4 Hal Penting Tata Rias dan Busana yang tak Boleh Diabaikan Pengantin Muslimah

0
420
Foto:Instagram | seymaazeynep

Tampil dengan tata rias dan busana terbaik di hari istimewa tentu menjadi impian wanita. Tak terkecuali bagi calon pengantin muslimah Namun jangan sampai keinginan kita untuk tampil sempurna di hari pernikahan ini malah mengabaikan aturan-aturan yang sebenarnya tidak diperbolehkan dalam agama.

Sebagai pengantin muslimah, lima hal penting dalam tata rias dan busana ini jangan sampai kamu abaikan ya!

Mencukur alis

Di Indonesia mencukur alis dianggap sebagai hal yang lumrah. Tak sedikit pula makeup artist yang meminta calon pengantin mencukur habis alis mata calon pengantin sebelum dirias. Bahkan, beberapa adat tradisional menjadikan bercukur ini sebagai salah satu ritual adat yang perlu dilakukan calon pengantin wanita. Lantas bagaimana ya Islam memandang tradisi mencukur alis ini?

Dikutip dari Republika online dalam fikih Islam istilah perempuan yang mencabut atau mencukur alisnya disebut namsh. Perbuatan ini pun diharamkan karena termasuk mengubah ciptaan Allah SWT. Jadi sebagai pengantin muslimah ada baiknya kamu menghindari hal ini ya!

Busana Pengantin Muslimah yang Terlalu Ketat

Salah satu hal yang kerap diabaikan oleh pengantin berhijab ialah busana yang tampak terlalu ketat. Selain tak nyaman dikenakan gaun pengantin tersebut tentu kurang pas saat dipandang.  Untuk itu perhatikan pilihan gaun pengantin untuk hari bahagiamu. Zaman sekarang rasanya tak sulit menemukan model busana pengantin muslimah bukan?

Memilih Produk Kosmetik Halal

Dalam Islam kita selalu dianjurkan untuk menggunakan barang-barang yang halal, termasuk dalam hal pemilihan kosmetik. Pada hari pernikahan pastikan produk kosmetik yang dipilih berlabel halal sehingga membawa kebaikan untuk kita.

Memakai Cat Kuku

Saat hari pernikahan, rasanya tak boleh ada bagian dari penampilan yang tak luput dari perhatian – termasuk bagian kuku tangan. Untuk itu pengantin kerap memakai cat kuku atau kutek untuk memperindah bagian kuku tangan.

Padahal cat kuku berbahan kimia ini bisa menghalangi mengalirnya air yang membuat wudhu menjadi tidak sah. Aturan ini pun sudah tercantum dalam Al Quran. Meskipun kini sudah banyak merk kutek yang diklaim halal dan wudhu friendly, namun hal ini juga masih diperdebatkan.

Sebaiknya gunakan henna untuk mengindahkan bagian kuku-kuku tangan atau gunakan fake nail art yang mudah dilepaskan setelah acara selesai. *

Penulis:Wanita Berhijab, Cari Gaun Pengantin Muslimah Favoritmu Di sini!
 Pesona Gaun Pengantin Muslimah Ala Okky Setiana Dewi

 

Penulis: Intan Widyastuti

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here