Tips Memilih Setelan Jas Sesuai Bentuk Tubuh

0
3545
Jas Pria
Aksesori dasi kupu-kupu - Doc. Bella Donna The Wedding

TIDAK seluruh pria memiliki ukuran tubuh proporsional selayaknya model  majalah. Namun beberapa model jas, celana, dan aksesoris yang dipadupadankan secara tepat dapat membantu Anda untuk mengatasi ketidaksempurnaan tersebut.
Setelah memutuskan pilihan tentang model setelan dan aksesoris, Anda selanjutnya bisa memilih warna serta model aksesoris lain seperti rompi, cummerbunds, kemeja, dasi, manset, kemeja kancing, dan kotak saku yang dapat membuat tampilan pengantin pria semakin sempurna di hari pernikahan
TIPE TUBUH TINGGI DAN KURUS

Bagi pemilik tubuh tinggi dan kurus, Anda lebih bebas memilih  model tuxedo yang disukai. Bila Anda kurang percaya diri dengan tubuh yang kurus, cobalah untuk mengenakan model jas yang bagian depannya saling bertumpuk atau dikenal dengan double-breasted. Ini tentu akan memberi kesan tubuh menjadi lebih berisi.
Untuk celana formal, ada dua jenis yang tersedia, yaitu pleated (lipit) atau flat front (datar tanpa lipit). Bagi pemilik tubuh tinggi dan kurus, jenis flat front merupakan pilihan yang lebih cocok sekaligus lebih moderen.  Sedangkan sebagai aksesoris, Anda dapat memilih ikat pinggang dan dasi kupu-kupu. Motif garis-garis horisontal juga berguna untuk membuat ilusi visual supaya tubuh tidak terlihat sangat tinggi dan kurus.
TIPE TUBUH TINGGI DAN GEMUK
Jas dengan satu kancing atau single button suit lebih cocok bagi pria bertubuh gemuk karena memungkinkan bagian pinggang terlihat lebih kurus. Model shawl lapel atau kerah melengkung sangat ideal untuk tipe tubuh tinggi dan gemuk. Pilihlah gaya yang lebih boxy dengan jenis pleats vented. Hindari memakai detail apa pun yang ketat, karena bukannya terlihat stylish justru semakin mempertegas tubuh gemuk Anda.
Ukuran yang tepat adalah kunci memilih celana yang cocok bagi jenis tubuh ini. Jenis flat front lebih cocok untuk membuat penampilan lebih ramping. Berbeda dengan tipe tubuh kurus, dasi panjang lebih pas sebagai aksesoris daripada dasi kupu-kupu.
TIPE TUBUH PENDEK DAN KURUS

Bagi pria bertubuh pendek dan ramping, pilihan jas terbaik ada pada model yang akan memberi kesan bodyline atau garis tubuh yang memanjang. Tipsnya, hindari jas berjenis body fit yang semakin menegaskan tubuh ramping Anda. Sebaiknya, gunakan jas berjenis double-breasted, dengan kerah selendang, dan empat kancing demi memeroleh kesan tubuh yang lebih tinggi dan  lebih berisi.
Sedangkan untuk pilihan celana, tak ada masalah memilih  jenis flat front atau pleated. Pemilihan aksesoris rompi dan dasi panjang pun cocok untuk melengkapi setelan Anda.
TIPE TUBUH PENDEK DAN GEMUK
Model satu atau dua kancing jas kerah selendang dan pemasangan kancing yang rendah akan memberi efek tubuh lebih ramping. Usahakan juga jaket berbaring datar tanpa menganga untuk memungkinkan kerah selendang memberi kesan panjang pada tubuh Anda. Yang perlu dihindari sudah tentu adalah jas berjenis double-breasted.
Meskipun Anda bebas memilih dua jenis celana formal baik flat front atau pleated, pastikan bahwa Anda tidak mengenakan potongan yang terlalu ekstrim. Celana panjang dengan kaki ramping adalah pilihan yang lebih baik daripada celana lipit dengan kaki lebar. Umumnya, rompi dengan dasi sempit panjang adalah pilihan aksesori terbaik bagi tipe tubuh pendek dan gemuk.*
INTAN WIDIASTUTI | AL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here