Ini Dia! 4 Jurus Pakai Motif Batik Saat Resepsi Pernikahan

0
3337
Foto: s0.bukalapak

Mengenakan batik saat resepsi pernikahan memang terbilang apik. Tapi sebenarnya memakai batik saat resepsi justru tak bisa sembarangan. Ada motif batik yang tak bisa dipakai saat acara tertentu. Misalnya?
Mengenakan batik memang membuat tampilan kamu jadi lebih istimewa dan tentu saja unik. Batik pun menjadi milik Indonesia seutuhnya setelah ditetapkan UNESCO sebagai warisan kemanusiaan sebagai budaya lisan dan non-bendawi terhitung sejak 2 Oktober 2009.
Akhirnya tiap 2 Oktober kini menjadi Hari Batik Nasional di negeri ini.
Tiap-tiap batik punya makna filosofis masing-masing. Jadi nggak semua jenis batik bisa digunakan saat pernikahan atau momen kondangan tertentu. Maklum ada motif batik yang melambangkan dukacita atau masa perkabungan.
Berikut beberapa jenis motif batik yang perlu diketahui:
 
#1  Batik Sido Jodho

Foto: ubatik.files.wordpress

Motif batik ini memang unik karena biasanya motif batik Sido Jodho berbentuk sayap burung atau kepakan sayap. Disebut ‘Sido Jodho’ karena dalam bahasa Jawa kalimat itu berarti ‘berjodoh’. Jadi nggak heran kalau motif batik ini lumrah dipakai saat momen prosesi lamaran atau tunangan.
 
#2  Batik Motif Jalu Mampang
Foto: jalubatik.com

Jika motif batik Sido Jodho melambangkan semangat perjodohan, nah, kalau motif batik satu ini melambangkan gairah hidup. Batik ini juga punya makna merestui sepasang pengantin menjalani kehidupan pengantin langgeng. Jadi memang oke banget pakai motif batik ini saat undangan pernikahan apapun!
 
Baca juga:

Keindahan Kain Batik dalam Koleksi Terbaru Adji Notonegoro

 
#3  Batik Motif Slobok

Foto: sp.beritasatu

Slobok? Ya, dalam bahasa Jawa ‘Slobok’ berarti ‘longgar’. Pastinya motif batik ini untuk melambangkan dukacita. Disebut ‘longgar’ karena maksudnya sebagai doa agar arwah yang meninggal diberikan kelonggaran, pengampunan agar tenang.
Motifnya sendiri biasa berbentuk geometris segitiga. Warna dasarnya lebih sering hitam atau coklat. Tentu saja, jangan sampai memakai batik bermotif ini untuk acara pernikahan!
Baca juga:

Batik dalam Tradisi Pernikahan Jawa

 
#4  Batik Motif Parang

Foto: produsenkainbatik.files.wordpress

Nah, kalau motif batik satu ini melambangkan kewibawaan dan kebijaksanaan. Maklum, batik motif parang dulunya sering digunakan para keluarga kerajaan. Parang sendiri adalah senjata khas Jawa yang melambangkan kehormatan. Batik motif parang paling banyak dikenal dan dipakai masyarakat. Jadi asyik saja jika batik motif ini dipakai ke pernikahan dan acara-acara penting lainnya.
 
 
Penulis: Orlando
 
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here