Tujuh Fakta Menarik Tentang Cheongsam yang Mengagumkan

0
10325
Inspirasi Qipao dan Cheongsam - Pernikahan Tionghoa
Instagram/ ekotjandra

CHEONGSAM atau qipao bukanlah sebuah hal yang asing bagi kamu para calon pengantin yang akan menjalankan prosesi pernikahan Tionghoa. Ternyata, 5.000 tahun terakhir melihat banyak perubahan pada siluetnya, namun tetap, statusnya tetap dipertahankan sebagai pakaian tradisional wanita Tiongkok.
Pernahkah kamu bertanya-tanya bagaimana cheongsam diciptakan? Bagaimana nenek moyang Tiongkok menciptakan desain awalnya? Mengapa kebanyakan qipao dipakai saat pernikahan dengan warna tertentu? Inilah daftar jawaban atas pertanyaan tentang qipao di atas:
Baca Artikel Ini: Tampil Elegan dengan Gaun Pengantin Bergaya Cheongsam

Asal-Usul

Dulu, seorang nelayan muda merasa terhalang oleh gaunnya yang panjang dan longgar, dan harus mencari cara untuk membuat pakaiannya lebih sesuai. Ia pun memodifikasi gaunnya menjadi lebih praktis namun tetap feminin. Gaun yang ia modifikasi inilah yang menjadi qipao pertama.
Konon, nelayan tersebut akhirnya dinikahi oleh seorang kaisar muda yang kemudian membuat desain pakaiannya menjadi terkenal di kalangan atas. Desain pakaiannya pun banyak ditiru oleh wanita di seluruh kekaisaran.

Tampilannya Dipengaruhi Budaya Barat

Pada tahun 1911, Tiongkok berada di bawah pengaruh ideologi dan pembebasan Barat. Qipao kemudian mengalami perubahan besar. Gaun tersebut dibuat dengan sutra dan iikat di sisi kanan menggunakan kancing mutiara berwarna gelap. Modifikasi ini memastikan bahwa qipao memenuhi keinginan wanita yang ingin mengenakan pakaian tradisional namun tetap tampil modern.

Qipao Pernah Dijadikan sebagai Simbol Perlawanan

Qipao sangat populer, terutama selama rezim komunis di tahun 1950an. Jadi pada saat itu, pemerintah rezim tersebut membatasi cara berpakaian agar seragam. Di Hong Kong, sebuah pulau kecil di selatan daratan, wanita masih terus memakai qipao. Mereka tidak hanya memperjuangkan hak mereka untuk mengenakan apapun yang mereka sukai, tapi juga melakukan protes atas pengekangan yang dilakukan rezim.  Jadi, pada masa itu, qipao tidak hanya sekadar bagian dari fesyen, tapi juga merupakan bentuk pernyataan politik.

Ada Dua Jenis Qipao

Qipao memiliki dua gaya utama yang berasal dari dua kota utama Tiongkok, yakni Beijing dan Shangjai. Gaun yang berasal dari Shanghai memasukka lebih banyak pengaruh Barat, seperti kerah turnaround dan V-neck. Ada juga qipao dengan ruffle collars, ruffle sleeves dan slit sleeves. Versi Shanghai dari qipao jauh lebih modern daripada rekannya di Beijing. Baik Dinasti Ming dan Qing memengaruhi gaya qipao Beijing. Pilihan warnanya lebih dominan ke warna merah dan hijau, seperti tradisi wanita China Utara.

Mengapa Warna Merah?

Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa warna merah identic dengan budaya Tiongkok? Di Barat, merah mungkin memiliki arti negative karena berhubungan dengan emosi kemarahan, dan karena itu digunakan untuk menunjukkan bahaya.
Di Tiongkok, merah selalu istimewa karena melambangkan antusiasme, keberuntungan dan semangat. Warna merah cuja menggambarkan keadaan yang ceria dan terang, sehingga dijadikan lambang kebahagiaan dalam kehidupan. Dalam Bahasa Cina, warna merah disebut hong dan bunyinya kedengaran seperti ong atau bertuah. Karena itu, masyarakat Tiongkok percaya warna ini akan membawa tuah jika dipakai pada setiap acara perayaan istimewa, seperti pernikahan atau tahun baru Imlek.

Qipao Biasa Digunakan untuk Acara Istimewa

Para pengantin Peranakan (keturunan Tiongkok) kerap menggunakan gaun qipao untuk acara-acara khusus seperti pernikahan. Beberapa memilih untuk memakai qipao dengan ukiran naga berwarna merah dan emas, atau bordir bunga.

Ada Banyak Pilihan Qipao untuk Pengantin Masa Kini

Banyak pengantin yang terus memakai qipao selama pernikahan mereka, untuk memberi hormat pada budaya dan tradisi mereka. Namun, dengan teknologi yang ada saat ini, para wanita bisa menemukan banyak inspirasi desain qipao yang sesuai dengan kepribadiannya.


ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here