Tips Lengkap dan Mudah Merawat Wajah Sesuai Jenis Kulit

0
1831
pengantin wanita
Ilustrasi - Freepik.com

TAMPIL dengan make up yang membuat lebih cantik di hari pernikahan, sudah pasti adalah keinginan setiap pengantin wanita. Namun, untuk memaksimalkan tampilan saat hari pernikahan, tak ada salahnya untuk melakukan perawatan wajah. Facial atau totok wajah merupakan teknik perawatan yang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Jangan khawatir, kamu pun tetap bisa melakukan perawatan wajah sendiri.
Untuk melakukan perawatan yang tepat, kenalilah terlebih dahulu jenis kulit wajah. Sebab perbedaan jenis kulit setiap orang, membuat jenis perawatan yang dibutuhkan pun berbeda. Jika sudah tahu jenis kulitnya, maka inilah tips lengkap merawat wajah sesuai jenis kulit.
WAJAH BERMINYAK
Wajah berminyak memiliki ciri-ciri seperti di daerah T (bagian dahi, hidung dan dagu) serta pipi mengeluarkan minyak. Kadar minyak inilah yang menjadi penyebab wajah berjerawat dan berkomedo. Ada beberapa tips dalam merawat wajah berminyak:

  1. Bersihkan wajah setiap hari secara teratur, namun jangan sampai lebih dari dua kali seminggu. Selain itu gunakan pembersih wajah yang bertekstur lembut khusus untuk kulit berminyak dan tak mengandung alkohol.
  2. Beri pijatan lembut pada wajah, terutama daerah sekitar zona T.
  3. Carilah pelembap yang memang khusus untuk kulit berminyak.
  4. 4. Peduli asupan nutrisi pada makanan. Cobalah untuk menambah asupan sayuran dan stop untuk mengonsumsi makanan yang mengandung minyak banyak.
  5. Minumlah air putih minimal 2 liter per hari untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuh agar mengurangi sekresi minyak berlebihan.
  6. Gunakan bedak tabur yang lebih menyerap minyak.

 
WAJAH KERING

Ciri-ciri wajah berkulit kering terlihat dari kusam dan tidak mengkilap. Kadang-kadang kulit menegang juga dan terlihat bersisik dan terasa gatal. Orang dengan wajah kering, terlihat semakin tua karena lebih mudah keriput. Perawatan utama untuk jenis wajah ini;

  1. Gunakan selalu krim wajah yang mengandung banyak pelembap. 2. Jangan terlalu sering mencuci wajah dengan sabun muka karena akan menghilangkan kelembapannya.
  2. Kulit kering membutuhkan masker daripada jenis kulit lainnya, setidaknya seminggu sekali. Gunakan minyak zaitun apabila kulit dalam keadaan kering.
  3. Minum sekitar 8 sampai 10 gelas per hari memberi kecukupan asupan untuk kesegaran kulit.
  4. Hindari sinar matahari ataupun AC yang dingin agar kulit tidak kering.
  5. Konsultasikan ke dokter kulit.

WAJAH NORMAL
Diantara dua jenis kulit tadi, yang paling ideal adalah jenis kulit normal. Kulit jenis ini tidak berminyak dan juga tidak kering. Memiliki tekstur yang halus dan bila disentuh terasa lembut. Berikut adalah tips untuk menjaga kelembatan kulit wajah normal.

  1. Konsumsi buah-buahan dan sayuran karena mengandung vitamin dan zat antioksidan yang penting bagi kesehatan kulit.
  2. Jangan asal pilih produk kecantikan maupun make up.
  3. Aplikasikan sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan
  4. Pelembab wajah untuk dipakai di luar maupun dalam ruangan
  5. Bersihkan wajah setiap pagi dan malam secara teratur.*

TEXT. Bella Donna Team

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here