Tips Posisi Tidur yang Nyaman Untuk Wanita Hamil

0
758
Posisi Tidur Wanita Hamil
Ilustrasi - Freepik

Masa kehamilan mengakibatkan banyak perubahan yang cukup sulit diterima oleh kaum wanita, seperti perubahan kondisi tubuh, mood, hingga posisi dan waktu tidur. Apalagi, seiring perkembangan buah hati di dalam Rahim, perut pun semakin membesar. Hal tersebut tentu akan mempengaruhi kenyamanan posisi tidur. Ketidaknyamanan ini akhirnya berdampak pada gangguan tidur dan masalah kesehatan.

Ternyata, posisi tidur yang salah juga dapat menyebabkan sakit punggung, nyeri otot, bahkan gangguan tekanan darah. Nah, agar kamu dapat tetap tidur dengan nyenyak saat hamil, ini dia posisi tidur yang tepat untuk wanita hamil sesuai dengan usia kandungan.

Posisi Tidur untuk Trimester Pertama

Tidur Miring

Bentuk perutmu mungkin belum mengalami banyak perubahan di trimester pertama, namun berbagai gangguan seperti pusing, mudah lelah, mual dan pegal-pegal sudah mulai dirasakan. Tentu hal tersebut sangat mempengaruhi posisi tidur. Saking tidak nyamannya, segala posisi tidur menjadi serba salah.

Jika hal demikian terjadi pula padamu, cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke kiri atau ke kanan. Dikatakan, posisi tidur miring mampu membuat sirkulasi aliran darah lebih lancar dan juga membuat perut terasa lebih nyaman karena organ ginjal dapat lebih leluasa bekerja. Pada masa ini kamu masih diperbolehkan untuk tidur denan posisi telentang karena kondisi janin masih belum kecil, sehingga tidak menyebabkan tekanan yang berlebih pada system pencernaan.

Gunakan Banyak Bantal

Cara lain agar kamu lebih nyaman ketika tidur adalah dengan menggunakan banyak bantal. Apalagi jika kamu sering mengalami gejala sesak nafas. Menggunakan bantal sebagai penyangga dada ketika tidur bida mengurangi gangguan pernapasan. Selain itu, jika kamu merasa keram di bagian perut, gunakankan bantal di bagian kepala sehingga posisi badan bagian atas menjadi lebih tinggi. Di pasaran juga ada bantal yang didesain khusus untuk ibu hamil, lho. Tak ada salahnya untuk mencoba agar tidurmu menjadi lebih pulas dan berkualitas.

Posisi Tidur untuk Trimester Kedua

Janin sudah semakin berkembang pada trimester kedua, hanya saja kondisi perut belum terlalu besar. Pada masa-masa ini, disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri, agar janin dapat bergerak lebih leluasa, sedangkan pasokan oksigen dan nutrisi ibu ke plasenta pun akan mengalir lebih lancar dibandingkan jika kamu tidur terlengtang karena sangat berbahaya.

Pada usia kehamilan empat bulan ke atas, saat tidur terlentang, beban Rahim yang semakin membesar bisa menyebabkan aliran darah ke jantung melambat. Akibatnya, jantung pun menjadi sulit memompa dan mengalirkan darah ke seluruh bagian tubuh, termasuk janin. Padahal, darah merupakan sumber zat gizi dan oksigen bagi janin. Sering tidur terlentang pada masa kehamilan ini juga dapat menimbulkan resiko kesehatan serius, seperti nyeri punggung, sulit bernapas, hipetensi, gangguan pencernaan, dan lain-lain.

Posisi Tidur untuk Trimester Ketiga

Saat kamu memasuki trimester ketiga, perkembangan janin dan kondisi perutmu akan semakin terlihat. Pada masa ini, kamu akan merasakan sakit punggung karena perkembangan kondisi perut yang semakin membesar, sehingga pembuluh darah dan saraf di area panggul dan punggung ikut tertekan.

Nah, agar kamu bisa tidur nyenyak dan berkualitas, tidurlah dalam posisi miring. Kamu bisa tidur miring ke kiri atau kanan karena keduanya nyaman dana man untukmu dan si calon buah hati. Untuk posisi tidur yang lebih optimal, kamu juga dapat meletakkan bantal di bawah sisi tubuh untuk mengurangi gangguan sesak napas atau bisa juga menggunakan bantal khusus wanita hamil yang mampu membuat bagian lutut dan leher terasa lebih nyaman.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY