10 Kiat Memilih Vendor Pernikahan Terbaik untuk Hari Istimewamu

0
2360
vendor pernikahan
Dok Adam & Caya/ Axioo

ADA begitu banyak vendor pernikahan yang ada di muka bumi ini. Saking banyaknya, calon pengantin justru dibuat bingung untuk memilih vendor pernikahan terbaik. Belum lagi jika para vendor tersebut berlomba-lomba menawarkan pelayanan maksimal demi menggaet hati calon pelanggan.
Untuk itu, jangan terlalu terburu-buru saat memilih vendor. Untuk membantumu memilih vendor yang tepat, simak dahulu 10 kiat memilih vendor pernikahan untuk mewujudkan hari bahagiamu.

1. Lakukan Research Terhadap Calon Vendor

Ada begitu banyak vendor pernikahan yang tersedia.Kamu bisa menemukan mereka melalui internet, referensi teman, atau pameran pernikahan. Untuk kebutuhan tertentu seperti dekorasi atau catering, pilihlah vendor lokal. Selain menghemat bujet, vendor lokal tentu akan lebih memudahkan saat merencanakan hari bahagiamu nanti.

2. Cari Portfolio Calon Vendor

Pernikahan Cheline dan Bob - Inspirasi Pernikahan
Ilustrasi dekorasi pernikahan – Dok. Cheline dan Bob/ Morden.co

Portofolio merupakan bukti awal bahwa calon vendor memiliki kapasitas yang mumpuni untuk melayani customer sebelumnya. Portfolio calon vendor ini juga menjadi langkah paling mudah untuk menemukan vendor pernikahan yang tepat. Kamu bisa melakukan research melalui media sosial atau website pernikahan soal hasil karya dari vendor pernikahan. Jika kamu jatuh cinta pada hasil pekerjaan mereka, maka jangan ragu untuk menjajaki lebih lanjut calon vendor incaranmu tersebut.

3. Pilih Vendor yang Sesuai Bujet

Jangan membuang waktumu dengan memilih vendor dengan harga yang amat jauh dari bujet yang disiapkan. Kamu dan pasangan tentu ingin seluruh kebutuhan pesta tetap dalam budget yang telah disiapkan. Untuk itu, tetaplah berpedoman pada bujet yang dimiliki saat memilih vendor pernikahan untuk menemukan ‘deal’ terbaik.

4. Profil Perusahaan yang Meyakinkan

Berita buruk di media massa tentang penipuan yang dilakukan oleh vendor pernikahan kepada calon pengantin bukan hanya sekali-dua kali pernah terjadi. Nah, itulah pentingnya memilih vendor pernikahan dengan kredibilitas yang baik. Tak masalah bila kamu tidak memilih vendor pernikahan yang terkenal. Namun setidaknya, pilihlah vendor dengan rekam jejak perusahaan yang baik.
Cari tahu seputar profil perusahaan baik melalui referensi orang lain atau melalui internet. Bila profil perusahaan terlihat meyakinkan dan benar-benar menunjukkan siapa dan apa mereka, berati kamu perlu menghubungi lebih lanjut calon vendor tersebut.

5. Lihat Ulasan atau Review Pekerjaan Calon Vendor

Manfaatkan Teknologi untuk Hari Pernikahanmu
Ilustrasi

Testimoni merupakan bukti otentik pelayanan dari calon vendor yang hendak kamu pilih. Terlebih di era digital saat ini, ulasan atau review jujur seputar calon vendor bisa mudah ditemukan dari para pengantin. Bahkan, kamu bisa pula menanyakan kepada pengantin yang pernah memakai jasa mereka melalui media sosial atau forum online.

6. Kecocokan saat Berkomunikasi

Bukan cuma kamu dan pasangan saja yang membutuhkan kecocokan berkomunikasi. Kamu dan calon vendor pun perlu membangun komunikasi yang baik dengan mereka. Setelah melakukan sederet riset tentang vendor incaran, segeralah membuat janji untuk bertemu mereka.
Perhatikan kesan pertamamu pada vendor pernikahan tersebut saat kali pertama bertemu. Bagaimana cara mereka bekerja, bagaimana pengalaman mereka menangani pesta pernikahan, dan lain sebagainya. Jika sekirannya komunikasi kamu dan vendor sudah terasa klop maka akan lebih mudah selanjutnya untuk mewujudkan pesta yang kamu inginkan.

7. Respon Cepat

Respon yang cepat dari calon vendor menjadi pertanda bahwa mereka niat untuk menangani pernikahanmu. Mungkin calon vendor memiliki jam operasional tertentu, akan tetapi jika mereka menanggapi dengan sigap pertanyaan yang diajukan dengan cepat dan memuaskan, ini bisa jadi pertanda baik bahwa mereka adalah calon vendor yang kamu cari.

8. Lakukan Negosiasi Harga

vendor
Ilustrasi bertemu vendor – freepik

Jika sekiranya komunikasi dengan vendor sudah berjalan dengan baik, maka kamu bisa melakukan negosiasi untuk memeroleh ‘deal’ terbaik dari vendor tersebut. Meskipun, tugas ini bisa dikatakan terkesan agak tricky. Dilansir dari Marthastewart.com, kamu bisa bernegoisasi dengan melakukan research terlebih dahulu standar harga dari vendor lainnya. Jangan ragu meminta diskon khusus atau beberapa layanan tambahan dari mereka. Pastikan bahwa  bahwa negosiasi ini tetap tidak mnenyinggung kedua belah pihak.

9.  Bersedia Melakukan Percobaan

Khusus calon vendor tertentu seperti makeup artist atau catering pernikahan nampaknya portfolio berupa hasil foto-foto saja tak cukup meyakinkan untuk memastikan pelayanan mereka ya?
Untuk itu, dalam mencari vendor makeup artist pastikan bahwa mereka terbuka dan bersedia jika kamu ingin melakukan makeup trial. Begitu juga dengan calon vendor catering. Biasanya, penyedia pelayanan catering dapat sediakan sampel makanan secukupnya, maka kamu akan tahu kualitas rasa yang akan diberikan.

10. Pahami Perjanjian Kontrak

Jika sekiranya kamu sudah sreg dengan vendor tersebut, ini saatnya untuk penandatanganan kontrak perjanjikan. Baca dan perhatikan perjanjian kontrak dengan vendor. Pastikan kamu memahami tiap poin yang tercantum dalam kontrak dan menanyakan kepada vendor poin yang belum jelas. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here