Merebut Hati Calon Mertua Sejak Pertemuan Pertama

0
1084

BETAPA senangnya saat sang kekasih mengajakmu untuk bertemu dengan orangtuanya. Namun di sisi lain kamu mungkin merasa gugup dengan pertemuan pertama ini. Rasa khawatir dan takut tidak diterima oleh calon mertua mungkin akan menghinggapi pikiranmu.

Tapi tenang Fellas, tak semua mertua itu sosok menyeramkan dan jahat seperti yang ada di dalam drama Korea. Bahkan kamu bisa merebut hati mereka sejak pertemuan pertama. menjaga hubungan baik dengan keluarga pasangan juga penting dilakukan.

Kami akan memberikan beberapa tips apa saja yang perlu diperhatikan untuk bertemu orangtua pasangan kali pertama.

  1. Cari Tahu Tentang Calon mertua Dari pasanganmu.

Cobalah cari tahu tentang calon mertuamu kepada pasangan sebelum menemui mereka. Sedikit-banyak mungkin kamu sudah mengenal calon mertua melalui apa yang diceritakan oleh pasanganmu. Minimal kamu mengetahui apa saja hal-hal yang disukai dan tidak oleh mereka. Lalu jadikanlah cerita tersebut sebagai ‘modal awal’ untuk merebut hati calon mertua.

2. Bawakan hadiah untuk mereka

Pernah dengar cerita bahwa martabak menjadi kudapan wajib yang perlu dibawa saat berkunjung ke rumah calon mertua? Meskipun kamu tak mesti membawa martabak untuk merebut hati calon mertua, tapi setidaknya berikan hadiah yang mereka sukai.

Minta pendapat sang kekasih untuk memastikan kamu tidak salah membawa hadiah. Selain menjadi pertanda apresiasi, hadiah kecil ini juga bermanfaat untuk membuka obrolan pertama kali saat bertemu mereka.

“Tante, ini aku bawakan buket mawar, kata Dion tante suka sekali bunga mawar.”

3. Perhatikan Penampilanmu

Ungkapan don’t judge book by cover sebenarnya tak selalu benar. Penampilanmu justru sangat penting untuk membangun kesan pertama yang positif di mata calon mertuamu. Pastikan bahwa kamu berpakaian rapi dan sopan saat menemui mereka untuk kali pertama.

4. Mulai Obrolan dengan Membicarakan Topik Ringan

Hindari membicarakan isu-isu sensitif  yang bisa menyinggung mereka. Kamu bisa memulai obrolan atau sekadar basa-basi dengan topik ringan. Urusan yang satu ini mungkin agak sedikit tricky, namun kamu bisa meminta bantuan sang kekasih agar perbicangan diantara kalian tak berlangsung canggung.

Mulailah topik ringan kemacetan lalu lintas menuju rumah mereka, atau pertanyaan seputar kebiasaan masa kecil sang kekasih. Jika obrolan mengalir ringan, santai, bahkan memicu gurauan. Bisa jadi itu pertanda bahwa kamu mulai berhasil merebut hati calon mertua.

5. Jawab Pertanyaan dengan Bijak

Percayalah bahwa bukan hanya kamu yang penasaran dan ingin mengenal si calon mertua. Sebaliknya, mereka tentu ingin mengetahui lebih dalam seperti apa calon menantu pilihan anak mereka. Maka itu persiapkan dirimu saat diberondong pertanyaan oleh mereka. Jawab pertanyaan tersebut dengan jujur dan bijak. Terkadang, bertamu ke rumah calon mertua mungkin mirip dengan interview pekerjaan.

membantu calon mertua
Ilustrasi – freepik

6. Jangan Segan Membantu Mereka

Ungkapan tamu adalah raja memang benar adanya. Namun tak ada salahnya jika kamu secara sigap membantu tuan rumah saat menyiapkan masakan di dapur atau membereskan piring setelah acara makan malam. Cara ini merupakan simbol kepada mereka bahwa kamu mengapresiasi jamuan mereka dan ingin menjadi bagian dari keluarga. Siapa tahu upaya kecil ini bisa berdampak besar di hadapan calon mertua. Lagi pula sih calon mertua yang tak ingin miliki menantu rajin dan pandai mengurus tugas domestik?

7. Jangan Terlalu berlebihan

Segala sesuatu yag berlebihan tentu tidak baik. Pun dalam konteks mempersiapkan diri bertemu calon mertua untuk kali pertama. Yang terpenting bertindak sopan, rapih dan bertingkah dengan tidak dibuat-buat. Tak perlu khawatir jika pertemuan pertama kalian terasa canggung, percayalah bahwa seiring berjalannya waktu hubungan kamu dan calon mertua akan semakin baik. (*)

Baca Artikel Ini : Bagaimana Mendiskusikan Biaya Pernikahan dengan Keluarga

Intan widiastuti

LEAVE A REPLY