Panduan Memilih Hijab untuk Pengantin Muslimah

0
1036
Instagram/ shellaalaztha

TAMPIL cantik mengenakan hijab di hari pernikahan menjadi impian yang lumrah bagi para calon pengantin wanita. Namun, ternyata banyak diantara mereka yang masih bingung menentukan bahan hijab yang terkesan mewah dan pas dipadukan dengan berbagai aksesori. Ya, salah memilih bisa membuat pengantin tidak nyaman bahkan membuat penampilan menjadi mudah berantakan. Berikut tips menentukan hijab yang dapat kamu kenakan di hari istimewa tanpa perlu khawatir mengganggu penampilan.

Ringan dan Tidak Terlalu Tebal

Pilihlah bahan yang memiliki tekstur ringan dan tidak terlalu tebal agar tidak berat dan gerah ketika dikenakan. Bahan yang ringan juga memungkinkan udara untuk dapat keluar masuk dengan mudah sehingga kulit kepala dan rambut tetap terasa segar meski tertutup hijab. Pilih juga bahan yang mudah menyerap keringat, ya.

Tidak Transparan

Bagi wanita berhijab, rambut merupakan mahkota yang tidak boleh diperlihatkan oleh orang lain yang bukan muhrim, sehingga sangat penting untuk memilih bahan hijab yang tidak transparan. Bahan yang ringan bukan berarti transparan, lho.

Lembut

Hal lain yang perlu dipertimbangankan adalah memilih bahan hijab yang lembut, tidak licin dan tidak kasar. Hijab yang lembut tentu akan membuat penggunanya merasa nyaman.

Pertimbangkan Motif

Jika kamu menginginkan hijab yang memiliki beberapa motif, pilihlah motif yang sama pada dua sisi ujung hijabnya, agar memudahkan ketika dikreasikan dengan model-model tertentu.

Hijab Pengantin Muslimah
Pixabay

Rekomendasi Bahan Hijab

Ada banyak bahan yang dapat dipilih untuk hijab sehari-hari, namun untuk hari istimewa, pilihlah bahan terbaik yang akan membuatmu tampil cantik dan nyaman. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa menjadi pilihan:

Baca Artikel Ini: Inspirasi Gaun Pengantin dari Selebriti Indonesia yang Berhijab

Sifon atau Chiffon

Jenis kerudung ini terbuat dari bahan dasar sutra, kapas dan serat sintesis. Ciri-ciri bahan ini memiliki sifat yang licin, tipis dan panas, sehingga kamu perlu menggunakan ciput berbahan kaos yang adem, Kelebihannya, bahan ini sangat ringan dan mudah dimodifikasi ke berbagai bentuk. Bahan sifon dapat memberikan kesan elegan pada pemakainya.

Hycon

Bahan ini mirip dengan dengan sifon namun lebih lembut dan tidak terlalu licin. Hycon memiliki serat kain yang lebih rapat dibanding kain paris kw1, lebih halus, bahannya pun jatuh dan tidak mengembang.

Spandek

Terbuat dari unsur non alami, bahan spandek sangat halus, lembut dan nyaman, namun harganya relatif mahal. Beberapa kain bahan spandek ada yang mengkilap namun semuanya sangat elastis dan mudah untuk dikreasikan. Hijab dengan bahan spandek yang berkualitas mampu menyerap keringan dengan baik, sehingga akan sangat nyaman dikenakan meski saat cuaca panas.

Jersey

Ini merupakan jenis kain catton strech yang halus dan lebih tebal dari spandek rayon. Kainnya fleksibel, elastis, ringan dan tidak berbulu, sehingga sangat nyaman.Sangat cocok untuk kamu yang berwajah tirus karena akan membuat penggunanya terlihat lebnih berisi.

Hijab Pengantin Muslimah
Pinterest/ Bored Panda; Pinterest/ Irma AD

Pilihan Aksesori untuk Hijab Pengantin

Bros

Bros merupakan aksesori yang kerap dikenakan sebagai pelengkap aksesori hijab. Ada berbagai bentuk dan ukuran yang dapat kamu pilih, mulai dari yang sederhana hingga yang unik. Pilihan warnanya pun bisa dipilih sesuai dengan gaun pengantinmu.

Bros sendiri ada yang terbuat dari besi, manik-manik, mutiara dan dalain-lain. Bentuknya ada yang menjuntai atau menyerupai anting. Ada pula bros berantai dengan dua peniti di setiap sisinya. Nah, untuk acara pernikahan, biasanya dipilih bros berukuran besar yang terbuat dari kristal dengan warna yang selaras dengan gaun atau kebaya yang dikenakan.

Mahkota

Dengan mahkota, kamu yang berhijab tetap bisa tampil bak ratu sehari. Kamu bisa memilih mahkota yang terbuat dari besi atau bunga.

Tulle

Tulle (netting) merupakan kain yang berbentuk seperti jaring. Kain tulle bisa digunakan sebagai hiasan ataupun lapisan luar hijab. Tulle akan bisa menjadi pilihan untuk modifikasi hijab yang lebih mewah dan elegan di hari pernikahan.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY