Now Smell These!

0
861

Boleh saja saat Anda mencium parfum yang digunakan seseorang langsung berniat untuk membeli merek yang sama. Namun hati-hati, jangan sampai kecewa bila menemukan parfum tersebut ternyata tidak sesuai dengan keinginan saat Anda gunakan. Sebab pada dasarnya, parfum yang berbau wangi pada seseorang belum tentu memiliki wangi yang sama pula pada orang lain.

Agar Anda tidak terlanjur kecewa, mungkin beberapa hal di bawah ini dapat diperhatikan saat berbelanja parfum.

UNTUK MENDAPATKAN KEHARUMAN yang maksimal, semprotkan parfum pada bagian urat nadi. Karena bagian ini memancarkan kehangatan dan paling dekat dengan permukaan kulitJANGAN TERBURU-BURU langsung membeli parfum yang Anda coba pada kulit, karena lama-kelamaan keharumannya akan berubah karena bercampur dengan minyak alami yang diproduksi tubuh. Pada dasarnya, parfum memiliki tiga note yaitu  top notes, middle notes, dan base note. Saat Anda menyemprotkan parfum, keharuman yang Anda cium adalah top notes. Tunggulah sekitar tiga puluh menit hingga base note tercium. Base note inilah yang merupakan karakter asli parfum tersebut.BERDASARKAN KADAR ESSENCE yang dikandung, minyak wangi dibagi menjadi perfume, eau de perfume, eau de toilette,dan eau de cologne. Di antara empat jenis tersebut, perfume memiliki kadar essence yang paling tinggi dan tentunya memiliki harga yang lebih mahal dan tahan lama.BERBELANJA PARFUM, paling tepat saat sore hari kala indra penciuman seseorang berada di puncak.JANGAN MENGGUNAKAN minyak wangi apapun ketika Anda hendak berbelanja parfum dengan keharuman berbeda.

 Lantas, berdasarkan kaharuman aromanya, parfum dapat dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain:

FRESH & SWEET
Sering disebut green scent. Keharumannya sangat ringan hingga sangat cocok dipilih bagi mereka yang sporty dan tidak terlalu suka menggunakan parfum secara berlebih. Jenis parfum ini biasanya memiliki kaharuman rumput, teh, kayu, maupun daun mint.

Bvgari Aqua Pour Homme 100mlIssey Miyake L’eau D’issey Pour Homme 200ml 

RICH & WARM
Kerap dikategorikan pada oriental fragrance. Keharumannya kaya akan aroma rempah-rempah yang kuat. Jenis parfum ini paling cepat digunakan saat malam hari.

MILD & WOODSY
Jenis keharuman yang paling sering ditemui pada parfum pria. Perpaduan keharuman kayu dengan sandalwood, patchouli menghadirkan keharuman yang maskulin.

Bvlgari Omni Green Jade 65mlIssey Miyake L’eau D’issey Pour Home Intense 125 ml

CLASSIC & ROMANTIC
Keharuman wangi bunga adalah ekspresi dari sisi feminim seseorang. Keharuman itulah yang mendominasi jenis parfum ini baik wewangian satu jenis bunga maupun perpaduan beberapa jenis. Bila jenis parfum ini yang Anda pilih untuk pernikahan, sebaiknya pilih keharuman bunga peony, freesia bila pernikahan Anda diselenggarakan pada siang hari. Sedangkan pada malam hari, pilih keharuman bunga gardenia, magnolia, atau jasmine.

Bruberry Brit Sheer 100 mlLanvin Jeanne 50 mlSalvatore Ferragamo Tuscan Soul 75 ml

Tips
Meskipun ada beberapa jenis keharuman, jangan bingung memilih parfum yang akan digunakan saat hari bahagia Anda. Kami membagi tipsnya untuk Anda:

Pertama, lihat tema pesta. Misalnya tema yang dipilih adalah girly atau romantic, di mana bunga terlihat di mana-mana, rasanya paling tepat bila menggunakan parfum beraroma bunga.Kedua, waktu pelaksanaan pesta.Pikirkan efek keharuman parfum tersebut pada Anda. Aromachologist percaya bila keharuman dapat memberikan efek tertentu pada mood seseorang. Misalnya, keharuman bunga melati dan bunga putih lainnya akan membuat seseorang terasa rileks. Sedangkan bunga lavender memberikan efek tenang dan wewangian sitrus dapat menekan hormon stres.Terakhir namun amat penting, tanyakan pendapat pasangan Anda, apakah ia juga menyukai keharuman parfum yang Anda pilih, karena ia adalah orang paling lama dan paling dekat berada di samping Anda.

TEXT. THERESIA TRIOMEGANI
PHOTOGRAPHS. ANDRI CIPTO UTOMO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here