Menangkap Gelaran Desain Nusantara via Pameran The Colours of Indonesia III: Maison12

0
655

Kekayaan dan keindahan negeri nusantara ini kita sudah sama-sama tahu. Bagaimana jika kesemuanya digelar jadi satu dalam pameran multi-kultur kontemporer, The Colours of Indonesia – Maison12?
Disebut ID12 karena ada dua belas pemuda-pemudi desainer interior bangsa yang selalu bersama-sama dan tetap solid. Selama sebelas tahun mereka bersama-sama dan konsisten memberi kontribusi dan pelayanan ke masyarakat via pameran dwi-tahunan.
The Colours of Indonesia III: Maison12 sendiri jadi pameran ketiga mereka.

ID12 | Desain: Gerald O.

Jasin Tedjasukmana, sosok penerima IAI (Ikatan Arsitek Indonesia) Jakarta Award 2015 atas desain Menteng Hermitage, meresmikan pembukaannya di Atrium Senayan City, Jakarta, 14 September 2018.

Selain itu ada juga, Halina – Leasing and Marketing Communication Director Senayan City, lalu Ary Juwono selaku The Chairman of The Colours of Indonesia 2018 juga mendampingi.
Baca juga:  Tiga Desainer Muda Meriahkan Pembukaan Fashion Festival JFFF 2018
Pameran ini sendiri akan berlangsung 10 hari sejak 14 hingga 23 September 2018. Dan meski sedang masuki tahun politik, dimana orang menahan diri untuk nggak berinvestasi ke rumah tinggal, bisnis ritel dan lain-lain, beda hal dengan hunian apartemen.
Menurut ID12, jenis properti yang terus berkembang dalam situasi apapun adalah apartemen. Itulah kenapa tema show unit apartemen diberi nama MAISON12. Demikian ungkap Ary Juwono.
Yang bikin unik, tentu saja inspirasi utama Maison12 yang mengambil unsur-unsur nusantara, dan itu tak hanya berpaku pada pola saja, tapi juga motif, aura, detail, dan lain-lain.
The Spirit of Sumba

MAISON12 sendiri terdiri dari Marketing Gallery “The Spirit of Sumba” (dikerjakan satu desainer). Lalu ada “The Mystical Papua” yang merupakan apartemen satu kamar digarap dua desainer. Ada “The Voyage of Borneo” – apartemen dua kamar yang digarap empat desainer, dan “The Soul of Java” – apartemen tiga kamar hasil garapan lima desainer.
The Mystical Papua

Baca juga:

Inovasi Desain Sebastian Gunawan pada Botol AQUA Reflections

 
Lebih detail lagi, The Spirit of Sumba digarap Ary Juwono. Apartemen satu kamar, The Mystical Papua, digarap Eko Priharseno dan Reza Wahyudi. The Voyage of Borneo digarap bareng-bareng Roland Adam, Sammy Henramianto, Yuni Jie dan Prasetio Budhi. Sedangkan The Soul of Java yang berupa apartemen tiga kamar digarap Agam Riadi, Vivian Faye, Joke Roos, Anita Boentarman dan Shirley Gouw.
Keunikan pameran kali ini tentu saja ada: area ‘melting pot’ – tempat pertemuan para vendor secara langsung dengan relasi dan klien. Area ini digelar 15 meter dari pusat pameran utama dalam bentuk kedai kopi pop-up, CAFE12. Tak hanya minuman dan penganan kecil, Cafe12 juga menjual buku-buku dan produk suvenir para vendor.
 
Penulis: Orlando
Foto: Tim Muara Bagdja

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here