Cara Agar Pengantin Pria Terlibat Menyiapkan Pesta Pernikahan

0
734
Ilustrasi - freepik

WAHAI kaum pria sejauh mana sih kalian terlibat dalam persiapan pesta pernikahan? Jangan sampai kalian berpikir bahwa peran pria hanya sebatas membiaya pesta dan membelikan mahar saja ya!

Meskipun kita sudah hidup di zaman modern, namun hingga kini urusan persiapan pesta pernikahan seolah hanya ‘wilayah teritorial’ wanita saja. Padahal baik wanita dan pria sama-sama memiliki peran untuk menyiapkan hari istimewa ini.

Kami memahami bahwa sebagai wanita pun kalian amat antusias dengan segala persiapan pesta yang menyenangkan namun juga merepotkan ini. Namun di sisi lain, wanita tentu ingin dan senang bila tunangannya mau terlibat dan membantu menyiapkan pesta pernikahan.

Nah, bagi para wanita berikut ini kami berikan tips agar pria-mu mau terlibat menyiapkan pesta pernikahan.

1. Minta Saran dan Pendapatnya

konflik menjelang pernikahan - penyebab stres saat persiapan pernikahan
Ilustrasi – Freepik

Coba ingat kembali, apakah selama in kamu pernah meminta calon suami mu untuk membantu memilih tema pernikahan, warna dekorasi, atau mungkin benda suvenir pernikahan? Sebab bisa saja salah satu alasan kenapa pria tidak terlibat dalam persiapan pesta adalah karena kamu tidak pernah benar-benar mendengarkan idenya.

Cobalah untuk mulai melibatkan pria dengan meminta saran dan pendapat seputar detail pernikahan. Diskusikan terlebih dahulu hal-hal krusial seputar pesta pernikahan sebelum memutuskan sesuatu.

Ingat bahwa sejatinya pesta pernikahan adalah milik kalian berdua. Calon suamimu mungkin saja memiliki impian tersendiri seputar pesta pernikahannya kelak. Maka itu dengarkan ide dan pendapatnya agar dia semakin nyaman dan percaya diri sehingga mau terlibat dalam persiapan hari bahagia.

2. Percaya Pada Keahliannya

Jarak Usia Menikah - Jarak Usia Ideal
Ilustrasi – Freepik

Pasanganmu mungkin akan kebingungan saat ditanyai pendapat soal MUA terbaik pernikahan atau model gaun pengantin yang paling cocok untukmu. Namun, urusan pernikahan tentu bukan sebatas itu saja bukan? Masih banyak urusan persiapan pesta pernikahan lain yang bisa melibatkan calon suamimu.

Intinya berikanlah tugas menyiapkan pesta yang sesuai dengan keahliannya. Lalu percayakan urusan tersebut kepadanya. Jika tunanganmu seorang foodie misalnya, biarkan ia memilih catering dan varian hidangan pernikahan. Sedangkan bila penyuka musik, percayakan Ia untuk mengatur playlist pernikahanmu.

3. Saling Berbagi Tugas

gaun pengantin
Ilustrasi Gaun Pengantin – freepik

Berat sama dipikul, ringan sama dijinjing, demikianlah peribahasa yang paling tepat untuk menggambarkan tugas-tugas kedua mempelai. Agar persiapan pesta pernikahanmu semakin mudah lakukanlah pembagian tugas sejak awal. Berikut ini kami berikan contoh beberapa tugas dan peran pria dalam persiapan pesta pernikahan.

  1. Membeli cincin kawin.
  2. Menyusun bujet pernikahan.
  3. Ikut menentukan tema pernikahan.
  4. Membantu memilih venue.
  5. Memilih best man dan groomsman
  6. Mengatur bulan madu
  7. Buat daftar tamu.
  8. Memesan band.
  9. Mengurus surat dan akta nikah.
  10. Menyiapkan jas pernikahan.

Sudah jelas ya bagaimana cara melibatkan pria dalam menyiapkan pesta pernikahan? Setelah ini jangan biarkan tunanganmu mengatur persiapan pesta sendiri, bantulah Ia demi menghadirkan pesta pernikahan impian kalian berdua.

Baca Artikel Ini : Tugas dan Tanggung Jawab Pengantin Pria

Teks. The Wedding’s Team

LEAVE A REPLY