Datang Bulan di Hari Pernikahan? Mana yang Akan Jadi Solusi Terbaikmu?

0
4054
Mencegah Menstruasi Saat Hari Pernikahan
Ilustrasi - Freepik

HARI PERNIKAHAN sudah semakin dekat. Kamu sudah memilih gaun pengantin yang sempurna, venue pernikahan romantis, melakukan perawatan kecantikan lengkap hingga merencanakan destinasi honeymoon. Namun, ternyata kamu melupakan jadwal menstruasi yang kemungkinan akan datang dalam waktu dekat dan mungkin terjadi di hari pernikahan. Menikah saat sedang datang bulan tentu sangat tidak nyaman dan dapat mempengaruhi mood di hari besarmu, bukan?

Baca Artikel Ini: Begini Tips Berhubungan Sex Saat Sang Istri Menstruasi

Mencegah Menstruasi

Sebenarnya, cara terbaik yang dapat dilakukan adalah memilih tanggal yang jauh dari jadwal datang bulan. Namun, tidak dapat dipungkuri persiapan pernikahan yang menyita waktu, tenaga, pikiran dan perasaan dapat menyebabkan ketidakstabilan hormon yang akhirnya bisa mempengaruhi jadwal datang bulan kamu. Nah, untuk berjaga-jaga, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menunda menstruasi.

Evening Primrose dan Red Raspberry

Mencegah Menstruasi Saat Hari Pernikahan
Instagram/ zimfour; Instagram/ marianne_oeien

Beberapa wanita memiliki pengalaman tentang keampuhan Evening Primrose dan Red Raspberry dalam mencegah datang bulan. Kamu hanya perlu mengkonsumsinya dalam jumlah banyak sebelum tanggal perkiraan datang bulan, paling tidak dua sampai tiga kali sehari.

Suntik KB atau Depo Provera

Mencegah Menstruasi Saat Hari Pernikahan
Freepik

Depo provera merupakan metode pencegahan kehamilan dengan cara menyuntikkan obat tertentu pada wanita subur. Depo provera juga dapat menghindari nyeri menstruasi, pendarahan menstruasi berlebihan dan menunda menstruasi.

Sebaiknya lakukan cara ini seminggu sebelum perkiraan tanggal datang bulan. Kamu bahkan bisa melakukan ini hingga jadwal bulan madumu berakhir. Namun, kamu harus menghentikan suntikan jika menginginkan kehamilan.

Sudah Terlanjur Menstruasi

Menstruasi menjelang hari pernikahan bisa menjadi hal mengejutkan dan berakhir pada ketidaknyamanan sepanjang acara pernikahan, bahkan acara malam pertama pun menjadi kurang seru. Namun, kamu tidak mungkin menjadwal ulang waktu yang telah ditentukan dalam sekejap mata hanya karena kedatangan tamu tak diundang. Jangan panik, kamu bisa mempercepat masa menstruasimu dengan cara ini:

Meminum Pil KB atau Suplemen Hormonal

Mencegah Menstruasi Saat Hari Pernikahan
Ilustrasi – Freepik

Jangan kira bahwa pil KB atau suplemen hormonal hanya berpengaruh untuk mencegah kehamilan saja, tapi juga dapat mempersingkat menstruasi jika diminum berturut-turut. Bahkan beberapa pil hormonal dapat mempercepat peluruhan lapisan rahim sehingga menstruasi dapat berhenti lebih singkat. Namun, ada baiknya kamu mengkonsultasikan terlebih dulu pada dokter perihal kadar suplemen yang sesuai dengan kondisi tubuhmu.

Vitamin C

Mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar dapat mengurangi jumlah hormon progesteron dalam rahim yang akhirnya dapat membantu mempercepat luruhnya lapisan dinding rahim. Namun, sebaiknya kamu tanyakan dulu kondisi tubuhmu pada dokter apakah boleh mengonsumsi vitamin C dalam dosis besar atau tidak. Dan pastikan kamu meminum banyak air putih setelah mengkonsumsi vitamin C, ya!

Menggunakan Menstrual Cup

Mencegah Menstruasi Saat Hari Pernikahan
Instagram/ gobihong

Menstrual cup bisa menjadi pilihan terbaik dibandingkan menggunakan pembalut saat hari pernikahanmu. Ya, menstrual cup ialah alat kesehatan berbentuk menyerupai corong minyak berukuran kecil dan tebuat dari bahan silikon yang berfungsi untuk menampung darah selama menstruasi.

Tidak seperi pembalut, menstrual cup ternyata tidak mengandung bahan-bahan berbahaya seperti parfum dan pemutih, sehingga tidak akan menyebabkan iritasi atau gatal-gatal. Lagi pula, kamu jadi tidak perlu sering-sering ke toilet untuk mengecek atau mengganti pembalut.

Namun, ada hal yang perlu dipertimbangkan, nih. Karena menstrual cup digunakan dengan cara dimasukkan ke dalam lubang vagina, segingga sangat dimungkinkan terjadi peregangan selaput darah. Sedangkan beberapa orang kita masih meyakini selaput darah sebagai simbol keperawanan. Bagaimanapun, pilihan tetap ada di kamu, Ladies!

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY