Ini 5 Alasan Tepat Jika Ingin Adakan Pernikahan Rahasia alias Pernikahan Terbatas

0
196
Foto: greenweddingshoes

Jangan salah pernikahan rahasia atau diam-diam nyatanya makin banyak diminati, loh! Eh, tapi kenapa orang kebanyakan dan beberapa selebriti lebih suka menikah diam-diam?

Ya, memang kita sudah lihat format pernikahan diam-diam karena para selebriti. Misalnya saja, seperti Miley Cyrus dan Liam Hemsworth tempo hari pas suasana Natal. Tak ada satu orang pun yang tahu mereka menikah – bahkan paparazi – sekalipun, sampai akhirnya Miley mengunggah foto pernikahan mereka di Instagram.

Memang kebanyakan dari kita, budaya Timur, yang kerap mewajibkan pernikahan mengundang banyak keluarga hingga kerabat masih tetap terjadi. Tapi belakangan, banyak pasangan yang menikah diam-diam tapi ya karena di negeri ini, jadinya bukan diam-diam tapi pernikahan terbatas.

Jadi, kenapa alasan utama banyak pasangan masa kini mengadakan pernikahan diam-diam atau pernikahan terbatas?

Ini dia alasan-alasannya…

 

#1  Pernikahan Itu ‘Momen Kita Berdua’

Momen berdua memang jadi ciri pernikahan yang sesungguhnya. Simak deh alasan Tracy, usia 41, saat dirinya menikah diam-diam dengan sang suami sewaktu dulu: “Aku merasa pernikahan itu selalu tentang orang lain, bukan pasangan yang menikah. Suami dan saya akhirnya pergi berlibur selama tiga pekan, bertunangan, dan begitu kembali, kami mengundang 25 orang terdekat kamu bertemu di resto. Itu membuat mereka semua terkejut. Tak boleh ada foto dan di luar 25 orang tersebut, banyak yang tak tahu kami telah menikah.” Wuih…

 

#2  Pernikahan adalah drama

Benar. Rasa tertekan menjelang pernikahan itu ada. Itulah yang dirasakan Paulette saat mau menikah beberapa waktu lalu. “Saking stresnya saya dan pasangan, kami sempat bertengkar hebat. Kami berdua pun sadar, jika pesta besar-besaran tetap diadakan disertai ide-ide dari keluarga besar, kami berdua pasti akan putus. Akhirnya kami batalkan pesta, pergi menikah di catatan sipil, pulang ke rumah dan bilang ke semua orang kami berdua sudah menikah, dan sebulan kemudian orangtua kami mengadakan pesta pernikahan kejutan. Benar-benar bebas drama!”

 

Pernikahan rahasia alias pernikahan terbatas jadi pilihan banyak pasangan. Bagaimana dengan kamu? | Foto: pinimg

 

Baca juga: Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Kehidupan Pernikahan. Bukan Melulu Mengenai Halal Seks

 

#3  Privasi Itu Mahal

Menikah diam-diam bagi sebagian orang adalah sebuah momen prestis. Mereka yang terbiasa kehidupan pribadinya diumbar atau terumbar di dunia nyata (dan dunia maya), biasanya menginginkan pernikahan mereka menjadi momen pribadi mereka yang hanya boleh dinikmati mereka saja. Persis Danielle, cewek berusia 34, ia ingin pernikahannya nggak mau jadi ‘pertunjukan belaka’. Alhasil, ia dan pasangan hanya mengundang 30 orang terdekat mereka saja dan mengadakan pesta kecil di rumah. “Banyak orang yang akhirnya mengerti dan menghormati keinginan kami tersebut.”

 

#4  Dunia maya bisa menghancurkan segalanya

Apa jadinya jika kamu adalah seorang influencer di medsos? Salah seorang influencer yang direferensikan Brides curhat: “Karena saya seorang influencer jadi semua orang berpikir mereka tahu tentang saya dan kehidupan saya. Tapi satu yang saya nggak mau mereka inginkan: mereka jadi bagian dari momen pernikahan saya. Saya nggak pernah umumkan pertunangan saya, karena itu momen pribadi milik saya.”

Lalu apa yang terjadi setelah pernikahan dan momen tersebut diumbar di akun medsos milik influencer tersebut?

Foto demi foto diunggah dan menghebohkan dunia maya! (Hmmm… Sounds familiar, nih!)

 

Baca juga: 10 Foto Prewed Terbaik Dunia Versi Junebug Weddings, Tertarik Meniru?

 

#5  Irit

Nah, poin yang terakhir ini jelas sudah banyak yang tahu kalau pernikahan diam-diam alias pernikahan terbatas itu adalah mengirit biaya pernikahan!  Memang sih bakalan banyak orang yang kaget karena nggak diundang dan tahu kalau kamu sudah nikah, dan alhasil banyak yang kesal dengan kamu, tapi ya mau bagaimana lagi kalau memang bujetnya hanya membuat pesta kecil-kecilan saja.

So, wajib banget nih kasih pengertian baik-baik ke mereka yang kita kenal dekat maupun yang nggak kenal dekat (tapi merasa kenal dekat. Hahaha!)

 

 

Penulis: Orlando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here