Tips Tetap Bugar dengan Berolahraga Saat Berpuasa

0
2402
Young woman engaged in sports while listening to music. Take a resting and drinking water.

PUASA kerap kali menjadi alasan bagi sebagian orang untuk mengurangi aktifitas, termasuk meninggalkan rutinitas olahraga. Padahal olahraga tetap diperlukan oleh tubuh meskipun dalam kondisi berpuasa.
Hal tersebut pun diutarakan oleh Dinda Utami, pakar sekaligus pelatif fitness bersertifikat saat ditemui di acara Ramadan Soiree yang diselenggarakan oleh Nurtura, klinik kecantikan dengan konsep One-Stop and Lifestyle Experience.
Menurut Dinda, salah satu hal yang memberatkan saat berpuasa adalah karena tubuh tidak diberi asupan mineral yang cukup. Itulah sebabnya mengapa olahraga di bulan puasa terasa lebih berat. “Sebenarnya bulan puasa hanya menghilangkan makan siang saja. Namun yang berat memang karena kita nggak minum,” ujar Dinda.
Oleh karena itu ibu dari dua anak ini membagikan tips membuat tubuh tetap bugar meskipun dalam keadaan berpuasa.

talkshow
Talkshow di acara Ramadan Soiree – Dok. Tim Muara Bagdja

Mengurangi Intensitas Olahraga

Saat berpuasa tubuh memang kekurangan energi terutama akibat perubahan pola makan. Namun kita tetap bisa menyiasatinya dengan cara mengurangi durasi intensitas olahraga. “Untuk durasi olahraga bisa dikurangi intensitasnya. Misalnya yang biasa empat set kalau tidak puasa, ketika puasa bisa jadi tiga set.”
Sementara untuk jenis olahraga sendiri, tidak ada jenis olahraga yang pantang dilakukan saat berpuasa. Hanya saja, Dinda menyarankan untuk melakukan jenis olahraga yang lebih ringan seperti jalan pagi.

Waktu Terbaik Olahraga

Jika di bulan lain waktu olahraga biasa dilaksanakan saat pagi hari. Namun, saat menjalankan ibadah puasa waktu olahraga ideal adalah saat sore hari. Terutama berolahraga beberapa waktu sebelum azan Magrib. Sehingga saat tubuh lelah dan haus bisa tak perlu menunggu waktu lama sampai berbuka puasa.
Menurut Dinda, tak ada patokan waktu khusus untuk berolahraga saat berpuasa. Asalkan bisa disesuaikan dengan rutinitas olahraga tiap orang.

Membiasakan Cara Makan

Selain tetap rutin berolahraga, mengatur kebiasan saat makan juga tetap perlu diperhatikan untuk menajaga tubuh tetap bugar selama puasa.  Misalnya makan dengan tenang, mengunyah sebanyak 36 kali, dan makan tanpa ada halangan. “Makan tidak sembari mengobrol atau menonton, karena kebiasaan buruk tersebut tanpa sadar membuat sinyal kenyang tubuh akan hilang,” tutup Dinda. (*)
 
Intan Widiastuti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here