Lima Bahan Alami Ini Ampuh untuk Merawat Kecantikan

0
501
irisan lemon
Ilustrasi Irisan Lemon - pixabay

BAGI wanita merawat kecantikan ialah hal yang penting untuk dilakukan. Terlebih saat menghadapi hari paling bersejarah – pernikahan. Sebagai sang ratu sehari, kamu tentu ingin tampil cantik maksimal bukan?

Zaman sekarang, untuk melakukan perawatan tersebut tentu tergolong sangat mudah. Kamu hanya perlu mendatangi salon, untuk kemudian melakukan serangkaian treatment from head to toe.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan perawata kecantikan dengan bahan alami dan meramunya sendiri di rumah. Meskipun terkesan merepotkan, merawat kecantikan dengan bahan alami justru cenderung lebih aman bagi tubuh. Tertarik mencoba?

1. Madu : Si Manis Pembasmi Ketombe Rambut

madu
Madu – pixabay

Sifat antibakteri dan antijamur pada madu ternyata bisa dimanfaat untuk membasmi tumbuhnya jamur pada kulit kepala seperti ketombe. Sebuah studi yang dilakukan oleh European Journal of Medical Research pada tahun 2001.

Mereka melakukan percobaan dengan mengecerkan madu pada air hangat, lalu mengaplikasikan pada bagian rambut yang berketombe. Hasilnya, ketombe dan gatal-gatal pada rambut pun hilang. Para pasien pun mengaku tidak mengalami ketombe bahkan setelah enam bulan penggunaan.

2. Bedak Dingin untuk Perawatan Kulit

Bagi masyarakat perkotaan, bedak dingin mungkin terdengar asing, namun tidak demikian dalam keseharian wanita yang tinggal di wilayah pedesaan. Sejak dahulu kala, bedak dingin dikenal memiliki banyak khasiat untuk perawatan kecantikan. Mulai dari menghilangkan jerawat, hingga menghilangkan flek hitam pada kulit wajah.

Bahkan sebuah penelitian mengungkapkan bahwa bedak dingin mengandung amilosa, amilopektik, hydrazalided amylum dan asam kojik yang terbukti dapat memutihkan kulit. Tak heran, jika bedak dingin digunakan sebagai bahan perawatan kulit sebelum hari pernikahan.

Bedak dingin sendiri terdiri dari bahan alami seperti pinang muda yang berkhasiat sebagai antioksidan dan tabir surya, irisan daun pandan yang memberi efek menenangkan, dan kunyit yang membantu mengurangi jewarat karena berfungsi meredakan infeksi pada kulit.

3. Ramuan Kopi untuk Merawat keindahan kaki

Suvenir Pernikahan Kopi
Ilustrasi kopi – Pixabay

Kopi ternyata juga bukan hanya nikmat saat diseruput sedikit demi sedikit sampai habis. Minuman berkafein ini menyimpan segudang manfaat untuk kecantikan, salah satunya adalah merawat keindahan kaki. Kamu bisa menggunakan ramuan berbahan ampas kopi, garam, baby oil dan ekstrak vanila.

Cara membuatnya, tambahkan garam secukupnya ke dalam campuran ampas kopi, baby oil, dan 3-4 tetes ekstrak vanila. Kemudian semua bahan diaduk sampai merata. Diamkan bahan terlebih dahulu, simpan di lemari es agar tahan lama. Gosokkan pada bagian kaki yang kasar dengan batu apung dan jangan lupa oleskan lotion setelah perawatan.

4. Minyak Kelapa untuk Obat Jerawat

Ilustrasi Minyak Kelapa
Ilustrasi Minyak Kelapa – pixabay

Minyak kelapa merupakan hasil olahan dari santan kelapa yang dipanaskan hingga menghasilkan minyak. Bahan alami ini ternyata bagus untuk kulit terutama sebagai minyak pijat untuk kulit kering ataupun permasalah kulit lainnya, seperti jerawat. Sebagai ‘obat’ jerawat, air kelapa dapat diaplikasikan sebagai berikut:

  • 25 gr pasta kunyit dicampur segelas air kelapa dan biarkan semalaman
  • Tambahkan 3 sendok teh bubuk cendana merah
  • Aduk-aduk bahan tersebut, kemudian simpan selama 3 hari
  • Setelah itu, saring dengan tiga lapis kain kasa, simpan dalam botol
  • Gunakanlah dengan cara dioleskan pada wajah dua kali sehari hingga jerawat hilang.

5. Irisan Lemon untuk Hilangkan Komedo

Kandungan asam alpha-hydroxi yang terdapat pada lemon dipercaya sangat baik untuk menghilangkan komedo pada wajah. Aplikasikan irisan lemon dengan menggosokan pada bagian wajah yang berkomedo. Diamkan selama 5 hingga 8 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

Kamu bisa mencampurkan tetesan madu pada permukaan lemon untuk hasil maksimal. Selain bermanfaat menghilangkan komedo, lemon juga baik untuk menghilangkan noda jerawat.(*)

 

Teks. The Wedding’s Team

 

LEAVE A REPLY