Lima Tips Rumah Tangga Langgeng dan Bahagia Ala Diany Pranata

0
1960
buku filosofi kue pancong
Diany Pranata - Dok. Diany Pranata

“Wedding,atau pesta pernikahan memang penting. Namun jauh lebih penting adalah kehidupan pernikahan (marriage).,” begitulah kutipan yang tercantum dalam Buku Filosofi Kue Pancong 2 yang ditulis oleh Diany Pranata, seorang Family and Relationship Coach sekaligus founder Bella Donna Group.
Ya, bagi calon pengantin menggelar pesta pernikahan tentu menjadi momen sekali seumur hidup yang perlu disiapkan secara matang. Tapi awas, jangan sampai kamu terlena hingga akhirnya lupa menyiapkan diri untuk kehidupan rumah tanggamu kelak lho.
Mewujudkan rumah tangga langgeng dan harmonis tentu menjadi dambaan setiap pasangan yang telah menikah. Namun untuk mewujudkan hal tersebut tentu bukan perkara mudah. Selain butuh komitmen dari kedua belah pihak, kamu dan pasangan juga perlu menyiapkan ‘seribu jurus’ untuk mengarungi bahtera rumah tangga kelak.
Diany Pranata, seorang family and relationship coach pun membagikan kisah dan pengalamannya sekaligus tips membangun rumah tangga langgeng dan harmonis melalui sebuah buku berjudul Filosofi Kue Pancong.
Dalam buku tersebut setidaknya Ibu dua anak ini membagikan 100+ tips rumah tangga langgeng dan bahagia, berikut diantaranya ;

1. Memimpikan Keutuhan Rumah Tangga yang Langgeng

pasangan
Ilustrasi Pasangan – freepik

Tahukah kamu bahwa untuk mewujudkan rumah tangga yang utuh sebenarnya bisa dimulai dari memimpikannya. Setidaknya itulah yang dianjurkan oleh Diany Pranata melalui buku Filosofi Kue Pancong.
Bagi kalian yang belum menikah, masa pacaran adalah masa yang tepat untuk menyelaraskan mimpi kalian dengan mimpi pasangan. Apa sih visi dan misi kalian dalam membangun rumah tangga kelak? Jangan sampai impian kalian berdua ternyata berbeda. Misalnya, si calon suami inginnya istri yang 100% di rumah dan menjaga anak, sementara kamu sebagai calon istri ingin bisa menjadi istri sekaligus wanita karir?
Untuk itu, ceritakan impian kamu dengan pasangan dan buatlah impian untuk rumah tangga kalian bersama-sama!

2. Jalin Komunikasi yang Baik

Lima Posisi Ini Bisa Bikin Wanita Susah Orgasme. Ini Solusinya!
Ilustrasi – Freepik

Isu soal hadirnya ‘orang ketiga’ atau dalam kamus gaul disebut Pelakor (red, perebut laku orang) mungkin ibarat sebagai trending topic sebagai penyebabnya hancurnya rumah tangga. Tapi¬† menurut Diany Pranata isu perselingkuhan ini bukanlah masalah utama yang menyebabkan perceraian dalam rumah tangga loh. “Perselingkuhan itu ibarat buah dari miss komunikasi yang dialami pasangan,” begitu kata Diany dalam bincang inspiratif dalam audio platform Inspigo.
Seringkali kita hanya berasumsi bahwa kita tahu apa yang pasangan mau. Padahal semestinya dalam berkomunikasi harus menyamakan asumsi atau persepsi. Biasakan diri untuk bertanya kepada pasangan untuk mengetahui apa yang disukainya. Selain itu, kalian juga bisa menjalin komunikasi yang baik dengan tidak menutup diri perasaan kalian terhadap pasangan. Mulailah dengan menceritakan perasaan gembira maupun sedih yang kalian alami. Intinya jadilah diri sendiri di depan pasangan. Harapannya, dengan begitu komunikasi yang baik terus terjalin.

3. Kembangkan Hobi Berdua, Meluangkan Waktu Kualitas Bersama

hari valentine
Ilustrasi – freepik

Saat masa pacaran mungkin kamu akan terus merasa kangen saat tidak bertemu dengan dia. Namun perasaan itu mungkin berubah setelah berumah tangga. Bayangkan saja, dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, ketemunya dia lagi-dia lagi. Belum lagi rutinitas harian yang semakin menjemukan. Sehingga rasa bosan terhadap pasangan, pasti akan dialami oleh setiap pasangan menikah.
Oleh karena itu kamu dan pasangan perlu menyiasati rasa bosan ini dengan tepat. Jika sedang merasa bosan cobalah cari tahu apa yang membuat bosan. Apakah ia tak lagi romantis seperti dulu, atau tidak pernah memberikan kejutan manis lagi.
Kalau misalnya dia tidak lagi seromantis dulu, kamu bisa memulainya dari diri kamu sendiri. Kenapa tidak kamu duluan saja yang memberikannya sebuah kejutan romantis? Nggak ada salahnya kan menurunkan rasa gengsimu karena pada dasarnya, mempertahankan perkawinan butuh effort dari suami dan istri.
Rasa bosan juga bisa diatasi dengan melakukan kegiatan dan hobi kalian berdua. Misalnya dengan melakukan kegiatan kerohanian dan kegiatan sosial berdua, pergi ke pantai (teriak di pantai, baca puisi, dll) atau piknik di alam terbuka sambil menikmati bekal buatan sendiri.

4. Menumbuhkan Rasa Saling Percaya

Foto prewedding ala korea
Instagram/ destinationphotographers3

Hayo, siapa yang sampai saat ini masih suka ‘kepo’ dengan handphone pasangan? Menumbuhkan rasa saling percaya ini sangat penting untuk kelanggengan sebuah hubungan. Percaya kepada pasangan juga termasuk memberi privacy kepada pasangan. Sebab pada dasarnya semua orang membutuhkan ruang gerak untuk diri sendiri. Kalau kamu sudah percaya 100% pada pasangan kenapa harus melihat atau membaca handphone pasangan ?

5. Membicarakan Urusan Keuangan

Couple silhouette breaking up a relation

Urusan keuangan tentu jadi hal penting sekaligus sensitif yang perlu dibicarakan. Tak jarang lo kasus percecokan dalam rumah tangga terjadi karena masalah keuangan. Maka dari itu sebelum menikah harus diputuskan siapa yang akan mengelola keuangan. Kamu dan pasangan juga harus jujur soal keuangan masing-masing.
Nah, jujur soal keuangan yang dibarengi dengan memberi ruang kepada pasangan tentang jumlah uang yang ingin dia kelola sendiri untuk hal-hal positif. Misalnya, untuk memberi surprise kepada pasangan, bantu orangtua yang sakit atau orang lain.(*)
Baca Artikel Ini : Yakin Pacarmu adalah Jodohmu? Temukan Jawabannya Di sini!
INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here