Ingin Menggelar Pesta Intimate? Begini Cara Berkompromi dengan Orangtua

0
1598
wedding
Ilustrasi - Instagram | thewineandco

TIDAK semua calon pengantin ingin pernikahan mereka digelar dengan pesta besar dan dihadiri banyak tamu undangan. Terkadang, pernikahan intimate yang hanya mengundang orang-orang terdekat saja justru menjadi pilihan. Apakah itu termasuk kamu salah satunya?
Saat ini pesta pernikahan berkonsep intimate memang tengah digandrungi. Entah itu dengan alasan penghematan atau menginginkan suasana yang lebih akrab, mereka memangkas daftar tamu undangan. Namun sayangnya mewujudkan pesta pernikahan intimate bukan perkara mudah. Apalagi jika mengacu pada tradisi di Indonesia yang lazimnya identik dengan hajatan besar.
Salah satu kendala yang kerap muncul adalah pihak keluarga terutama orangtua yang tidak menyetujui pesta pernikahan intimate. Memang sih ini adalah pernikahan kamu dan pasangan. Namun, keluarga tentu saja perlu andil dalam proses perencanaan hari bahagia ini. Oleh sebab itu, kami akan memberikan tips berkompromi dengan keluarga untuk menggelar pesta intimate.

Siapkan Alasan Kenapa Pesta Intimate adalah Pilihan Tepat

Sebelum menyampaikan keinginan ini kepada orangtua, mulailah dengan mendiskusikan kepada pasanganmu. Pikirkan secara matang apakah pesta pernikahan intimate adalah pilihan yang tepat.
Jangan lupa pula siapkan alasan kenapa kamu memilih konsep pernikahan kecil ini untuk disampaikan kepada orangtua. Misalnya karena ingin menghemat anggaran atau karena kalian ingin suasana yang lebih intim di hari bahagia. Yang terpenting, apapun alasannya ungkapkan secara jujur agar orangtua bisa memahamimu.

Diskusikan dengan Bijaksana 

Sampaikan kabar ini kepada orang tua dengan bahasa yang santun. Dengarkan pendapat mereka lalu kompromikan secara bijaksana. Sebab, tidak semua orang tua akan menyetujui konsep pesta pernikahan dengan sedikit tamu undangan ini. Jadi siapkan diri untuk menghadapi kemungkinan perdebatan argumen atau bahkan penolakan dari mereka. 

Jelaskan Spesifik Jumlah Undangan

Pesta pernikahan berkonsep intimate mungkin adalah hal baru bagi orangtua. Bisa jadi mereka tidak memahami bagaimana konsep pesta yang sebenarnya kamu inginkan. Oleh karena itu amat penting untuk menjelaskan secara spesifik kepada mereka.
Mulai dari konsep pernikahan hingga yang paling penting tamu undangan misalnya, berapa jumlah tamu undangan, siapa saja orang yang akan diundang dan tidak diundang. Dengan memberikan penjelasan yang detail kalian pun akan lebih mudah berdiskusi untuk mencari solusi terbaik.

Pikirkan Alternatif Lain

Salah satu kekhawatiran untuk menggelar pesta pernikahan intimate adalah menerima cibiran dari pihak-pihak yang tidak diundang. Untuk menyiasati hal itu, kamu bisa mengirimkan album mini yang dicustom dengan foro pernikahan untuk diberikan kepada keluarga yang tidak diundang. 
Cara lain kamu bisa membuat dua pesta pernikahan berbeda. Pesta pertama khusus kerabat dekat dengan konsep intimate, pesta kedua barulah pernikahan besar dengan tamu lebih banyak. Namun tentu saja dengan konsekuensi bahwa kamu harus mengeluarkan bujet yang besar. (*)

Baca Artikel Ini : Lima Mitos Seputar Pesta Pernikahan, Mana yang Kamu Percaya?
INTAN WIDIASTUTI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here