5 Hal Menyenangkan Jika Bulan Madu ke Jawa Timur

0
2639
bulan madu di jawa timur
Ilustrasi - Freepik

Bulan madu bukan sekedar momen menghabiskan waktu mesra berdua, tapi juga perlu diwarnai dengan berbagai kegiatan menyenangkan. Nah, jika kamu dan pasangan berencana untuk bulan madu romantis di Jawa Timur, ada berbagai tujuan wisata yang tak boleh terlewatkan, mulai dari destinasi  dengan pemandangan indah, hingga beragam tempat menarik lainnya. Apa saja ya? Mari kita simak bersama!

Destinasi Favorit di Jawa Timur

Kamu bisa berkunjung ke kota bersejarah Surabaya yang punya daya tarik wisata kuliner bercita rasa serba berbumbu petis. Sementara di Kota Malang Anda akan merasakan  kesejukan dengan kebun-kebun buahnya. Bagi pecinta tempat-tempat bersejarah masa kerajaan di Jawa, maka singgah di kawasan Trowulan, Kabupaten Mojokerto yang masih menyisakan reruntuhan kerajaan Majapahit menjadi cerita tersendiri. Dan masih banyak lagi.

Keindahan Pantai di Jawa Timur

Soal laut, Jawa Timur menyimpan tempat berselancar begitu indah, tepatnya di Pantai Plengkung – Grajagan, Kabupaten Banyuwangi. Pantai yang dikenal dengan sebutan G-Land pernah menjadi ajang kompetensi bergengsi para peselancar tingkat dunia di tahun 1998. Struktur pantai sangat mendukung terbentuknya ombak besar menggulung yang sempurna. Meski prasarana wisata masih terbatas, tempat ini sangat ‘menggoda’ para petualang untuk dikunjungi. Bagi pecinta selam, pantai Pasir Putih Situbondo dan juga Pantai Sukololo di Kabupaten Tuban menawarkan keindahan yang tak kalah dengan bali.

Sejuknya Pegunungan

Pemandangan spektakuler kawasan pegunungan Tengger menyajikan keindahan abadi, karena tedapat tiga gugusan gunung yakni Bromo, Semeru, Tengger yang bisa ditempuh melalui perjalanan darat dari Pasuruan atau Malang. Kawasan Tengger juga memiliki atraksi budaya menarik ketika masyarakat Tengger melakukan ritual perayaan Kasodo. Pilihan lain untuk menikmati sejuknya udara adalah kota Malang, Batu, dan Selecta yang kaya akan tujuan agrowisata. Ingin menikmati panen buah tropis, coba kunjungi Kusuma Agrowisata di Kota Batu, Malang, Jawa Timur atau sedapnya perkebunan teh Agro Wonosari di lereng Gunung Arjuna.

Wisata Kuliner

Kota Surabaya menawarkan banyak menu khas Jawa Timuran berbumbu petis yang legit, antara lain Lontong Balap, Tahu Petis, Rujak Cingur, Rawon, Nasi Udang Bu Rudy, dan seterusnya bisa dijumpai di sejumlah mall maupun di kawasan Embong Malang, Kranggan, dan sejumlah warung makan cangkrukan di tenda-tenda.

Destinasi Belanja

Menemukan sesuatu yang unik dan istimewa, itulah tujuan belanja kamu tentunya. Bila singgah di Surabaya, puaskan berburu koleksi aneka kain btik Jawa Timuran di Rumah Batik Jawa Timur di daerah Jl Tambak Dukuh, Surabaya. Bila berburu tas kulit, singgah ke Tanggulangin yang kini mulai agak sepi pengunjung setelah bencana lumpur Lapindo. Untuk pusat oleh-oleh Pasar Genting adalah tempatnya, mulai dari aneka krupuk dan serba ikan, hingga bandeng asap yang terasa istimewa.

Tips Berkunjung ke Jawa Timur

Acara seni dan budaya khas  Jawa Timur memiliki daya pikat tersendiri. Karapan Sapi di Madura dapat dilihat di Kota Pamekasan-Madura, setiap tahun sekitar bulan Oktober. Ritual upacara Persembahan Laut merupakan kalender acara tahunan di seluruh pantai, lengkap dengan sesaji dan disertai iringan seni tradisional seperti reog, ludurk, dan wayang orang. Bila ingin berburu hasil foto spektakuler kawah Ijen berlokasi di Jampir dengan kepulan asap belerang serta aktivitas para penambang batu belerang menjadi tantangan tersendiri.
Rencanakan kunjungan wisata agara berbarengan dengan saat perayaan ritual hari Kasodo di Kawasan Tengger-Bromo-Semeru, agar dapat menyaksikan pemandangan fenomenal dilengkapi suasana misterius dan magis yang layak disaksikan. Musim kunjungan terbaik adalah bulan Juni-Oktober dan Desember-Januari, cuaca Bromo dan sekitar Malang cukup bersahabat dan berpetualang mendapat pemandangan menawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here