Inspirasi Seragam Keluarga yang Memukau untuk Hari Pernikahan

0
10072
busana adat jawa
Seragam Keluarga sesuai sentuhan adat - Pengantin Ayu dan Djodi. Foto oleh Yuliano Photography. Dok. Majalah Mahligai

HARI pernikahan bukan cuma milik kedua mempelai yang berbahagia saja. Acara istimewa ini seklaligus menjadi hajat bagi kedua pihak keluarga mempelai. Sehingga, amat penting membuat tampilan seluruh anggota keluarga tak kalah istimewanya seperti kedua mempelai. Jadi, bila kamu sudah berhasil menemukan busana pengantin impian, jangan lupa pikirkan pula bagaimana model seragam yang cocok untuk anggota keluarga.

Tren mengenakan seragam pernikahan untuk keluarga ini memang sangat lazim di Indonesia. Selain berfungsi untuk menandakan siapa saja anggota keluarga sang pemangku hajat, seragam pernikahan ini tentu akan membuat penampilan keluarga terlihat lebih kompak saat hari pernikahan.

Biasanya seragam keluarga akan dikenakan oleh anggota keluarga inti dari kedua mempelai. Namun tak menutup kemungkinan pula anggota lain seperti saudara sepupu calon mempelai atau oom dan tante turut mengenakan seragam pernikahan. Intinya itu semua tergantung dari keputusan keluarga yang menggelar hajat.

Sebagai inspirasi berikut ini kami tampilkan beberapa contoh busana yang cocok untuk seragam keluarga di hari pernikahan.

1. Setelan Jas dan Gaun Modern

sandra dewi dan keluarga
Ilustrasi Pengantin Sandra Dewi dan Keluarga – Instagram | sandradewi88

Jika konsep pesta pernikahan Internasional adalah pilihanmu, maka seragam setelan jas dan gaun modern adalah pilihan yang pas. Kamu bisa menyeragamkan gaun pengantin dari segi warna, model, atau keduanya untuk anggota keluarga perempuan. Sementara untuk setelan jas bisa diseragamkan melalui aksesori seperti dasi, kemeja, atau boutonniere.

Sebagai contoh, kamu bisa mensontek busana seragam yang dikenakan oleh anggota keluarga saat pernikahan Dewi Sandra. Warna biru yang dikenakakan oleh anggota keluarga mengikuti tema Cinderella yang diusung. Sementara untuk model masing-masing tampil dengan model berbeda.

2. Busana Adat

busana adat jawa
Seragam Keluarga sesuai sentuhan adat – Pengantin Ayu dan Djodi. Foto oleh Yuliano Photography. Dok. Majalah Mahligai

Meskipun tema pernikahan Internasional kian digandrungi, pesta pernikahan bernuansa adat masih jadi pilihan untuk calon pengantin di Indonesia. Nah, jika tema adat ini juga pilihanmu maka busana untuk anggota keluarga pun perlu menyesuaikan sesuai tema yang diusung. Bagi calon pengantin yang akan mengusung tema adat Jawa misalnya, maka tampilan kebaya untuk anggota perempuan dan beskap untuk anggota laki-laki adalah pilihan yang tepat.

3. Sentuhan Batik

busana batik nasional
Seragam Bernuansa Batik – Instagram | seragampernikahan

Sentuju ya kalau batik itu terkesan timeless dan ‘nggak ada matinya‘. Batik tetap cocokĀ  dikenakan baik untuk acara nonformal maupun acara formal seperti pesta pernikahan. Kabar baiknya lagi kain batik ini bisa didapatkan dengan harga terjangkau. Kamu bisa memadu madankan batik sebagai bawahan atau atasan seragam pernikahan keluarga. Tinggal pilih saja motif dan warna batik yang sesuai dengan tema pernikahan. Maka seragam pernikahan keluarga yang menawan pun bisa kamu dapatkan!

4. Padu Padan Seragam Pernikahan Keluarga

seragam pernikahan keluarga
Ilustrasi – Instagram | martasputo

Sebenarnya seragam pernikahan tidak mesti harus ditunjukan melalui busana saja ya. Jika sekiranya seragam keluarga tidak memungkinkan diwujudkan, kamu bisa menyiasati dengan memberikan satu statement seperti aksesori yang senada. Misalnya saja aksesori mahkota bunga dan corsages, boutonniere, atau rangkaian bunga tangan yang senada. Niscaya tampilan memukau anggota keluarga pun akan mencuri perhatian tamu undangan.

Baca Artikel Ini : Tips Memilih Busana Keluarga untuk Hari Pernikahan

INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY