Hal Penting Ini Harus Diketahui Sebelum Menjalankan Operasi Plastik

0
1572
Hal Penting Ini Harus Diketahui Sebelum Menjalankan Operasi Plastik
Ilustrasi - Freepik

OPERASI plastik kini tengah menjadi trend bahkan gaya hidup bagi sebagian orang demi mendapatkan wajah yang lebih memesona. Ya, operasi plastik biasanya dilakukan untuk memperbaiki bentuk bagian wajah yang dianggap kurang proporsional. Namun, dalam praktiknya, ternyata tidak semua operasi plastik dapat berjalan dengan lancar. Mungkin kamu pernah melihat beberapa wajah yang justru menjadi lebih buruk setelah melakukan operasi.

Secanggih apapun teknologi yang digunakan, kemungkinan kegagalan bisa saja terjadi pada siapapun, terutama jika orang tersebut memiliki kondisi tubuh yang terlalu berisiko untuk menjalankan prosedur kecantikan tersebut. Nah, dilansir dari situs Alodokter.com, ada beberapa kondisi fisik yang harus diketahui sebelum menjalani operasi plastik.

Operasi Hidung

Kamu merasa kurang percaya diri karena memiliki hidung yang besar, bengkok, atau terdapat benjolan dan ingin mengubahnya dengan operasi plastik? Ada banyak pantangan yang harus kamu hadapi setelah melakukan operasi hidung. Kamu harus tidur dengan posisi duduk selama dua, tiga malam, atau bahkan sebulan untuk mencegah perpindahan silikon.

Tulang hidung akan mulai terbentuk permanen tiga bulan setelah operasi. Selama masa itu kamu tidak boleh melakukan olahraga untuk menghindari cidera. Jika kamu gemar berolahraga atau seorang atlet, operasi plastik di bagian ini tidak disarankan.

Operasi Kelopak Mata

Ternyata tidak semua masalah di bagian mata dapat diselesaikan dengan operasi, lho. Misalnya saja masalah lingkaran hitam di sekitar mata, keriput atau garis-garis halus. Operasi kelopak mata pun akan lebih maksimal jika kamu memiliki kelopak mata yang terkulai atau berkantung mata.

Kamu dilarang mengonsumsi obat-obatan tertentu paling tidak selama 14 hari sebelum dan sesudah operasi, obat-obatan tersebut antara lain aspirin, naproxen, ibuprofen ataupun obat herbal yang bisa meningkatkan pendarahan.

Membesarkan Bibir

Operasi ini memang cenderung aman dilakukan bagi kamu yang berusia muda. Namun, jangan lakukan prosedur ini jika kamu memiliki alergi, menderita diabetes, herpes, atau memiliki penyakit autoimun seperti lupus atau rheumatoid arthritis. Kamu juga dilarang merokok selama masa pemulihan.

Implan Pipi

Prosedur ini bisa mengoreksi bentuk pipi agar lebih tinggi dan terlihat tegas. Silakan melakukan tindakan tersebut jika kamu yang mengalami pengenduran dini pada pipi atau memiliki tulang pipi yang datar. Namun, operasi plastik tidak cocok pada kulit yang terlalu kendur. Jika kondisimu demikian, facelift atau prosedur penarikan wajah bisa menjadi jalan keluarnya.

Implan Dagu

Prosedur ini dilakukan untuk memperbaiki posisi dagu yang tidak seimbang dengan hidung. Meskipun dokter akan memberikan pengarahan soal kebersihan mulut selama masa pemulihan, tetap saja operasi ini hanya bisa dilakukan jika kamu tidak memiliki masalah gigi. Kamu juga akan dilarang melakukan aktivitas yang bisa membuat wajahmu terbentur.

Mengangkat Dahi atau Alis

Prosedur ini lebih baik dihindari jika kamu mengalami penipisin rambut, kebotakan, atau memiliki kulit yang mudah terluka. Kalangan yang tepat untuk melakukan opersi pada dahi atau alis adalah mereka yang mempunyai alis mata tebal, keriput atau garis-garis kerutan pada dahi.

Menarik Wajah atau Leher

Prosedur ini biasa disebut facelift yang dilakukan oleh mereka untuk penampilan yang lebih awet muda. Orang yang bisa melakukan operasi ini adalah mereka yang memiliki kulit wajah dan leher yang kendur, atau memiliki kelebihan lemak pada dagu. Kamu yang kulitnya tidak elastis atau mengalami obesitas sangat tidak disarankan untuk melakukan operasi ini karena terlalu berisiko.

Selain beberapa hal di atas, gaya hidup ternyata juga bisa menjadi kendala untuk melakukan operasi plastik, Misalnya untuk perokok, kandungan racun pada rokok akan menyebabkan risiko kompilasi pasca penyembuhan. Kamu juga diharuskan memiliki berat badan yang stabil selama paling tidak enam bulan hingga satu tahun sebelum menjalani operasi plastik.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY