Mengatur Pengeluaran Biaya Pernikahan Anda

0
1137
Mengatur Biaya Penikahan
PHOTO: Courtesy of Bella Donna The Wedding Magazine

Pesta yang sempurna tentunya menjadi impian setiap calon pengantin. Menghadirkan sebuah peristiwa sekali seumur hidup sudah pasti membutuhkan persiapan yang matang agar tidak meleset dari rencana. Salah satu yang harus diperhatikan dengan matang adalah biaya. Lalu bagaimana mengatur pengeluaran biaya pernikahan agar semua kebutuhan pokok pesta pernikahan terpenuhi?
Mengatur biaya pernikahan memang gampang-gampang susah. Jangan khawatir karena Anda tidak perlu meminta pertolongan dari pakar keuangan untuk berkonsultasi akan hal ini karena dengan ketelitian maka Anda dapat mengaturnya sendiri. Anda harus tahu trik dalam mengatur keuangan untuk menghindari salah perhitungan.
Meskipun menentukan biaya pernikahan bukan merupakan hal utama yang harus Anda siapkan dalam pernikahan tetapi hal yang satu ini menjadi sangat penting karena ada keterikatan erat antara menghitung total bujet dengan semua item-item yang harus dipersiapkan untuk pernikhan.
Berikut ini adalah beberapa hal yang harus dipersiapkan menurut perhitungan bujet, agar Anda tidak salah perhitungan dan mengacaukan pikiran Anda di saat mendekati hari pernikahan.
KATERING
Ada keterikatan yang sangat erat antara jumlah orang yang diundang dengan perhitungan bujet karena dengan mengetahui jumlah orang yang akan diundang maka Anda bisa menghitung berapa jumlah biaya untuk makanan yang akan dipesan. Biaya makanan menempati sekitar 40% dari biaya secara keselurahan.
Biasanya pihak vendor katering akan menanyakan jumlah tamu yang diundang agar bisa membuat estimasi perhitungan biaya untuk pesta pernikahan Anda.
Baca Juga : Tips Memilih Wedding Organizer
DEKORASI
Dekorasi menempati posisi kedua dalam kebutuhan penting dalam pernikahan. Yang termasuk ke dalam bagian dekorasi adalah seluruh bagian yang harus didekor. Baik pelaminan, ruang resepsi, kamar pengantin, hingga tempat pemberkatan atau ijab kabul. Presentase dari biaya dekorasi sekitar 15-20% dari biaya keseluruhan.
BUSANA PENGANTIN
Setelah katering dan dekorasi, busana pengantin menempati urutan ketiga dalam kebutuhan pokok pernikahan. Busana pengantin berkaitan erat dengan semua yang akan dikenakan oleh pengantin mulai dari gaun pengantin, jas atau tuxedo, veil, aksesori, perhiasan, sepatu, makeup wajah hingga rambut. Presentase dari biaya busana pengantin adalah 10%.
TEMPAT RESEPSI PERNIKAHAN
Tempat resepsi pernikahan berada diurutan keempat. Tempat resepsi pernikahan misalnya apabila Anda menyewa gedung atau lokasi tertentu untuk menggelar acara resepsi pernikahan. Presentasi tempat resepsi pernikahan sekitar 9-10%.
DOKUMENTASI
Tak lengkap rasanya jika pernikahan tanpa adanya dokumentasi. Oleh karena itu sudah patutnya momen pernikahan Anda diabadikan sebagai memorabilia yang tak terlupakan bisa berupa foto atau video bahkan keduanya. Presentase untuk dokumentasi adalah 9-10%.
STATIONARY
Stationary bisa berupa undangan, kartu ucapan terima kasih, buku pemberkatan, buku tamu, atau segala yang berkaitan dengan peralatan tulis masuk pada kategori ini. Presentase untuk stationary dalam kebutuhan pokok pernikahan sekitar 5%.
KEBUTUHAN LAIN
Kebutuhan lain di sini yang dimaksud adalah biaya jasa wedding organizer, ijin-ijin, asuransi, transportasi, keamanan. Presentase untuk kebutuhan lain sekitar 5-10% dari biaya lima item pokok di atas.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here