Nah! 5 Kebiasaan Positif Ini Oke Dipupuk Selama Masa Pertunangan

0
206
Foto: growingself

Sudah bertunangan? Nah, oke banget jika kamu berdua mulai melakukan kebiasaan-kebiasaan positif dalam perkawinan ini selama masa pertunangan. Seperti…

Siapa bilang kalau sebelum jalani bahtera perkawinan kita tak bisa latihan untuk bersikap positif layaknya seorang suami dan seorang istri?
Justru momen detik-detik sebelum perkawinan berlangsung adalah saat yang tepat untuk mengalami hal tersebut. Tentu saja bersikap positif ini memang positif adanya. Apalagi masa pertunangan biasanya masa ketegangan demi ketegangan menyongsong hari H terjadi.

Berikut beberapa kebiasaan positif pasangan suami-istri yang bisa dilakukan sebelum peresmiannya:

#1  Sering Komunikasi
Kalau menurut Jenn Sinrich dari Wedding Wire, komunikasi adalah kunci dari kebiasaan perkawinan yang sehat. Ngobrol dengan pasangan memang penting, tapi melakukannya sesering mungkin jauh lebih penting. Jika kita nggak lagi berhubungan satu sama lain, secara tak sadar itu jadi benih perasaan terluka yang bisa tumbuh jadi masalah di kemudian hari. Jelas Laurel House, ahli kencan dan hubungan romansa Man Whisperer.

 

Baca juga: Ini Dia 5 Jurus Berkomunikasi yang Efektif dengan Pasangan

 

#2  Jaga Kebersihan
Apa hubungannya jaga kebersihan dengan kebiasaan sehat pasutri nantinya? Kuat hubungannya! Ya, jika kamu atau salah satu diantara kamu masih suka asal, meninggalkan rambut-rambut rontok di perabotan kamar mandi atau bekas-bekas rambut cukuran, duh, hati-hati, karena itu bisa memicu pertengkaran kalian berdua. Usahakan untuk mengubah kebiasaan-kebiasaan nggak oke biar bisa matching!

Foto: absfly

 

#3  Belajar Mendengar
Kamu suka ngomong terus? Mulai belajar mendengarkan. Atau si dia alias pasangan yang suka ngomong terus? Belajar mendengarkan juga. Itu termasuk siap-sedia saat pasangan bilang kalau dirinya sedang nggak mood sepulang kantor, saatnya menyediakan air hangat untuknya mandi atau menyediakan segelas minuman kesukaannya. Setelah itu semua dilakukan, tetap … belajar mendengarkan.

 

#4  Kecup dan Peluk Tiap Kali Bilang ‘Halo’ dan ‘Sampai nanti’
Percaya-nggak percaya, sentuhan fisik adalah penghubung emosional yang tepat untuk mengingatkan momen kebersamaan kamu berdua. Dengan sering-seringnya saling menyentuh pasangan, maka kamu berdua pasti ingin lebih sering saling sentuh demi rasakan momen berdua, apapun kondisinya. Begitu sentuhan berkurang, duh, sulitnya!

Baca juga: Ternyata Ini 5 Alasan Kenapa Calon Mempelai Wajib Ikut Konseling Pranikah

 

#5  Punya Kegiatan Lain di Luar Hubungan Perkawinan
Sekali lagi, percaya-nggak percaya, kepribadian individual jadi komponen paling penting suksesnya hubungan asmara dengan pasangan. “Jika kamu nggak terlalu bersemangat dengan karier, cari profesi lain, atau buru pekerjaan sampingan, dan jadilah sukarelawan aktifitas sosial yang bisa menginspirasi dan menyemangati diri kamu,” jelas Laurel House.

Poin ke-5 sangat penting karena kamu punya sisi individual tersendiri yang menjadi sarana ekspresi diri agar tak semata-mata stuck dengan kehidupan perkawinan. Plus, menghindari rasa bosan dan monoton. Tapi hati-hati juga dengan porsinya. Jangan sampai porsinya menghabiskan waktu berkualitas kamu dan pasangan!

 

 

Penulis: Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here