Yuk Ikuti Tips Praktis Mengemas Koper untuk Honeymoon a la Marie Kondo

0
191
Tips Praktis Mengemas Koper
Instagram | @mariekondo

Pesta pernikahan telah usai,  kini saatnya kamu menyiapkan keperluan untuk berbulan madu. Tapi sayangnya nggak semua orang ahli dalam urusan mengemas barang untuk liburan ya dan  mungkin saja kamu termasuk salah satunya.

Mulai dari kebingungan memilih barang yang akan dibawa, sampai urusan cara melipat dan mengepak ke dalam koper yang praktis, semua jadi  masalah tersendiri. Nah, jika ini yang tengah kamu rasakan, mungkin kamu perlu belajar metode mengemas barang yang diperkenalkan oleh Marie Kondo.

Marie Kondo merupakan wanita asal Jepang yang menemukan metode beberes barang yang diberi nama KonMarie. Metode yang terinspirasi dari ajaran Tradisional Jepang, Shintoisme. Lewat metode  KonMari yang ia tulis dalam buku berjudul The Life-changing of Tidying Up, Marie Kondo kini sangat populer di Amerika Serikat hingga Britania Raya. Bukan cuma itu, ilmu beberes ala Marie Kondo kini juga sudah menjadi salah satu acara yang tayang di Netflix dalam judul Tidying Up with Marie Kondo.

Buat kamu yang belum sempat membaca bukunya atau menonton acaranya tak perlu khawatir. Kami akan memberikan beberapa tips mengemas koper untuk honeymoon ala Marie Kondo berikut ini!

Selalu Ingat Metode KonMari

Tips Praktis Mengemas Koper
Instagram | @mariekondo

Saat mengepak barang untuk honeymoon, mungkin kamu akan dipusingkan dengan banyaknya pilihan barang yang akan dibawa. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan metode menyortir barang bawaan ala KonMari. Pilih satu persatu  barang yang sekiranya akan membuatmu merasa gembira untuk dipakai di destinasi tujuan. Jika kiranya barang tersebut tidak membuatmu bahagia, kamu bisa memilih untuk tidak membawanya atau justru memberikannya pada yang membutuhkan.

Marie Kondo memiliki metode lipatan khas yang membantu kamu untuk menghemat ruang di dalam koper. Kamu bisa melipat pakaian dengan cara menggulung atau melipat pakaian menjadi segitiga yang bisa ditegakkan. Metode melipat ini membuat pakaian tidak mudah kusut. Setelah itu, kemasi pakaian di dalam koper secara vertikal. Selain menyisakan banyak ruang, metode mengepak ini juga memudahkan kamu menemukan barang tanpa perlu membongkar dan membuat seluruh isi koper berantakan.

Pisahkan Item-Item Kecil

Saat honeymoon kamu mungkin perlu membawa item-item kecil mulai dari aksesori, sepatu, hingga  toiletries. Namun jangan satukan item kecil tersebut dengan barang-barang besar lainnya di dalam koper. Marie Kondo menyarankan untuk berinvestasi membeli tempat khusus untuk memisahkan barang-barang kecil. Simpan cincin, anting, dan aksesori kamu ke dalam tempat aksesori untuk memastikan pernak-pernik berhargamu aman dari kerusakan.

Pisahkan juga perlengkapan toiletries atau benda cair lain yang berisiko menumpahkan pakaian.

Simpan Lingerie

Kamu mungkin berencana untuk mengejutkan pasangan dengan setelan lingerie saat honeymoon nanti. Untuk itu kemas barang-barang tersebut dengan ekstra hati-hati. Bila perlu, pisahkan pakaian malam di bagian terpisah di dalam koper. Jika kain lingerie sangat tipis dan halus, cobalah kemas dengan cara menggulung dan jangan coba untuk melipatnya supaya lingerie tidak mudah kusut.

Beri Ruang untuk Tempat Souvenir

Kamu dan pasangan tak mungkin pulang honeymoon tanpa oleh-oleh atau souvenir bukan? Oleh sebab itu kosongkan sekitar 10 sampai 20 persen isi koper sebagai tempat menaruh souvenir. Dengan begitu, kamu bisa membeli beberapa souvenir tanpa perlu khawatir membayar ekstra bagasi di pesawat.

Kamu bisa kembali memilih mana barang yang perlu dibawa dan mana yang tidak dengan metode KonMari seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama.

Penulis: Intan Widyastuti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here