Tips Perawatan Rambut Untuk Wanita Berhijab

0
446
Perawatan Rambut Wanita Berhijab
Instagram/ dianpelangi

SAAT ini semakin banyak perempuan muslim menggunakan hijab. Selain karena merupakan kewajiban, hijab juga tengah menjadi trend bagi sebagaian orang. Dengan menggunakan hijab, beberapa orang juga berpikir tidak perlu direpotkan dengan urusan rambut dan tidak khawatir rambut menjadi rusak karena paparan sinar matahari. Kamu yang berhijab, tentu merasakan praktisnya pergi beraktivitas tanpa harus memikir gaya rambut, atau menghabiskan banyak produk penataan rambut yang dapat merusak kesehatan rambut, bukan?

Ya, mesti orang lain tidak melihat rambutmu, namun kamu harus memikirkan bagaimana penampilan rambutmu di depan suami. Dengan rambut yang sehat dan terawat, akan membuat penampilan lebih sempurna di mata pasangan. Namun, ada yang belum aware dengan hal ini dan mengabaikan perawatan rambut. Padahal, meski menggunakan hijab, ada hal yang perlu dikhawatirkan, lho.

Faktanya, perempuan hijab sering mengeluh mengalami rambut lepek, bau, berketombe, dan rontok. Itu semua memang merupakan masalah pokok wanita berhijab. Gesekan hijab pada rambut dapat membuat kusut dan patah. Pemilihan bahan hijab yang salah juga dapat membuat kulit kepala gampang berkeringat dan berujung pada masalah ketombe. Agar masalah tersebut tak menjadi masalahmu, simak tips perawatan rambut di bawah ini, ya!

Sisir Rambut Sebelum Mandi dan Keramas

Sangatlah penting untuk meluruskan rambut yang kusut sebelum mandi, karena kamu tentu terbiasa mengikat rambut saat menggunakan hijab. Pilihlah sisir jenis wide-tooth comb yang bergigi jarang dan lebar berbentuk pipih. Rutin menyisir rambut sebelum mandi juga akan menghindari kerontokan rambut dan masalah rambut lepek. Selain itu, menyisir rambut juga sangat baik untuk merangsang sirkulasi darah ke kulit kepala.

Hair Mask

Masker rambut memiliki kandungan vitamin dan moisturizer yang sangat bermanfaat untuk menyehatkan rambut. Atau kamu juga dapat menggunakan beberapa jenis minyak alami sebagai bahan masker rambut, misalnya minyak almond, minyak zaitun atau minyak kelapa. Salah satu penyanyi berhijab tanah air, Fatin Shidqia Lubis mengatakan jika dirinya rutin menggunakan minyak kelapa untuk perawatan rambutnya.

“Aku suka pakai minyak kelapa untuk melembutkan rambut aku. Karena dulu aku pernah melakukan rebonding, jadi minyak kelapa bermanfaat juga untuk repairing rambut aku yang pernah rusak,” ujarnya seusai mengisi sebuah acara di Jakarta, Senin (31/7).

Perawatan Rambut Wanita Berhijab
Instagram/ fatin30

Gunakan Sampo Khusus Kulit Kepala Sensitif atau Sampo Khusus Wanita Berhijab

Rambut berhijab cenderung lembab dan berminyak. Dengan menggunakan sampo yang tepat, rambutmu akan tetap terawat dan terhindar dari kerusakan. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner agar rambutmu senantiasa ternutrisi dengan baik.

Pastikan Rambut Kering Sebelum Mengenakan Hijab

Jangan mengikat rambut dan memakai hijab ketika rambut dalam keadaan basah. Ya, rambut basah akan lebih sensitif dan sangat rentan terhadap kerusakan. Rambut basah yang diikat juga dapat menyebabkan ketombe. Meski begitu, menggunakan pencatok rambut atau hair dryer juga tidak dianjurkan, lho. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak waktu, gunakan pengering rambut namun dalam suhu yang rendah.

Sesekali Biarkan Rambutmu “Bernafas”

Mengenakan hijab seharian dengan keadaan rambut terikat akan membuat rambutmu kelelahan. Jadi, sediakan waktu untuk menggerai rambut saat di rumah atau di dalam kamar. Bila perlu lakukan pijatan ringan sesaat setelah melepas ikat rambut untuk melancarkan peredaran darah.

Jangan Ikat Rambut Terlalu kencang

Untuk menjaga rambut tetap rapi dan tidak keluar dari sela hijab, beberapa wanita mengikat rambutnya sangat kencang. Padahal hal tersebut dapat menyebabkan rambut menjadi rontok. Jadi hindari mengikat rambut terlalu erat dan ubahlah belahan rambut dari waktu ke waktu agar garis tepi rambutmu tidak menipis karena kerontokan.

Konsumsi Makanan Kaya Asam Amino dan Protein

Rambut sehat menandakan tubuh yang sehat pula. Karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi makanan bernutrisi, terutama sumber makanan kaya protein dan zat besi, misalnya bayam, telur, dan salmon.

Teratur Memotong Rambut

Memotong rambut 4 – 6 minggu sekali sangat dianjurkan untuk menghilangkan ujung rambut yang kering dan bercabang. Hal ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambutmu.

Memilih Bahan Hijab yang Tepat

Sebagai hijabers, kamu harus paham mengenai kain apa yang cocok untuk dijadikan hijab. Bila perlu, gunakanlah bahan yang terbuat dari serat alami yang ringan. Dengan begitu rambut dapat bernafas dengan baik, misalnya kain katun atau sifon.

Baca Artikel Ini: Panduan Memilih Hijab untuk Pengantin Muslimah

Namun, jika kamu lebih menyukai bahan sintetis, seperti nilon dan polyester, gunakanlah underscarf agar rambut terlindungi dari gesekan yang dapat menyebabkan kusut, patah dan rontok.

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY