10 Cara Mudah Mengatasi Kulit Terbakar

0
2982

SEKEMBALINYA Anda dan pasangan dari honeymoon di pulau, ternyata menimbulkan “bekas” yang membuat penampilan Anda jadi tidak menarik lagi. Kulit Anda jadi belang karena terbakar sinar matahari atau dikenal dengan istilah sunburn. Padahal Anda sudah menangkalnya dengan menggunakan lotion sun protect. Tapi teryata lotion tersebut tidak manjur juga.
Menurut penelitian, ada beberapa jenis kulit yang kadang mudah mengalami belang dan kemudian pulih kembali tapi ada juga  yang butuh waktu yang cukup lama untuk memulihkan warna kulit ke kulit semula.  Tapi, Anda tidak perlu khawatir, karena hasil rangkuman dari berbagai sumber, memberikan beberapa cara sederhana untuk menghilangkan kulit yang terbakar sinar matahari.
1. KOMPRES DENGAN CUKA APEL.
Campurkan 4 cangkir air dengan setengah cangkir cuka apel, lalu gunakan untuk mengompres kulit yang terbakar. Kandungan asam dalam cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH di kulit yang tidak lagi normal akibat sunburn.
2.  MASKER TIMUN

masker timun
Masker Timun – pixabay.com

Mentimun mengandung antioksidan alami dan sifat analgesik yang baik untuk kulit.  Buatlah masker menggunakan timun, caranya haluskan beberapa potong mentimun kemudian gunakan untuk mengompres bagian yang mengalami sunburn.
3. GUNAKAN OATMEAL
Oatmeal yang biasanya Anda makan untuk sarapan, ternyata bermanfaat untuk kulit Anda lho. Cuci bersih oatmeal kemudian gunakan untuk mengompres bagian yang mengalami kulit terbakar. Lakukan setiap 2-4 jam sekali perhari. Oatmeal mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai saponin yang berguna untuk membersihkan sekaligus melembapkan kulit.
4. KOMPRES DENGAN ES BATU.

es batu
Es Batu – publicdomainpictures.net

Es batu juga bisa membantu mengembalikan kembali pH kulit normalmu akibat sunburn. Dengan menggunakan bantuan kain bersih kamu bisa mengompres bagian yang terkena sunburn selama 15-20 menit sehari.
5. MANDI DENGAN AIR DINGIN.
Air dingin bisa membantu memberikan efek dingin pada sunburn. Sebaiknya, jangan gunakan sabun mandi terlebih dahulu. Hanya basahi saja bagian yang mengalami sunburn hingga merata. Karena, penggunaan sabun malah akan menyebabkan kulit semakin terasa kering.
6. GUNAKAN LOTION LIDAH BUAYA
Lidah buaya atau Aloe vera sudah dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit, salah satunya juga untuk mengatasi sunburn. Yang kamu perlukan hanyalah telaten untuk merawat kulitmu agar kembali seperti semula.
7. HINDARI MENGGUNAKAN PAKAIAN KETAT

pakaian ketat
Ilustrasi Perempuan Menggunakan Pakaian Ketat – freepik.com

Jika sunburn terletak di bagian tubuh yang biasa tertutup pakaian, sebaiknya jangan gunakan pakaian yang ketat. Serta pakailah pakaian yang memiliki bahan dingin, seperti katun.
8. BERENDAM DENGAN BAKING SODA
Campurkan satu cangkir baking soda pada bak mandi. Kemudian berendamlah dalam air campuran baking soda beberapa menit. Baking soda memiliki kedua sifat antiseptik dan anti-inflamasi, yang bisa membantu mengurangi peradangan dan mencegah infeksi.
9. KOMPRES DENGAN KANTONG TEH CELUP BEKAS

kantong teh
Kantong Teh – freephoto.cc

Daripada dibuang, bekas kantong teh celup juga bisa Anda gunakan untuk mengatasi sunburn. Kompres bagian kulit yang belang dengan beberapa kantong teh celup bekas. Kandungan tanin dalam teh bermanfaat mengatasi perih dan mencegah infeksi yang bisa saja terjadi.
10. ATUR SUHU RUMAH.
Usahakan mengatur suhu ruangan atau kamarmu menjadi lebih dingin dari biasanya. Hawa dingin bisa membantu mempercepat pemulihan kulit terbakar.  Tutup jendela maupun tiraimu di rumah yang bisa membuatmu terpapar sinar matahari.
Semoga bermanfaat bagi kesehatan kulit Anda.*
Very Barus
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here