Lima Pertunjukan Budaya yang Wajib Dikunjungi Saat Bulan Madu

0
1424
tari hula
Tari Hula - Courtesy Photo by Booking.com

AKTIVITAS bulan madu tentu tak sebatas berkutat pada bermesraan bersama pasangan halal juga kan? Kamu dan pasangan juga bisa menghabiskan momen liburan romantis ini untuk  mengenal budaya lokal di destinasi tujuan. Apalagi bila kalian termasuk tipe pasangan yang mencintai keragaman budaya. Menyaksikan pertunjukan budaya yang khas di destinasi tujuan tentu menjadi sebuah keasyikan yang tak terlupakan bukan?

Beberapa negara di dunia tentu terkenal memiliki pertunjukan budaya menarik yang tentu tak boleh dilewatkan begitu saja. Mulai dari tarian Flamenco yang bergairah di Spanyol, sampai dengan tarian ballet yang elegan dari Rusia. Bukan hanya sekedar menonton, bahkan kalian pun bisa mencoba dan belajar langsung tarian budaya khas tersebut langsung di tempat asalnya.  Berikut kami berikan rekomendasinya!

1. Pertunjukan Tari Samba di Brazil

Cropped shot of an attractive female Mardi Gras dancer

Samba merupakan tarian dengan ciri khas gerakan lincah dan penuh hetakan yang berasal dari Brasilia. Tarian ini sangat tersohor di Sao Paulo, Rio de Janeiro, Salvador dan juga Recife.

Saat bulan madu ke Brazil, saksikan langsung pertunjukan tari Samba dengan mengunjungi salah satu selebrasi karnaval di Brasilia. Di acara tersebut kamu dan pasangan akan merasakan sensasi seru saat dikelilingi oleh para penari Samba. Bahkan, kamu juga bisa mencoba mempelajari tarian ini di berbagai sekolah tari yang ada.

Pada momen liburan ke sana, kamu juga bisa memanjakan diri dengan Caipirinha – minuman koktail nasional bagi Brasilia, dan juga makanan lokal, atau kamu juga bisa menikmati berbagai pemandangan dan museum-museum yang ada.

2. Pertunjukan Flamenco di Spanyol

Flamenco merupakan seni pertunjukan musik dan tari asal Spanyol yang sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Selain populer di negara asalnya, Flamenco ini juga sangat populer di Amerika Serikat dan Jepang.

Perpaduan antara nyanyian, alat musik, dan gerakan tari penuh semangat menjadi daya tarik utama dari pertunjukan flamenco. Biasanya para penari Flamenco akan tampil dengan busana berwarna mencolok dan menarik secara sendiri, berpasangan, dan berkelompok. Sementara tarian dan lagu yang dimainkan akan diiringi dengan tepuk tangan, jentikkan jari, dan teriakan penyemangat.

Penasaran dengan pertunjukan budaya ini?  Kamu dan pasangan bisa mengunjungi Provinsi Sevilla, Spanyol, yang merupakan tuan rumah bagi festival terbesar bagi penari dan pemusik Flamenco terbaik di dunia.

3. Tari Ballet  di Rusia

ballet spectacle with dancers on stage

Selama ini mungkin kamu sering menyaksikan pertunjukan Ballet di Indonesia. Tapi coblaha menyaksikan pertunjukan tari ballet yang terkenal saat bulan madu ke Rusia seperti di Concert Hall, Bolshoi Ballet, Opera Theatre dan juga Russian National Theatre.

Rusia memiliki berbagai macam ballet, namun yang paling terkenal adalah Vaganova yang juga dipentaskan di Eropa dan Amerika Utara. Selain menyaksikan pertunjukan ballet, kamu dan pasangan juga bisa mengunjungi beberapa atraksi ikonik lainnya seperti Moscow Kremlin, Winter Palace dan Sain Basil’s Museum.

 

4. Tari Hula Hawaii

Hula Sisters Dance in Hawaiian Sunset

Jangan hanya menyaksikan tari Hula yang khas dari Hawaii melalui film-film Hollywood saja! Saat bulan madu ke Hawaii kamu dan pasangan wajib menyaksikan tarian nasional ini secara langsung.

Hula merupakan tarian nasional Hawaii yang mendalami nilai-nilai tradisi kuno. Pada zaman Hawaii kuno, penduduk asli Hawaii menggunakan Hula untuk melestarikan sejarah, mitos dan juga budayanya agar tetap hidup. Kebanyakan tarian Hula Hawaii ditampilkan oleh para wanita, namun, para lelaki secara tradisional juga dapat menampilkan tarian tersebut.

Tarian Hula juga disertai dengan nyanyian (Oli), maupun lagu (Mele), dimana kata-katanya digambarkan dalam bentuk tarian. Para penari Hula memakai atasan yang berwarna-warni, rok rumbai-rumbai dengan bunga tradisional yang melingkar di leher mereka. Tarian ini biasanya dilakukan dengan bertelanjang kaki di tepi pantai.

5. Noh Mai di Jepang

Ada banyak tarian tradisional di Jepang, namun salah satu tarian kuno adalah Noh Mai – tarian ini bisa ditelusuri sampai abad ke-13. Tarian ini merupakan sebuah karya seni yang lengkap, diiringi dengan seruling dan tambur kecil yang memiliki irama khas. Bentuk tarian elegan ini biasanya dikoreografikan untuk menceritakan sebuah kisah, dimana cerita yang digunakan merupakan dongeng dari Jepang dan kostum merupakan salah satu faktor terpenting.

Bagi para wisatawan yang ingin menikmati Tarian Noh, kalian bisa pergi ke Tokyo – tempat dimana kalian bisa menemukan berbagai pilihan tempat yang memiliki panggung Noh yang telah dibangun didalamnya. Misalnya, National Noh Theatre, Kanze Noh Theatre dan Cerulian Tower Noh Theatre.(*)

 

INTAN WIDIASTUTI | BOOKING.COM

LEAVE A REPLY