Kenali Fakta Ini Untuk Perawatan Kaki yang Maksimal

0
189
Tips Kaki Mulus dan Sehat
Ilustrasi - Pixabay

KAKI menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting dalam menunjang penampilan. Kaki yang cantik tentu akan membuatmu tampil lebih percaya diri. Apalagi di hari pernikahan, di mana kamu ingin tampak sempurna dari ujung rambut hingga ujung kaki. Karena itu, perawatan kaki wajib berada dalam urutan treatment yang dilakukan menjelang hari istimewa.

Mungkin kamu tipikal perempuan yang gemar menggunakan heels, atau sering berdiri dalam waktu yang lama, sehingga kerap menemukan masalah kesehatan pada kakimu, seperti kapalan, pecah-pecah, hingga bau kaki. Nah, agar perawatan yang dilakukan lebih maksimal, ketahuilah beberapa fakta menarik tentang kaki yang mungkin belum pernah terpikir sebelumnya.

Jenis Sepatu yang Paling Berbahaya untuk Kesehatan Kaki

Banyak orang mengetahui efek buruk dari penggunaan flat shoes atau heels, namun sebenarnya sepatu yang paling berbahaya bagi kesehatan kaki adalah sepatu yang berujung lancip. Ya, ketika menggunakan sepatu meruncing pada bagian depan, ibu jari dipaksa menempel dengan jari lain. Kondisi yang tidak normal tersebut dapat menimbulkan benjolan, memar pada bagian jempol, iritasi dan membuatmu menjadi sulit berjalan. Selain itu, kondisi tersebut juga dapat memicu pergeseran tulang kaki, kelainan bentuk jari bahkan memar di bagian bawah kuku karena jari kaki terus tertekan.

Nah, dari pada memilih sepatu dengan ujung yang meruncing, lebih baik pilih sepatu yang memiliki ruas area jari lebar dengan tinggi hal yang tidak lebih dari 5 cm.

Kaki Bisa Menjadi Indikator Kesehatan Tubuh

Faktanya, beberapa penyakit berat seperti stroke, jantung, ataupun diabetes dapat diketahui melalui kondisi kaki. Jadi, kamu harus waspada jika terjadi perubahan pada kakimu. Misalnya, jika secara tiba-tiba kakimu tampak kering dan terdapat luka yang sulit disembuhkan itu bisa menjadi tanda penyakit diabetes, atau bila tiba-tiba bulu kaki rontok dan kulit kaki terasa tipis, karena bisa menjadi indikasi kamu terkena penyakit arteri perifer. Kondisi tersebut dapat membatasi asupan oksigen dalam darah yang harusnya dialurkan menuju organ tubuh.

Kaki Memiliki Kelenjar Keringat Paling Banyak Dibandingkan Bagian Tubuh Lain

Fakta ini menjadi jawaban atas masalah bau kaki yang kerap dialami banyak orang, tidak hanya orang dewasa, tetapi juga anak-anak. Ya, kaki memiliki jumlah kelenjar keringat lebih banyak dibanding bagian tubuh lainnya, yakni sekitar 500.000 kelenjar. Karena itu, jumlah keringat yang dikeluarkan di area itu dapat mencapai setengah liter per hari.

Agar kesehatan kaki selalu terjada, gunakanlah produk alas kaki berkualitas baik, jaga kelembapan dengan melakukan perawatan rutin, gosok kaki secara rutin agar tidak terjadi kapalan atau pecah-pecah yang berkepanjangan. Ini merupakan langkah penting agar kamu terhindar dari bau kaki.

Baca Artikel Ini: Jangan Sampai Kaki Kapalan Merusak Penampilanmu. Begini Cara Mengatasinya!

ELSA FATURAHMAH | TR

LEAVE A REPLY