Count Down The Wedding Day

0
1724
Menghitung Hari Pernikahan
Ilustrasi - freepik.com

OKE, PANGERAN IMPIAN (AKHIRNYA) MELAMAR SEPERTI YANG ANDA CITA-CITAKAN SELAMA INI. AFTER THAT EUPHORIA THAN WHAT? SAAT ANDA MEMILIKI TIMELINE YANG TEPAT DAN POIN PERENCANAAN APA SAJA YANG AKAN DILAKUKAN, PERCAYALAH BAHWA 365 HARI YANG ANDA MILIKI DALAM SATU TAHUN ADALAH LEBIH DARI CUKUP. 
12 MONTHS BEFORE
Mumpung masih satu tahun lagi, yuk berburu venue! Namun sebelumnya, tentu harus menentukan tanggal dan jumlah tamu yang akan Anda undang. Supaya, venue dengan kapasitas sesuai, bisa Anda booking.
Don’t forget to:
Meet the parents and announce the happy day!
Call all your besties and ask them to help you set the wedding day.
10-8 MONTHS BEFORE 
BERBURU BAJU
Pertama, Anda perlu memutuskan akan menggunakan gaun atau kebaya. Lalu, apakah Anda akan membuatnya di desainer atau menyewanya dari bridal atau sanggar adat. Menentukan busana pengantin Anda bisa diumpamakan seperti mencari jodoh. You never know until it really fit you well.
TENTUKAN TEMA PERNIKAHAN
Warna dekor dan tema keseluruhan ruangan, termasuk detail tiap pojokan venue akan sangat tergantung pada tema pernikahan Anda.
PILAH-PILIH VENDOR
Memilih vendor bisa menjadi sangat tricky untuk dilakukan. Menanyakan rekomendasi pada teman-teman adalah cara terbaik, atau Anda juga bisa masuk ke forum persiapan pernikahan dan membaca testimonial dari mereka yang pernah menggunakan jasa para vendor tersebut.
RESERVASI AKOMODASI UNTUK TAMU
Ini penting dilakukan apabila Anda melangsungkan pernikahan di luar kota atau luar negeri, atau tamu Anda kebanyakan berasal dari luar kota yang Anda tinggali. Don’t forget to:
Pilih busana dan bahan untuk orangtua dan anggota keluarga
Menandatangani kontrak dengan para vendor
8-6 MONTHS BEFORE 
Ada baiknya Anda dan pasangan telah memiliki rencana akan berbulan madu ke mana setelah menikah, karena ini akan memudahkan dalam pemesanan tiket pesawat beserta akomodasi di lokasi bulan madu.
TENTUKAN SERAGAM BRIDESMAID DAN BEST MEN
Sebelumnya, pastikan dulu ada berapa jumlah bridesmaid dan best men yang akan ada dalam pernikahan Anda. Ini penting untuk menentukan jumlah busana yang akan Anda siapkan, baik menyewanya dari sanggar ataupun bridal, atau bisa juga membelikan bahan dan meminta mereka untuk menjahitnya sendiri.
MENCARI INFORMASI PERNIKAHAN DI KUA ATAU CATATAN SIPIL
Datanglah ke KUA atau Catatan Sipil yang sesuai dengan tempat Anda menikah, lalu tanyakan apa saja syarat yang dibutuhkan.
Don’t forget to:
Cicil belanja barang seserahan
Tentukan apakah Anda harus mendekor kamar pengantin, atau memilih mereservasi kamar hotel untuk menikmati malam pertama.
6-4 MONTHS BEFORE 
FOTO PRE WEDDING
Diskusikan dengan fotografer tema pemotretan pre wedding yang seperti apa yang Anda inginkan. Dari sini fotografer akan mengerti jenis lokasi atau properti seperti apa yang harus disiapkan. Jangan lupakan juga urusan busana dan make up saat pemotretan dilangsungkan.
DESAIN DAN PESAN UNDANGAN
Akan lebih baik apabila desain undangan yang Anda gunakan telah disesuaikan terlebih dahulu dengan tema pernikahan serta dekorasi yang Anda pilih
MENULIS DAFTAR TAMU
Pintar-pintarlah memilih dan memilah siapa yang akan Anda masukkan ke dalam daftar tamu. Jangan lupakan juga ada orangtua Anda dan pasangan, juga sanak famili yang juga harus dimasukkan ke dalam daftar.
Don’t forget to:
Desain dan hunting cincin
Rancang dan booking kue pernikahan
Mencari souvenir pernikahan
3-2 MONTHS BEFORE 
TEST MAKE UP
Jangan pernah melewatkan tes make up, karena ini akan menentukan rupa Anda dan menjadi bagian dari catatan sejarah hidup Anda.
MEMASTIKAN SUSUNAN MENU
Biasanya ibu dan calon ibu mertua Anda adalah orang-orang yang akan menjadi partner setia Anda dalam menentukan menu apa saja yang akan menjadi santapan para tamu nanti.
SELENGGARAKAN RAPAT DENGAN SELURUH PANITIA DAN KELUARGA
Ingatlah bawa ada dua pihak keluarga besar yang akan Anda dan pasangan libatkan di sini. Jadi usahakan Anda adil dalam melibatkan keduanya, untuk menghindari kerepotan sesudahnya.
Don’t forget to:
Fitting busana
Mengatur transportasi
Memulai perawatan wajah
Menyusun lagu pilihan untuk dibawakan wedding band/wedding singer
1 MONTHS BEFORE 
MENGIRIMKAN UNDANGAN. Pastikan para tamu telah menerima undangan paling tidak 2-3 minggu sebelum hari pernikahan Anda.
MEMASTIKAN SUSUNAN ACARA PADA HARI H. Set lah satu waktu dimana Anda, pasangan, wedding planner atau wedding organizer serta panitia inti pernikahan duduk dan membahas susunan acara pada hari H nanti.
MENGKONFIRMASI PESANAN PADA SELURUH VENDOR. Konfirmasi lagi seluruh vendor yang Anda gunakan dan kroscek kembali apakah semua telah sesuai dengan pesanan yang Anda telah buat sebelumnya.*
Text. E. METHA W. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here