Hilangkan Jamur Kuku Kaki dengan Bahan-Bahan Alami Ini!

0
314
Tips Menghilangkan Jamur Kuku Kaki
Ilustrasi - Pixabay

MENGGUNAKAN alas kaki yang menampakkan kuku kaki bisa menjadi pilihan menarik di hari istimewa. Apalagi jika kamu ingin mengusung tema bohemian yang terkesan santai dan unik. Namun, beberapa wanita merasa tidak pede karena kuku kaki yang rusak akibat jamur.

Jikak ujung kuku jarimu atau kuku ibu jari tampak kuning dan memiliki titik putih, bisa jadi itu adalah jamur kuku atau onikomikosis. Jika dibiarkan, kuku bisa berwarna, menebal dan lama-kelamaan akan rapuh dan hancur di ujungnya. Infeksi jamur ini pun bisa menyebar ke seluruh kuku, termasuk landasan, lempeng dan akar kuku.

Kondisi kaki yang sering tertutup lembab dan hangat menjadi tempat favorit jamur untuk berkembang biak. Selain itu, aliran darah pada jari kaki lebih sedikit dibanding jari tangan, sehingga sistem kekebaralan tubuh tidak bisa mendeteksi jika ada masalah dan tidak bisa dengan cepat menghentikan infeksi.

Nah, untuk penampilan sempurna di hari besarmu, ada baiknya untuk mengatasi segala masalah termasuk jamur kuku. Bahan-bahan alami ini bisa digunakan, lho!

Baca Artikel Ini: Kenali Fakta Ini Untuk Perawatan Kaki yang Maksimal

Bawang Putih

Bawang putih terkenal dengan kandungan antifungal alaminya sehingga bisa digunakan untuk membasmi jamur kaki. Caranya, potong satu siung bawang putih segar secara diagonal. Gosokkan perlahan hingga melumat di area kuku kaki yang terinfesksi jamur. Diamkan selama beberapa menit kemudian bersihkan menggunakan air hangat. Perawatan ini bisa kamu lakukan dua kali dalam seminggu.

Baking Soda

Salah satu bahan pembuat kue ini juga bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembasmi jamur kuku kaki dan mencegah timbulnya bau kaki. Caranya cukup campurkan 4-5 sendok makan bakin soda ke dalam air, kemudian rendam kuku selama 20 menit. Jika jamu di kuku kakimu sudah cukup menghawatirlan, lakukan ritual ini 2-3 kali sehari.

Minyak Kelapa

Menyik kelapa memiliki elemen khusus bersifat asam yang mampu secara alami meresap ke dalam membran jamur. Dengan begitu jamur akan mengalami disintegrasi sel dan mati. Caranya, usapkan minyak kelapa ke kuku kaki yang terjangkit jamur. Biarkan minyak kelapa terserap. Lakukan langkah ini 2-3 kali sehari.

Cuka Apel

Sifat asam yang dimiliki cuka apel sangat efektif dalam mengatasi jamur yang ada di kuku kaki. Kamu hanya perlu mencampurkan cuka apel ke dalam air bersuhu ruangan dengan perbandingan 50:50. Rendam kakimu selama 20 menit. Kemudian keringkan menggunakan handuk halus. Lakukan secara rutin hingga jamur mati dan menghilang.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY