Ingin Momen Perkawinan Bebas-Plastik? Ini Caranya!

0
132
Foto: plasticpollutioncoalition.org

Tren bebas-plastik atau ramah lingkungan diusung Princess Eugenie atau Putri Eugenie saat menikah tempo hari. Ingin punya perkawinan bebas-plastik? Ini dia…

Ya, Putri Eugenie yang notabene anak perempuan paling muda dari Pangeran Andrew, Duke of York, dan Putri Sarah, Duchess of York, tempo hari melangsungkan perkawinannya dengan semangat bebas-plastik.

Mengingat keturunan darah biru seperti Putri Eugenie tentu saja bisa leluasa mengadakan pesta perkawinan dengan mewah dan sangat modern, tapi keputusan untuk membuatnya jadi lebih bebas plastik jelas sebuah kehormatan buat alam.

Menurut Praise Santos, jurnalis dan pendiri Ethical Weddings, mengatakan, jumlah kulminasi sampah plastik seukuran Texas (negara bagian AS), mengambang di lautan Samudera Pasifik sekarang ini! Ngeri …

Lalu bagaimana kamu bisa mengadakan momen perkawinan bebas plastik alias ramah lingkungan?

#1  Pakai gelas daur-ulang dan lupakan sedotan plastik
Ini biasanya terjadi selama momen seru resepsi berlangsung. Estimasinya begini: para undangan akan minum setidaknya dua gelas per jamnya. Jadi jika kamu mengundang 100 tamu, itu artinya ada 200 gelas yang akan menjadi sampah plastik!
Itu estimasi Santos.

Untuk itu menggantinya dengan gelas daur-ulang berbarengan dengan sedotan aluminium bisa membantu mencegah sampah plastik bertebaran. Atau gunakan gelas kaca atau gelas beling yang mudah dicuci dan dipakai lagi. Sewa perlengkapan? Why not!

Foto: greenqueen

Baca juga: Keren! Ini 5 Cara Meracik Pernikahan Ramah Lingkungan Tapi Tetap Keren

#2  Belanja Perlengkapan Ramah Lingkungan
Betul! Deretan bahan-bahan kain seperti polyester punya unsur plastik di dalamnya. Jika salah satu vendor perkawinan mengarahkan kamu memakai gaun kawin dan kostum bridesmaid, coba cek, apakah bahan yang dikandungnya.
Sepertinya rempong banget, tapi jangan salah, kalau memang total ingin bebas plastik, silahkan pilih bahan-bahan kain yang lain. Ada kok brandbrand yang mengkreasi gaun ramah lingkungan, seperti Celia Grace – bisa membuat gaun dari material fabrik nanas.
Baca juga: Ini Dia Ide Souvenir Unik yang Ramah Lingkungan!

 

Foto: srisankaramatrimony

 

#3  Lupakan Tas Kantung Penutup Gaun dan Kostum
Oh ya, jangan salah, loh, kantung plastik buat gaun-gaun para pendamping perempuan mempelai, bisa jadi dibuang setelah gaun-gaun tersebut sampai di rumah bridal. Demikian Brides.
Untuk hindari hal tersebut, mintalah ke teman-teman pendamping untuk membawa sendiri kantung penyimpanan pakai-ulang, sehingga bisa menghindari pemakaian kantung plastik. Atau kantung atau tas baju sebagai hadiah khusus bridesmaid! Sweet, kan…

Tentu saja untuk melakukan semua hal serba bebas plastik cukup menyulitkan. Untuk itu, coba cari komunitas cinta lingkungan atau komunitas go green yang ada. Dari situ kamu bisa mengadakan segala sesuatunya tak sendirian.
Penulis: Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here