Lima Kebiasaan Buruk yang Membuat Program Diet Selalu Gagal

0
552
Ilustrasi - maxpicture

SUDAH mencoba beragam program diet, namun masih tetap tak kunjung berhasil? Eits., jangan keburu nyerah, lalu mengambil jalan pintas dengan mengonsumsi obat pelangsing instant ya!

WHO sebagai organisasi kesehatan dunia juga sudah menganjurkan angka penurunan badan secara sehat yaitu 0,5 – 1 kg per minggunya. Penurunan berat badan yang terlalu drastis justru tidak disarankan karena beresiko memengaruhi organ tubuh lain.

Jadi, mumpung hari pernikahan masih beberapa bulan lagi, tak ada salahnya kamu terus berupaya memeroleh berat badan ideal. Karena bisa jadi kesalahan bukan pada progam diet yang dilakukan, tapi karena selama ini kamu sering melakukan kegiatan yang menghambat program penurunan berat badanmu.

Daripada kamu semakin frustasi karena angka timbangan yang tak kunjung bergeser ke kiri, lebih baik ketahui dahulu beberapa kebiasan buruk yang bisa merusak program diet berikut ini yang dilansir dari buku Perfect Bride karangan Janet Wright.

1.  Tidak Pernah Sarapan Pagi

Coba ingat, apakah tadi pagi kamu sudah sarapan? Meskipun penting, nyatanya banyak orang yang melewatkan sarapan. Padahal, para peneliti menemukan bahwa orang-orang yang selalu sarapan ternyata memiliki berat badan lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak. Mereka yang tidak sarapan juga cenderung makan siang dengan porsi lebih banyak daripada mereka yang sarapan. Jadi, mulai sekarang ayo sempatkan untuk sarapan pagi!

2. Porsi Makan yang Kurang Tepat

Diet bukan berarti tidak makan lho. Hanya saja kamu perlu mengonsumsi menu seimbang agar nutrisi yang diperlukan tubuh tetap terpenuhi. Jika selama ini kamu bingung menentukan takaran porsi yang tepat, cobalah untuk menggunakan Diet Plate, piring khusus yang terbagi menjadi beberapa bagian untuk menunjukan jumlah makanan. Cara lain, kamu bisa menimbang makanan selama seminggu, untuk memastikan kamu tidak makan terlalu banyak.

Lima Diet Sehat untuk Tubuh Ideal dan Sehat di Hari Pernikahan
Ilustrasi – Freepik

3. Makan Terlalu Cepat

Apakah kamu termasuk tipe orang yang makan pelan-pelan atau cepat? Jika seporsi makanan bisa dihabiskan dalam waktu kurang dari 10 menit maka itu pertanda kamu termasuk tipe kedua. Dan itu artinya kamu harus segera mengehentikan kebiasan buruk ini bila ingin mendapatkan berat badan ideal.

Saat makan sebenarnya sistem tubuh secara alami akan memperingatkan otak jika sudah cukup makan. Nah, bila makan yang terlalu cepat maka kinerja otak akan terlambat menangkap sinyal dari perut bahwa sudah cukup kenyang. Akibatnya kamu pun akan terus makan tanpa merasa kenyang.

4. Mengonsumsi Alkohol

Selama ini mungkin kamu hanya fokus pada menjaga pola makan. Padahal menjaga konsumsi minuman juga tak kalah penting. Apalagi bila kamu termasuk orang yang sering mengonsumsi minuman beralkohol. Alkohol ternyata memiliki kandungan kalori lebih tinggi dari protein atau kabohidrat. Sebanyak 70 – 120 kalori setidaknya terkandung pada alkohol per unitnya. Pada pria lemak yang terkandung pada alkohol ini akan secara otomatis tersimpan di perut dan pada wanita akan tersimpan di pinggul.(*)

5. Sering Melanggar Program Diet

Diet tidak hanya membutuhkan niat dan keinginan, tapi juga membutuhkan komitmen dan tekad kuat saat melakoninya. Apalah artinya program diet yang sudah dirancang sedemikian rupa jika di tengah jalan kamu pun melanggarnya. Lakukan program diet secara konsisten untuk memeroleh hasil terbaik. Terus semangat dan berusaha yah wedding fellas!

Baca Artikel Ini : Lima Jurus Ampuh Mengecilkan Lengan Tangan

INTAN WIDIASTUTI

 

LEAVE A REPLY