilihan Tipe Busana Pengantin Pria yang Harus Kamu Tahu

0
392
Tips Memilih Busana Pengantin - Jenis Jas Pengantin
Ilustrasi - Freepik

PILIH gaya tradisional, timeless, atau trendy? Ada beberapa pilihan untuk penampilan pengantin laki-laki di hari bahagianya. Namun, beberapa pria cenderung bingung jika diminta menentukan pilihan. Nah, ini saatnya untuk kamu membantunya. Beberapa tips berikut bisa menjadi pacuan untuk menemukan gaya yang pas!

Kami tahu, bagaimanapun penampilannya, pengantin adalah pengantin, pusat perhatian dari seluruh tamu undangan yang hadir. Namun, pria yang kamu nikahi tetap membutuhkan sesuatu yang membuatnya terlihat spesial juga. Dan semua bisa bermula dari pakaian yang dikenakan. Pastikan busana yang dipakai sesuai dengan venue, tema dan cuaca. Tapi kamu juga harus ingat, kenyamanan tetap menjadi kunci – terlihat tidak nyaman itu menyebalkan!

Jangan terlalu mengacu dengan aturan yang sudah ada. Berpikirlah tentang apa yang akan menggambarkan karakter pasanganmu. Untuk pria bertubuh pendek, jas yang tidak melebihi bokong adalah yang paling pas. Dengan begitu kaki akan terlihat lebih jenjang. Terkadang, jas tradisional atau morning suite bisa membuat pria pendek tampak lebih kecil di foto.

Pilih bahan yang pas sesuai dengan musim dan tempat berlangsungnya acara. Pilih jas berbahan ringan jika kamu memilih venue bersuhu tinggi seperti di pantai. Jika acara berlangsung di dalam gedung dengan suhu yang cenderung rendah, kamu bisa memilihkan jas berbahan campuran wool yang akan membuatnya merasa nyaman sepanjang pesta.

Baca Artikel Ini: Empat Hal Penting Sebelum Memilih Jas Pengantin yang Cocok

Morning Suite

Ini merupakan pilihan paling formal yang bisa digunakan oleh pengantin pria. Kamu bisa memilihkan jas dengan single breasted dengan buntut yang cukup panjang. Pilihan warna bisa hitam, navy blue atau abu-abu. Setelan jas model tradisional ini bisa dipadupadankan dengan celana panjang bergaris, topi, dasi dan rompi. Gaya yang sangat pas untuk acara pernikahan formal di gereja.

Tips Memilih Busana Pengantin - Jenis Jas Pengantin
Pinterest/ google.co.uk; Pinterest/ sartoriarossi.com

Tails

Jas dengan buntut melebihi bokong akan memberikan kesan klasik yang menawan. Padukan dengan kemeja putih, rompi dan dasi kupu-kupu. Busana ini juga cocok untuk pesta pernikahan yang formal.

Tips Memilih Busana Pengantin - Jenis Jas Pengantin
Pinterest/ b2bbridal.co.uk; Pinterest/ manchestereveningnews.co.uk

Black Tie

Pilihan populer untuk pesta di siang hari dengan konsep formal dan elegan. Busana black tie akan menampilkan kesan yang mewah dan menawan. Pilih warna hitam atau putih dan kenakan dasi kupu-kupu untuk penampilan yang lebih abadi dan klasik.

Tips Memilih Busana Pengantin - Jenis Jas Pengantin
Pinterest/ BRIDES; Pinterest/ Style Me Pretty

Lounge Suite

Sebagian pengantin pria merasa lebih nyaman dengan gaya busana ini karena biasa dikenakan sehari-hari. Agar lebih istimewa, kamu bisa menyempurnakannya dengan rompi atau cravat (dasi) yang serasi. Tampilan pengantin priamu akan terkesan sangat santai dan nyaman. Jenis busana ini juga bisa dipakai kembali di segala kesempatan. Kamu juga bisa memilihkan berbagai warna jas yang sesuai dengan tema pernikahan.

Tips Memilih Busana Pengantin - Jenis Jas Pengantin
Pinterest/ guyliness.tumblr.com; Pinterest/ Borrowed & Blue Weddings

Nah, setelah memilih busana yang tepat, saatnya memilih perelengkapan lainnya, seperti cufflink, dasi, jam tangan, sapu tangan, corsage. Tidak lupa juga topik yang hampir selalu diperdebatkan, yakni cincin kawin yang pas untuk si pengantin pria. Selamat berburu!

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY