Jangan Salah Kaprah, Ini Dia Perbedaan Tuxedo dengan Jas!

0
2720
perbedaan tuxedo dengan jas
Ilustrasi Pengantin Pria - Freepik

SEBAGAI seorang calon pengantin pria, penampilan tentu menjadi suatu hal yang sangat direncanakan untuk hari pernikahanmu nanti, kan? Jika kamu mengusung tema internasional untuk resepsi pernikahanmu, tuxedo merupakan setelan yang paling sering digunakan.
Namun, terkadang ada beberapa pria sulit membedakan tuxedo dengan jas. Lalu apa bedanya tuxedo dengan jas? Apakah kamu memahami tentang pakaian yang akan digunakan nanti?
Tuxedo dan jas memang memiliki kemiripan namun jelas berbeda. Hal ini akan dapat kamu lihat dari tujuan pemakaian, detil desain, aksesori tambahan yang digunakan dan bahan pembuatannya. Berikut ada beberapa perbedaan tuxedo dengan jas yang dapat kamu perhatikan:

Perbedaan dari Tujuan Pemakaian

Tuxedo merupakan salah satu pakaian resmi pria berlengan panjang dengan desain formal. Biasanya digunakan di anara pernikahan, pesta atau gala dinner. Sementara setelan jas kerap dipakai untuk menghadiri acara-acara resmi atau kenegaraan.

Perbedaan pada Detil dan Desain

Tuxedo memliki kerah berbentuk melengkung atau shawl yang biasanya dibuat khusus dari bahan satin atau velvet sehingga tampak berkilau ketika digunakan. Pada jas, bentuk kerahnya umumnya berupa notched-lapel dengan bahan yang lebih sederhana.

Perbedaan pada Tambahan Aksesorinya

Penampilan pria dengan tuxedo wajib disertai dengan penggunaan dasi dan biasanya orang lebih memilih dasi kupu-kupu sebagai aksesori ketika memakai tuxedo. Selain dasi, kamu bisa juga menggunakan vest atau cummerbund. Vest harus memiliki warna yang senada dengan tuxedo atau dasi yang digunakan. Untuk cummerbund atau aksesori yang mirip dengan obi ini dipakai untuk menutupi bagian pinggang dari celana.
Berbeda dengan penggunaan tuxedo, kamu tidak terlalu diwajibkan menggunakan dasi. Jadi penggunaan dasi tergantung pada selera berpakaianmu.

Perbedaan pada Bahan yang Digunakan

Dilihat dari bahan pembuatannya, tuxedo lebih terlihat glamour dan mahal. Tuxedo dirancang menggunakan bahan yang lebih berkualitas dibandingkan jas. Biasanya tuxedo berbahan halus, mulus dan mahal, seperti bahan sutra, atau bahan mengkilap seperti satin dan velvet. Kalau jas umumnya terbuat dari kain berbahan linen, drill atau woll.
Baca Artikel Ini: Inspirasi Tren Tuxedo Para Selebriti
ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here