Tips Tampil dengan Kuku Cantik yang Mencuri Perhatian di Hari Pernikahan

0
365
kuku
Ilustrasi Kuku Cantik

KUKU memang hanya sebagian kecil bagian tubuh dari penampilanmu. Namun siapa sangka jika kuku-kuku tangan yang tampak menawan di hari pernikahan ini justru akan mencuri perhatian para tamu undangan. Setidaknya, bagian ini kelak akan terekspos saat menunjukkan cincin pernikahan yang tersemat di jari tangan.

Jadi tak ada salahnya bila kita memperhatikan tampilan kuku tangan untuk hari pernikahan nanti. Kamu bisa mulai melakukan perawatan manicure jelang pernikahan hingga menghias kuku dengan motif khusus agar terlihat unik di hari istimewa nanti.

Nah, bila kamu tertarik untuk mempercantik kuku tanganmu di hari pernikahan nanti, setidaknya ada beberapa tips yang perlu diperhatikan.

1. Teknik Menghias Kuku

Kuku Cantik
PHOTO: Freepik

Sebelum memilih motif hiasan kuku, kamu bisa mulai dengan teknik yang digunakan. Apakah kuku hanya dicat dengan warna tertentu saja atau butuh hiasan khusus seperti teknik nail art yang kini tengah booming.

Salah satu teknik populer pada nail art adalah French Manicure. Ini merupakan layanan untuk kuku yang kerap ditemuukan di salon-salon kecantikan. Pada teknik ini ujung kuku diberi warna putih sedangkan bagian bawahnya dipoles dengan warna   Gaya simpel dan cantik ini kini semakin berkembang dengan variasi perpaduan warna lain.

Jika kamu ingin hiasan kuku lebih awet bahkan permanen, pilihlah Teknik Aquarium Design. Artinya, motif dan aplikasi nail art dibuat dan dilindungi di dalam lapisan sehingga tahan lebih lama dan permanen. Cara pengeringannya pun berbeda, karena harus diberikan sinar UV agar cat kuku dapat mengering secara sempurna.

Ada pula teknik 3D yang memiliki efek timbul pada hiasan dan motif kuku. “Pengantin yang ingin tampil beda, biasanya memilih teknik ini,” Selvi menambahkan. Namun, pengantin juga perlu sedikit ekstra perhatian untuk kuku yang di nail art dengan teknik 3D. “Kalau mereka memperlakukannya dengan hati-hati, niscaya nail art 3D ini akan awet 3 hingga 4 minggu,” Selvi menjelaskan lagi.

2. Memilih Motif yang Tepat

Kuku Cantik
Nails Art – freepik.com/picjumbo

Cara paling mudah memilih motif kuku yang tepat ialah dengan mencari inspirasi melalui internet. Setelah itu kamu bisa menunjukan kepada nail artist atau nail technician untuk eksekusinya.

Menurut Selvi Gabriela, dari Selvi Gabriela Nail Art yang dilansir dari Majalah Bella Donna The Wedding, Pengantin tak perlu bingung mencari, karena obrolan dengan nail technician biasanya akan membuat pengantin tahu motif apa yang cocok untuk digunakan pada hari istimewa nantinya. Intinya adalah komunikasi dengan pada awal treatment, mau desain dan warna yang seperti apa untuk kuku mereka.

Selain itu, terkadang busana pengantin selalu menjadi tolok ukur sebelum seorang nail technician melukis di bidang kuku Anda. Apa dan bagaimana warna, rupa, bahan dan bentuk busana turut memengaruhi motif dan bahan yang digunakan nantinya.

3. Kapan waktu ideal menghias kuku?

Kuku Cantik
Nail Art – Flickr.com

Masih menurut Sellvi, idealnya calon pengantin datang ke salon kecantikan 2 sampai 3 hari jelang hari pernikahan. Hal ini dilakukan guna  mengantisipasi jika desain atau warna yang diinginkan ternyata memiliki tingkat kesulitan yang lebih dari biasanya.

Sedangkan bagi pengantin yang tak punya waktu pergi ke salon untuk melakukan treatmen ini, saat ini sudah banyak pula penggunaan kuku palsu. Jadi pengantin hanya perlu memberitahu ukuran kuku secara rinci. Nantinya, sang nail artis akan membuat cetakan kuku palsu tersebut sesuai dengan desain dan warna yang diinginkan oleh client. Praktis bukan?

4. Tips untuk Menghias Kuku Sendiri

Percantik Kuku dengan Gel
Ilustrasi – pixabay.com

Jika kamu berniat untuk menghias kuku tangan sendiri, berikut adalah beberapa hal sebagai panduan :

  1. Selalu gunakan cat dasar atau base coat yang berfungsi melindungi kuku sebelum memoles kuku dengan warna yang diinginkan.
  2. Pastikan base coat kering dengan sempurna sebelum mengoleskan cat kuku
  3. Hindari mengeringkan cat kuku dengan kipas angin atau blower karena akan merusak permukaan cat kuku.
  4. Setelah cat kuku kering, rendam ke dalam air dingin agar cat kuku lebih rekat. Untuk pemula, sebaiknya pilih teknik menghias kuku dari yang paling mudah.(*)

5. Kuku Ekstensi (nail extension)

Kuku Cantik
Nails Art – freepik.com/picjumbo

Tiap orang tentu memiliki bentuk dan tipe kuku berbeda. Maka itu, biasanya nail artist memerlukan penggunaan kuku ekstensi (nail extension) guna mempermudah dalam menghias bidang kuku.

Jika jari pengantin berbentuk panjang dan ramping misalnya, maka akan cocok dengan segala jenis bentuk dan potongan ekstensi, mulai dari oval yang meruncing, hingga bentuk setengah kotak. Namun jika tidak dianugerahi tipe kuku seperti itu, tak perlu khawatir jua! Sebab kamu bisa menggunakan nail extension yang berbentuk setengah kotak. (*)

Baca Artikel Ini : Tips Memilih Warna Kuku Sesuai Jenis Kulit

TEKS. The Wedding’s Team

LEAVE A REPLY