Pernikahan Multikultural, Begini Cara Negosiasi dengan Pihak Keluarga

0
1350

PERBEDAAN etnis, tradisi dan budaya kerap menjadi rintangan tersendiri bagi calon pasangan yang hendak menikah. Mereka harus dapat menyatukan dua perbedaan yang muncul dari dua keluarga yang berbeda, ke dalam satu harmoni pernikahan yang paripurna.
Bila ini terjadi dalam rangka persiapan pernikahan Anda berdua, tidak ada salahnya membicarakannya antar keluarga untuk mencari solusi terbaik agar pernikahan Anda dan pasangan tidak terkendala akibat perbedaan multikultur yang muncul tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan :
Diskusikan dengan pasangan Anda lebih dulu
Sebelum membahas persiapan pernikahan lebih jauh, Anda sebaiknya meluangkan waktu dengan pasangan untuk membahas visi misi dan harapan untuk hidup Anda berdua di masa depan. Setelah itu barulah membahas mengenai persiapan prosesi pernikahan, konsep, gaya hidup sampai tradisi yang dianut oleh keluarga masing-masing. Setelah Anda dan pasangan satu suara alias kompak, maka selanjutnya bawa pembahasan tersebut dengan pihak keluarga.
Memberikan pengertian pada keluarga
Tidak bisa dipungkiri jika menikah itu juga akan menyatukan dua perbedaan budaya dan tradisi dari dua keluarga yang berbeda. Berikan pengertian dan konsultasikan dimana perbedaan tersebut muncul dan solusi untuk mengatasi adanya dua perbedaan tersebut sebelum akhirnya membuat keputusan bersama.
Coba pahami pemikiran orang tua
Tidak ada salahnya Anda memahami sudut pandang dan jalan pikiran orang tua dalam memahami tradisi yang ada di keluarga. Bangun pendekatan komunikatif, yang bisa membangun rasa saling pengertian di antara  kalian dan keluarga. Jika terjadi adu argumen, lebih baik selesaikan dengan damai sehingga tidak ada pihak yang merasa tersudutkan oleh pihak lainnya.
Rencanakan bersama dengan kedua keluarga
Setelah membicarakan masalah keuangan, mengenal tradisi budaya yang berlaku di keluarga masing-masing dan semuanya sudah tercapai kesepakatan selanjutnya Anda bisa merencanakan pernikahan dengan baik sembari merancang kehidupan yang baru dengan pasangan Anda setelah menikah nanti.
 
Nur Halimah / AL
 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here