Bingung Memilih Hari Pernikahan? Jauhi Waktu-Waktu Ini

0
3771
Tanggal Pernikahan
Ilustrasi Istimewa

MEMILIH hari baik untuk menikah tidak bisa asal comot, sebab penentuan hari baik pernikahan harus sesuai kesepakatan kedua belah pihak keluarga masing-masing pasangan. Para orang tua atau orang yang dituakan di keluarga, selalu memiliki perhitungan khusus dalam menentukan hari pernikahan. Mereka biasanya menghitung berdasarkan tanggal, bulan, dan tahun kelahiran masing-masing pengantin, baru kemudian dicarikan hari baik dan tanggal pernikahan.
Selain itu, ada juga yang menentukan hari pernikahan sesuai dengan hari jadian pasangan sehingga terkesan sentimentil. Bagi orang muslim, hari baik untuk menikah adalah dilakukan dalam bulan Syawal dan selama bulan haji atau bulan Dzulhijjah. Sementara dalam kepercayaan masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta, mereka berpantang untuk menggelar pernikahan dalam bulan Suro atau Muharram karena diyakini akan membawa sial bagi pasangan.
Pada dasarnya semua hari adalah baik untuk menggelar pernikahan. Namun karena pernikahan merupakan acara yang sakral, penentuan bulan, hari dan tanggal baik pernikahan dipercaya bakal membawa banyak kebaikan bagi pasangan pengantin. Meski demikian, ada juga yang menghindari pernikahan di hari tertentu karena dikuatirkan tamu undangan yang hadir di acara resepsi menjadi sepi.
Berikut ini adalah hari yang dihindari untuk menyelenggarakan pernikahan :
Akhir Pekan yang Panjang
Jangan mengadakan pernikahan bertepatan dengan akhir pekan yang panjang. Biasanya banyak tamu undangan yang tidak bisa hadir dan lebih memilih untuk berlibur panjang bersama dengan keluarga mereka.
Tanggal Penting Personal
Hindari menggelar pernikahan yang bertepatan dengan tanggal pernikahan anggota keluarga, seperti menentukan pernikahan yang bertepatan dengan ulang tahun ayah atau ibu masing-masing pasangan. Namun tidak ada salahnya untuk melakukan konfirmasi apakah tidak ada masalah bila menggelar pernikahan di tanggal tersebut.
Hari Besar Agama
Jangan pula mengadakan resepsi pernikahan bertepatan dengan hari besar agama tertentu, seperti Hari Lebaran, Hari Natal, Hari Waisak, Sebab para tamu undangan biasanya akan memilih untuk merayakan hari besar agamanya masing-masing bersama keluarga besar sesuai tradisi turun temurun.
Yang jelas penentuan hari baik menikah juga harus menyesuaikan dengan faktor kesiapan dari gedung pernikahan. Daftarkan sesegera mungkin untuk bisa mendapatkan gedung lebih cepat jangan sampai mepet-mepet hari pernikahan.*
Happy Wedding Couples!
 
Nur Halimah/AL
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here