Kiat Sukses Menjadikan Kulit Cantik dan Terhindar dari Penuaan Dini

0
1346
Kiat Sukses Menjadikan Kulit Cantik dan Terhindar dari Penuaan Dini
Ilustrasi - Freepik

SETIAP wanita pasti ingin selalu memiliki kulit yang sehat, elastis dan tampak bercahaya. Akan tetapi polusi, paparan sinar matahari, gaya hidup yang tidak sehat serta stress, lambat laun membuat kulit kehilangan keremajaannya. Untuk itu kulit memang butuh perawatan, baik dari dalam maupun dari luar. Perawatan dari dalam bisa berupa vitamin untuk kulit. Dan, yang paling utama adalah asupan makanan yang kita konsumsi. Para ahli kecantikan mengatakan, asupan makanan yang tepat untuk kesehatan kulit berdampak besar pada penampilan keseluruhan.

Air Putih

Mungkin kebanyakan dari kita sudah memahami bila paling sedikit, kita harus mengkonsumsi air putih sebanyak 2 liter sehari. Namun, banyak dari kita yang kerap tidak menggubrisnya. Padahal, 80% tubuh kita sendiri terdiri dari air, lho. Mengkonsumsi air putih berfungsi memperbaiki sel-sel kulit yang rusak dan melembabkan kulit yang berada di lapisan dalam.

Buah-buahan

Kandungan vitamin pada buah memang memiliki manfaat berarti bagi kulit. Misalnya saja jeruk. Kandungan vitamin C yang ada pada jeruk berperan sebagai anti oksidan untuk melindungi kulit dari kerutan dan penuaan dini akibat pengaruh buruk radikal bebas. Vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit hingga elastis.
Buah lain yang tak kalah bermanfaat adalah semangka yang 99% kandungannya adalah air. Betakaroten dalam semangka berperan sebagai antioksidan yang kuat jika dibanding dengan vitamin C dan E dalam memerangi radikal bebas. Lycopene yang dimilikinya juga berfungsi sebagai penepis sinar UV yang mampu mengurangi resiko kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari hingga 40%.

Konsumsi Ikan

Ikan memiliki kandungan omega 3 yang kaya. Nah, dari beberapa ikan, ikan salmonlah yang yang kaya akan lemak tak jenuh Omega 3. Selain menjaga kesehatan jantung, omega 3 juga juga dapat membantu melindungi kulit dari paparan sinar UV dan polusi. Eicosapentaenoic acid atau EPA yang ada di dalam asam omega 3 mampu menghadang produksi enzim yang memakan kolagen kulit. Jadi ketika setiap kali kulit Anda terpapar sinar UV, EPAlah yang akan memperbaiki jaringan kulit yang rusak. Selain itu, protein yang dimiliki ikan-ikan ini dapat membantu mereproduksi sel dan membuat kulit terlihat semakin bercahaya.

Bangun Pagi

Cahaya matahari pagi yang hangat sangat penting untuk tubuhmu. Sinar mentari pagi kaya akan vintamin D yang baik, tidak hanya untuk pertumbuhan dan kekuatan tulang tapi juga menjaga kesehatan kulitmu, karena matahari pagi tidak mengandung sinar ultraviolet yang bisa memicu kanker kulit.
Akan tetapi, berjemur di atas pukul 09.00, sinar UV justru berbahaya bagi kulit. Hal ini dikarenakan ketiga jenis sinar UV A, B, dan C yang terdapat dalam sinar matahari akan merusak membran sel kulitmu dan mengakibatkan kulit merah serta terbakar.

Minyak Zaitun

Zaitun merupakan sumber Oleic Acid, asam lemak yang dapat mengenyalkan kulit dan melindungi elastin kulit dari kerusakan. Sehingga dapat membantu kulit tetap lentur dan mengurangi tampilan garis-garis halus. Pengaplikasian minyak zaitun ini dapat digunakan langsung pada tubuh sebagai pelembab.
Pilihlah minyak zaitun Extra Virgin. Istilah tersebut biasanya dicantumkan dalam produk minyak zaitun yang dijual di pasaran. Minya zaitun ekstra virgin ini tingkat keasamannya tidak melebihi 1%, sehingga memiliki tingkat keamanan yang baik.

Olahraga

Olahraga dapat membantu mengeluarkan racun dan radikal bebas yang menyebabkan keriput dan flek dari dalam tubuh dengan sirkulasi darah yang baik, distribusi nutrisi untuk kulit dapat dengan maksimal diserap oleh kulitmu. Selain itu, berolahraga dapat merangsang produksi kolagen dalam kulitmu. Kolagen adalah zat pengisi sel kulit yang membuat kulit menjadi kenyal dan kencang. Produksi kolagen dapat dipacu dengan melakukan olahraga rutin karena sel kulit akan mendapatkan oksigen dan distribusi nutrisi yang baik sehingga kulitmu akan bercahaya.

Yoghurt

Yoghurt sebagai varian produk susu yang diasamkan, mengandung beraneka vitamin yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Yoghurt plain (tanpa rasa) dapat dimanfaatkan bagi kecantikan. Yoghurt bersifat antimikroba dengan kandungan asamnya seperti asam asetat dan hydrogen peroksida. Hal ini dapat mencegah infeksi kuman pada kulit. Yoghurt mengandung vitamin B-compleks, seperti (riboflavin) penting dalam pemeliharaan kesehatan bibir. Sementara vitamin B3 (Niasin dan Niasiamida) membantu mempertahankan kekebalan kulit sehingga kulit tidak mudah sakit.
ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here