Lima Tanda Kulitmu Mengalami Iritasi Karena Produk Kecantikan

0
1363
Lima Tanda Kulitmu Mengalami Iritasi Karena Produk Kecantikan
Ilustrasi - Freepik

BEBERAPA waktu menjelang pernikahan biasanya diisi dengan beragam perawatan yang diharapkan memberikan dampak yang baik untuk tubuh dan kulitmu. Tidak hanya perawatan di salon, beberapa orang bahkan rela mengeluarkan dana lebih untuk membeli produk-produk kecantikan untuk ritual harian di rumah.
Sayangnya, tidak ada yang dapat menjamin apakah semua produk yang ada di pasaran cocok untuk kulitmu atau tidak. Merek apapun yang kamu pilih, mungkin saja mengandung bahan yang dapat menyebabkan iritasi dan mengancam kesehatan kulitmu. Oleh karena itu kamu harus menyadari beberapa hal yang menandakan kulitmu teriritasi. Semakin cepat kamu menyadarinya, semakin cepat kamu mendapatkan penanganan. Jangan sampai kamu malah tampil buruk di hari pernikahan hanya karena iritasi wajah yang harus kamu alami.

Timbul jerawat

Minyak berlebih bisa menjadi penyebab timbulnya jerawat di wajah. Hal ini bisa dipicu karena penggunaan produk kecantikan yang tidak tepat. Nah, jika semakin lama jumlah jerawat semakin banyak dan tidak wajar, itu bisa jadi sebuah tanda kalau wajahmu telah teriritasi.

Wajah kemerahan

Biasanya, wajah akan memerah ketika teriritasi oleh produk kecantikan. Selain itu, kulit juga menjadi lebih sensitif dan rentan gatal. Tanda kemerahan di wajah tersebut bisa jadi berkumpul di satu titik atau juga bisa menyebar di permukaan wajah lainnya. Kamu harus segera konsultasi ke dokter jika tanda kemerahannya semakin banyak, ya.

Wajah terasa terbakar

Perasaan seperti kulit terbakar juga merupakan tanda-tanda iritasi kulit, loh. Hal tersebut bisa jadi dikarenakan produk kecantikan yang digunakan tidak bekerja dengan baik. Jika merasakan hal demikian, ada baiknya kamu segera menghentikan pemakaian produk agar tidak terjadi sesuatu yang lebih parah, seperti radang dan infeksi. Jangan lupa untuk berkonsultasi untuk penangan lebih lanjut.

Gatat-gatal

Bukan tidak mungkin jika kulitmu merasa gatal setelah memakai kosmetik atau produk kecantikan. Ini merupakan tanda ketidakcocokan kulitmu dengan produk yang digunakan. Meski terdengar sepele, rasa gatal yang terus-menerus terjadi jika digaruk akan membuat trauma kulit dan luka yang membekas.

Kulit wajah mengelupas

Biasanya, saat kamu melakukan eksfoliasi terlalu keras atau berlebihan, kulit wajah menjadi terkelupas. Kamu juga mungkin akan merasa wajah seperti tertarik atau bahkan menjadi berkerut karena mengalami dehidrasi. Bukannya menjadi lebih bercahaya setelah eksfoliasi, kulitmu malah akan tampak kusam karena kering. Lebih baik kamu memilih produk eksfoliator yang memiliki butiran halus. Pastikan juga kamu mengusap kulitmu dengan lembut saat melakukan eksfoliasi.
Baca Artikel Ini: Ritual Ini akan Menjadikan Kulitmu Cerah Bersinar di Hari Pernikahan
ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here