Jangan Keliru! Ini Serba-Serbi Sesungguhnya Dalam Prosesi Sangjit

0
7578
sangjit
Dok. Elsa

BAGI calon pengantin keturunan Tionghoa, sangjit merupakan prosesi pra pernikahan yang perlu dilakukan. Inti dari prosesi sangjit ialah penyerahan hantaran dari pihak keluarga pria kepada pihak keluarga wanita. Dalam prosesi sangjit juga dilakukan jamuan makan siang bersama dan ramah tamah antar kedua pihak keluarga.
Meskipun demikian, ada beberapa aturan prosesi yang sakral dan tidak boleh keliru dilakukan dalam tradisi ini. Apa saja? Mari kita simak bersama berdasarkan talkshow serba-serbi sangjit oleh Herlen, pemilik vendor spesialis Chinese wedding dalam acara Love in Diversity Wedding Exhibition 2017.

moon moon wedding gallery
Herlen dan Daniel Wibowo dalam Talkshow serba-serbi sangjit

Kapan Prosesi Sangjit Dilakukan ?

Sebenarnya, prosesi sangjit dilakukan tergantung dari keputusan kedua pihak keluarga. Namun, Herlen menyarankan agar melakukan prosesi sangjit dua minggu sebelum hari pernikahan tiba. Sementara untuk waktu pelaksanaan sangjit wajib dilakukan sebelum jam 12 siang. Artinya seluruh prosesi serah terima baki (hantaran) sudah harus rampung sebelum jam 12 siang.

Siapa Saja yang Harus Terlibat?

Selain kedua pihak keluarga dari calon mempelai wanita dan pria. Ada peraturan lain yang jarang diterapkan pada prosesi sangjit masa kini. Menurut Herlen, jika mengikuti tradisi Tionghoa yang sesungguhnya, calon pengantin pria tidak boleh datang dalam prosesi sangjit. “Setelah prosesi selesai, baru mempelai laki-laki dapat bergabung menikmati jamuan makan siang,” tutur Herlen. Sementara calon mempelai wanita, baru boleh mengikuti acara setelah baki diserahkan oleh pihak keluarga laki-laki.

Di mana Tempat Pelaksanaan Sangjit?

Meskipun saat ini calon pengantin lebih memilih restaurant atau hotel sebagai tempat pelaksanaan prosesi sangjit. Namun menurut tradisi, sangjit digelar di kediaman mempelai wanita. Sebagai solusi, Herlen menyarankan untuk menggelar prosesi serah terima baki di kediaman mempelai wanita, lalu melanjutkan jamuan makan siang bersama di restaurant atau hotel.

Apa Saja yang Perlu Disiapkan?

moon moon wedding gallery
Moon Moon Wedding Gallery – Dok. elsa

Karena ini merupakan prosesi penyerahan hantaran, maka sudah pasti pihak keluarga pria harus menyiapkan beberapa benda yang dijadikan hantaran baki. Yang paling penting jumlah atau isi hantaran baki tersebut harus berjumlah delapan, sesuai dengan simbol keberuntungan masyarakat Tionghoa.
Benda-benda /hantaran yang dibawa keluarga pria untuk keluarga wanita antara lain perhiasan, buah jeruk sebagai lambang kemakmuran, dan juga barang lain sesuai kesepatakan. Pemilihan warna benda hantaran atau kemasan sebaiknya ialah merah atau pink.
Selain itu, keluarga mempelai pria juga memberikan uang susu dan uang lamar yang masing-masing dimasukkan pada amplop merah. Menurut Herlen, paling tidak uang susu mengandung unsur delapan. Sementara untuk uang lamar, Helen menyarankan ada unsur sembilan.

Siapa Saja Pembawa Hantaran Baki ?

Siapkan dua tim pembawa hantaran baki dari pihak laki-laki dan perempuan. Pastikan orang yang membawa hantaran tersebut ialah orang yang dituakan sudah menikah. Pembawa baki baik pihak laki-laki maupun perempuan wajib diberikan angpao atau uang tanda terima kasih oleh orangtua mempelai. Ketentuannya ialah orangtua calon mempelai wanita memberikan angpao kepada pembawa baki pihak pria dan wanita.  Sementara orangtua calon mempelai pria hanya memberikan angpao kepada pembawa baki pihak pria saja.*
Baca artikel ini : Mengenal Tradisi Pernikahan Tionghoa Bersama Moon Moon Wedding Gallery
INTAN WIDIASTUTI | TR

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here