Benarkah Ini Waktu yang Tepat Untuk Tiba di Pesta Pernikahan?

0
3030
Foto: trbimg

Merasa suka grogi untuk datang ke pesta pernikahan alias resepsi? Alhasil seringkali ngaret jam tiba di resepsi sehingga harus kehilangan beberapa momen penting. Tapi aslinya, kapan waktu yang tepat untuk tiba di pesta pernikahan?
Menurut para ahli pernikahan, rata-rata mereka sepakat agar tamu undangan tiba di tempat resepsi 15 hingga 30 menit sebelum resepsi dimulai. Tentunya waktu patokannya berdasarkan jam yang tertera di undangan.
Jika datang lebih awal dari itu, kamu bisa jadi bakal berada di tengah-tengah keruwetan alur tamu yang datang. Sedangkan jika datang lebih lambat dari itu, bisa-bisa kamu bakal kehilangan rangkaian prosesinya.
Hadir 15 menit sebelum acara dimulai (sesuai undangan) terbilang cukup – tapi jika itu bukan pernikahan besar-besaran. Demikian menurut Anne Chertoff dari Wedding Wire. Karena jika pernikahan besar, pastinya kita ingin memastikan bisa mendapatkan kursi yang diingini dan di posisi yang tepat.
 
Baca juga:

Aduh! 20 Adegan Melamar Romantis Ini Bisa Buat Hati Meleleh (Part I)

 

Foto: theroyalcrestroom

Tentu saja, hal-hal yang tak diinginkan pastinya suka muncul dadakan sehingga kita seringkali jadi ngaret. Apalagi jika diadakan di kota besar, seperti Jakarta.
Faktor cuaca tak bisa dipungkiri andil bagian untuk diperhitungkan juga. Kita jelas juga tak bisa memegang prediksi cuaca dan kemacetan semuanya dalam genggaman.
Untuk itu, pasangan yang menikah dihimbau untuk memulai seremoni mereka 15 menit setelah waktu yang ada di undangan. Jaga-jaga agar tamu undangan – terutama tamu undangan penting – tak tergopoh-gopoh hadir.
Mendadak ingin ketemu mempelai
Untuk kamu yang hadir sebagai undangan, hadir lebih awal pun bisa jadi sangat menganggu. Apalagi jika kamu kepo banget dengan area venue yang sedang ditata atau mendadak ingin ketemu kedua mempelai sebelum seremoni dimulai. Duh, nggak banget, deh!
Baca juga: Keren! Tema Pernikahan Dunia Sihir Harry Potter Ini Bikin Takjub Mata
Ya, itu sangat menganggu sekali. Setidaknya itu masukan dari Brett Galley dari Hollywood Pop, yang sering kerja bareng para selebriti seperti Bon Jovi dan Diana Ross. “Karena kedua mempelai pastinya sedang bersiap-siap, diambil fotonya (oleh fotografer pernikahan) dan menjalani serangkaian acara prewed khusus.”
Bagaimana dengan di Indonesia?
Nyatanya cukup kompleks juga karena situasi agenda pernikahan di negeri ini bisa dibilang sedikit berbeda. “Di Indonesia, seseorang bisa dapat dua bahkan tiga undangan sekaligus di hari yang sama. Jadi kalau pesta A menjadi tujuan pertama, betul dia akan hadir 15 menit sebelum resepsi dimulai. Kalaupun ada yang hadir 30 menit sebelum resepsi pastinya ada, tapi sedikit. Tapi kalau pesta si A menjadi tujuan kedua, ya dia hadir sesudah resepsi dimulai,” jelas Diany Pranata, wedding expert sekaligus konsultan pernikahan dan keluarga yang sudah berpengalaman selama 18 tahun.
Oh ya, input buat kamu yang mau menikah, ada baiknya format resepsi yang dipilih adalah standing reception – sesuai kondisi di atas tadi.
Jadi, tiba di resepsi itu pas banget waktunya, ya… Jangan kepagian tapi juga jangan terlalu telat banget juga!*
Penulis : Orlando
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here