Apakah Dia Jodoh yang Tepat Untukmu? Simak Tips Berikut Ini!

0
1089

Memilih pasangan hidup bukanlah hal mudah dan memerlukan banyak pertimbangan agar bisa berjalan langgeng dan bahagia. Memilih pasangan hidup harus secara objektif, tidak boleh mengagung-agungkan cinta sebelum menikah. Sebab, banyak pasangan yang tadinya dimabuk asmara sebelum menikah, dan akhirnya bercerai setelah menikah. Tentu kamu tidak ingin semua itu terjadi, bukan?

Berikut ada beberapa tips jitu untuk menemukan belajahan jiwa yang tepat menurut Family and Relationship Coach, Diany Pranata, yang ditulis dalam bukunya yang berjudul Filosofi Kue Pancong.

Tentukan Kriteria Calon Pasangan

Orang seperti apa yang bisa membuatmu bahagia dan mencintainya hingga maut memisahkan? Pertanyaan penting ini harus kamu jawab dengan serius. Tentukan kriteria calon pasangan se-detail mungkin. Misalnya ingin yang seagama, yang lebih pintar dari kamu, pekerja keras, ingin dapat yang gemuk biar bisa dipeluk, dan lain sebagainya.

Nah, ketika kamu akhirnya menemukan seseorang yang istimewa, lihat kembali kriteria yang telah kamu buat sebelumnya. Nilai dia seobjektif mungkin. Lalu bagaimana jika ada hal yang ternyata tidak sesuai kriteria? Pikirkan lagi, apakah kamu akan bisa menerima hal tersebut untuk selama-lamanya? Jika ada hal krusial yang tidak bisa kamu terima, maka putuskan hubunganmu sedini mungkin.

Kenali Pasanganmu, Kemudian Belajarlah Mencintainya

Kenali pasanganmu, tidak hanya tentang kelebihan yang dia miliki, tapi juga kekurangannya. Ketika kamu sudah mengetahui semua itu dan bisa menerimanya, kemudian belajarlah untuk mencintainya. Jangan berhenti pada jatuh cinta, tetapi bangunlah cinta.

Berdoa dan Minta Pendapat Tuhan

Tips ini ditujukan untuk kamu yang percaya akan keterlibatan Tuhan dalam takdir hidupmu. Jangan sampai kamu menjadi orang yang akhirnya menyalahkan Tuhan atas terjadinya perceraian, “Perceraian ini sudah jadi takdir yang ditetapkan Tuhan”. Padahal ketika memulaipun tidak pernah melibatkan Tuhan.

Kalau kamu berdoa dan melibatkan Tuhan dalam memilih jodoh, maka kamu akan percaya bahwa pasanganmu merupakan jodoh terbaik yang telah diberikan Tuhan kepadamu. Karena itu, kamu akan lebih termotivasi untuk mempertahankan keutuhan rumah tanggamu kelak.

Jangan Berlebihan Saat Pacaran

Pacaran merupakan ajang di mana kamu bisa mengenal calon pendamping hidupmu dengan lebih dalam. Namun, kamu harus hati-hati. Jangan sampai terjebak dengan nafsu sesaat dan akhirnya terjatuh dalam lubang kesuraman.

Masalah yang kini kerap terjadi pada pasangan yang berpacaran adalah kehamilan di luar nikah. Menurut Diany Pranata, yang juga seorang Wedding Organizer, banyak kliennya yang menikah karena “kecelakaan” tidak memiliki kehidupan rumah tangga yang bahagia. Ya, pernikahan yang dipaksakan seperti itu cenderung berisiko, dibanding pernikahan berdasarkan cinta dan pertimbangan.

Bangun Mimpi Bersama

A dream is a wish your heart makes. Coba ajak pasanganmu untuk bermimpi membangun rumah tangga yang langgeng dan bahagia. Lihat apakah dia memimpikan hal yang sama denganmu. Dari situ kamu bisa menilai, apakah dia benar-benar serius denganmu atau tidak. Kamu juga bisa menggali apa visi misinya untuk membangun keluarga denganmu.

Baca Artikel Ini: Lima Tips Rumah Tangga Langgeng dan Bahagia Ala Diany Pranata

ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY