Bride To Be, Sudahkah Kalian Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Ini?

0
502
Pemeriksaan Kesehatan Perempuan
Ilustrasi perempuan kosultasi kesehatan dengan dokter. Foto: Freepik

Pentingnya pergi ke dokter untuk mengecek kesehatan masih sering diabaikan oleh masyarakat Indonesia. Padahal ada baiknya kamu memeriksakan dirimu ke dokter sedini mungkin untuk mencegah penyakit yang tidak diinginkan.
Nah, berikut adalah tes-tes kesehatan yang harus kamu lakukan sebagai seorang wanita.

Pap Smear

Apabila kamu sudah berusia 21 tahun ke atas maka kamu wajib melakukan tes ini. Pada tes ini, dokter akan mengambil sampel dari jaringan rahim kamu untuk di tes guna mengetahui apakah adanya sel kanker atau tidak.
Pap smear ini penting karena dokter jadi bisa mendeteksi kanker serviks sejak dini sehingga peluang pencegahan dan sembuh menjadi lebih besar. Dianjurkan bagi para wanita untuk menjalani tes ini setiap enam bulan sekali. Untuk pencegahan, kamu juga bisa mendapatkan vaksin HPV untuk mencegah kanker serviks.

Mammogram

Begitu kamu menginjak umur belasan tahun dan jaringan payudara mu sudah berkembang,
maka kamu sudah bisa melakukan pemeriksaan sendiri di payudara mu dengan memperhatikan apakah adanya perubahan bentuk, atau meraba bagian payudara untuk mengecek ada tidaknya benjolan.
Nah, mammogram ini bisa kamu jalankan idealnya setelah umur mu menginjak 40 tahun keatas.Dengan menggunakan mesin dan sinar X, tes ini bisa mendeteksi adanya jaringan yang memiliki kemungkinan untuk berkembang jadi kanker.

Medical Check Up

Medical Check Up adalah pemeriksaan secara menyeluruh yang biasanya meliputi tekanan darah, kolesterol, dan gula darah yang bisa membantu kamu untuk mendeteksi penyakit sejak dini, misalnya penyakit jantung, atau diabetes.
Pemeriksaan ini biasa dianjurkan untuk dilakukan setiap enam bulan sekali, dan sangat disarankan bila kamu memiliki faktor resiko.

Tes kesehatan kulit

Tes ini juga sangat penting loh! Apalagi mengingat Indonesia adalah negara tropis yang terpapar sinar matahari sepanjang tahun. Tes ini bertujuan untuk mendeteksi adanya kemungkinan kanker kulit sedini mungkin agar bisa ditangani segera dari awal.
Contohnya, melanoma yang merupakan kanker kulit ganas dan kurang bisa terdeteksi oleh masyarakat karena bentuknya yang biasanya seperti tahi lalat.
Itulah tes-tes kesehatan yang sangat disarankan untuk dilakukan oleh kaum wanita. Ingat, lebih baik mencegah daripada mengobati ya!
Baca juga :Olahraga Mudah dan Singkat Untuk Calon Pengantin Super Sibuk
Penulis: Mellisa Veronica

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here