Make a Love Story in Germany

0
1481
Honeymoon Jerman
dok istimewa

HONEYMOON kerap identik dengan liburan ke tropical island yang hangat, dimana Anda bisa menikmati siraman sinar matahari, sembari menyesap cocktail segar bersama pasangan dan sesekali berenang di kolam renang atau lautan yang biru jernih.
Tempat-tempat seperti Maldives, Bali, Thailand atau Hawaii pun menjadi opsi yang sering dipilih para honeymooners. Well, jika Anda tertarik dengan bulan madu yang penuh petualangan, historikal dan unik, mungkin kota-kota kecil (atau bahkan desa) di Jerman bisa menjadi pilihan. Walaupun suasananya berbeda, romantisme Anda akan sama memesonanya.

1. Heidelberg 

dok istimewa

Berlokasi sekitar 1 jam dari kota besar Frankfurt, Heidelberg mungkin tak seterkenal Berlin dengan kehidupan kotanya yang dinamis, namun kota ini menyimpan sejuta pesona yang dijamin akan membuat bulan madu Anda berdua begitu berkesan. Banyak hal yang bisa dikunjungi di Heidelberg, seperti Altstadt (Kota Tua) yang juga merupakan landmark dari kota ini. Bangunan-bangunan tua akan menyambut Anda dan membuat seolah Anda berada di fairytale. Di Old Town Anda bisa mengunjungi Townhouse dan The Old University.
Tak lupa jika Anda dan pasangan kelelahan, jajaran cafe yang hangat siap menjadi tempat Anda bersantai untuk menyesap segelas kopi hangat atau mungkin beer. Dari sana Anda wajib mengunjungi Alte Brucke atau Old Bridge. Dibangun sekitar abad ke 18, jembatan Heidelberg ini menjadi salah satu objek wisata bersejarah yang wajib dikunjungi para turis. Berdiri diatas sungai Neckar, jembatan ini bisa mejadi lokasi yang sangat romantis untuk Anda mengambil foto.

Jalan-jalan menyusuri jembatan tua ini juga menjadi pengalaman romantis tersendiri. Tak lupa jika Anda ke Heidelberg, kunjungi Heidelberg Castle yang megah. Dibangun sekitar tahun 1300, kastil ini berlokasi di puncak bukit dimana Anda juga bisa menyaksikan pemandangan kota ini dari ketinggian.
Pada malam hari, kastil ini terlihat begitu apik. Jika Anda dan pasangan hobi shopping, kunjungi wilayah Marktplatz dimana terdapat berbagai macam toko serta kafe untuk Anda berbelanja dan bersantai menikmati keindahan kota klasik nan cantik ini.

2. Schwangau  

Belum pernah mendengar desa kecil ini? Mungkin Anda tak sendirian, karena jika berbicara mengenai liburan ke Jerman, kota seperti Frankfurt, Hamburg atau Berlin biasanya selalu disebut lebih duluan. Schwangau terletak 4 km dari Fussen di wilayah Bavaria.
Desa ini akan membuat Anda merasa seperti di dalam dongeng yang cantik dan penuh mimpi. Apalagi jika Anda mengunjungi tourist attraction nomor satu disini, yaitu Neuschwanstein Castle. Kastil yang terkenal ini menjadi inspirasi dari kastil di film Disney Sleeping Beauty.

Dibangun oleh Ludwig II of Bavaria sebagai homage untuk Richard Wagner, seorang komposer dan sutradara teater asal Jerman, serta dimaksudkan sebagai tempat tinggal, baru pada tahun 1886, kastil ini dibuka untuk umum. Sejak itulah Neuschwanstein Castle menjadi destinasi turis yang terkemuka di dunia.
Selain kastil Neuschwanstein, Anda dan pasangan yang berjiwa avonturir mungkin akan tertarik untuk naik Tagelberg Cablecar, yang akan membawa Anda ke ketinggian 1720 meter di atas permukaan laut untuk akhirnya menyaksikan pemandangan yang breathtaking.
Dan apalah artinya honeymoon tanpa rileksasi. Maka Anda pun bisa mengunjungi Royal Crystal Spa dengan fasilitas indoor dan outdoor swimming pool, sauna dan spa. Hmm, it’s time to relax and forget the busy life in the city…

3. Weimar 

dok istimewa

Jika Anda ingin menghabiskan honeymoon Anda di satu kota yang penuh sejarah, maka Weimar menjadi pilihan yang tepat. Kota ini ‘menyimpan’ banyak gedung-gedung penting bersejarah yang cantik dan layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Goethe Wohnhaus, tempat tinggal sang penyair asal Jerman, Johann Wolfgang van Goethe, sekitar tahun 1809 hingga 1832. Interior bangunan bergaya baroque ini masih dipertahankan sama seperti saat masih ditinggali oleh sang tokoh bersejarah. Living room, ruang kerja dan perpustakaannya dibuka untuk publik.

Selain rumah Goethe, Anda juga bisa mengunjungi Goethe Gartenhaus yang juga menjadi tempat sang penyair dalam berkarya di tahun 1776 sampai 1782. Disinilah karya-karya penting Goethe ditulis, termasuk beberapa bagian dari Iphigenia (prosa karya Goethe).
Untuk menambah kesan romantis dalam perjalanan bulan madu Anda di Weimar, Anda bisa datang ke Belvedere Castle yang merupakan bangunan kastil yang dianggap paling apik di wilayah Thuringin, Jerman. Yang juga membuatnya begitu memesona adalah karena kastil ini dikeliling taman yang rapi dan nyaman, membuatnya sebagai a-must-see tourist spot in Weimar !

4. Bremen 

Untuk Anda atau mungkin pasangan Anda yang gemar sepak bola, biasanya tak asing lagi dengan salah satu klub bola asal Jerman, yaitu Werder Bremen yang tak lain tak bukan berasal dari kota ini. Namun disamping klub bola itu, tentu saja Bremen menawarkan banyak atraksi lain yang juga menarik. Pusat kota Bremen, Old Town, yang dikelilingi sungai Weser bisa menjadi destinasi pertama Anda. Disana Anda bisa berjalan santai menyusuri kota yang ditata begitu apik dengan atmosfer klasik yang jarang Anda temui di Indonesia.
Di wilayah Marktplatz yang juga menjadi bagian dari Old Town, Anda akan menemukan Bremen Town Hall dan Roland Statue (tugu peringatan akan kebebasan) yang telah menjadi UNESCO World Heritage sejak tahun 2004. Di dalam Town Hall, terdapat Bremen Ratskeller, sebuah restoran yang menyimpan ratusan jenis wine, termasuk 12 wine tertua di dunia.
Masih di wilayah Marktplatz, Anda juga bisa berkunjung ke St. Peter’s Cathedral, sebuah gereja Prostestan/ Lutheran yang berumur ribuan tahun, serta bergaya Gothic, membuatnya menjadi katedral yang begitu megah dan misterius, namun juga menarik untuk ditelusuri.

Bremen juga menawarkan hal-hal kecil yang unik Bremen di seantero kotanya, salah satunya adalah Spitting Stone di Domshof Square. Batu ini menjadi penanda tempat dimana Gesche Gottfried dulu dieksekusi mati pada tahun 1831 setelah diketahui membunuh 15 orang.
Jadi jangan heran jika banyak orang yang meludah ke batu ini, karena aksi itu memang tak dilarang, malah dianggap sebagai bentuk ketidaksukaan mereka akan kejahatan yang dilakukan Gottfried. Disamping itu, satu hal menarik lain adalah Hole of Bremen, dimana Anda bisa memasukkan koin ke lubang di jalanan dan kemudian akan terdengar suara atau nyanyian dari Town Musicians. Nantinya koin yang Anda lempar ke dalam lubang akan digunakan untuk charity.
Terakhir, seperti yang telah dikatakan di atas, Bremen juga identik dengan tim sepak bolanya dan kunjungan ke Weser Stadium bisa jadi satu pengalaman lain yang membuat Anda dan terutama pasangan Anda tertarik.
Lokasi stadion ini di pinggir sungai Weser, serta dikelilingi taman hijau. Anda bisa mengikuti guided tour disini atau masuk ke Wuseum – Werder Bremen Museum – untuk mengeksplorasi sejarah serta perkembangan stadion ini sejak dulu. FYI, bahkan para penduduk lokal pun masih hobi kesini untuk mengetahui lebih jauh klub andalan mereka ini.

5. Stuttgart 

dok istimewa

Terletak di selatan Jerman, di wilayah Baden-Wurtemberg, Stuttgart adalah kota ke-6 terbesar di Jerman. Walaupun begitu, dalam urusan destinasi wisata, sepertinya masih kalah popular dibandingkan Berlin atau Frankfurt. Padahal Stuttgart juga menawarkan banyak aktivitas dan tempat-tempat seru untuk para turis, atau bahkan honeymooners. Jika Anda ke kota ini pada musim gugur, Stuttgart menggelar event Cannstatter Volksfest, yang hampir sama dengan Oktoberfest di Munich.
Anda dan pasangan bisa menikmati beer asli Jerman (yang memang terkenal) dan mingle dengan para locals. Untuk yang menyukai dunia otomotif (bahkan kalaupun Anda tidak menyukainya sama sekali), Anda tetap wajib ke Mercedes-Benz Museum. Ya, museum mobil ini dijamin akan menjadi atraksi yang worthvisiting, karena termasuk salah satu museum terbesar di dunia. Dan disini terdapat berbagai macam mobil tua, hingga mobil Mercedes yang pertama. Selain itu Anda juga bisa ke Porche Museum.

Jika biasanya ke kebun binatang bukanlah opsi untuk menghabiskan waktu saat bulan madu, namun beda kejadiannya jika Anda ke Stuttgart. Wilhelma Zoo mempunyai desain yang menarik, terlepas dari koleksi 8000 binatang yang bisa Anda lihat disana.
Lalu jika Anda kesini pada siang hari, Anda pun bisa melanjutkan perjalanan romantis Anda ke Stuttgart TV Tower. Menara TV ini adalah landmark kota Stuttgart dan dianggap sebagai TV tower konkrit yang pertama dan menjadi contoh di dunia. Anda bisa naik ke atas dan melihat Stuttgart dari ketinggian, plus restorannya pun bisa menjadi lokasi yang tepat untuk Anda candle light dinner. Tak lupa, untuk para shopaholic, kunjungi Koenigstrasse, yang merupakan main shopping street disini. And your honeymoon will be complete.

6. Dresden 

dok istimewa

Ingin merasakan hidup di abad ke 18 dengan atmosfer yang old-fashion dan Anda dikelilingi berbagai macam gedung dengan arsitektur oldish yang cantik, maka Anda dan suami boleh berkunjung ke Dresden. Berperan sebagai ibukota di wilayah Saxony, Dresden terletak di lembah sungai Elbe dan dekat dengan perbatasan Republik Ceko.
Apa yang bisa Anda lakukan di kota ini? Banyak! Anda bisa memulai city tour Anda dengan mengunjungi Zwinger Palace yang merupakan main attraction di Dresden. Istana ini dibangun oleh Raja Polandia Augustus The Strong tahun 1710-1728.
Pada masa itu Dresden masih menjadi bagian dari Polandia. Kini gedung ini menjadi museum dengan koleksi yang menarik dari mulai senjata, porselen, lukisan hingga peralatan astronomi dari abad 13 sampai 17. Jika Anda sudah puas menikmati koleksi museum disana, Anda bisa berjalan-jalan ke square sembari menikmati pemandangan sungai Elbe yang soothing dan cantik. Kemudian Anda bisa menyusuri Fuerstenzug, yaitu wall mural (lukisan tembok) sepanjang 102 kaki yang bercerita tentang Raja Saxony.

Lukisan tembok ini begitu dominan sehingga membuat jalan yang Anda susuri layaknya time tunnel. Tak jauh dari sana Anda bisa langsung ke Frauenkirche (Church of Our Lady), yang merupakan peninggalan dari tahun 1726 sampai 1743 dan merupakan hasil karya George Baehr. Gereja ini menjadi terkenal karena sering menggelar resital organ dari musisi dan komposer JW Bach. Kala Perang Dunia II, gereja ini sempat hancur karena bom namun berhasil direstorasi kembali tanpa meninggalkan desain aslinya.
Satu tourist attraction lagi yang bisa Anda kunjungi di Dresden adalah Residenschloss atau Royal Palace yang kini menjadi rumah dari beberapa museum di Dresden. Saat ke kota ini Anda tak akan menyangka bahwa dulu Dresden termasuk kota yang paling terkena efek bom hingga hancur. Namun kini setelah pembangunan terus menerus menjadi salah satu kota paling apik di Jerman yang sarat sejarah.*
Baca Artikel Ini : 8 Tips Honeymoon Luar Negeri
GADIS PERTIWI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here