Tips Akur dengan Keluarga Saat Merencanakan Pernikahan

0
1335
metua dan menantu
Ilustrasi dalam Film Monster in Law - youtube.com

KAMU tentu senang jika banyak orang yang membantu menyiapkan pesta pernikahan. Namun lain halnya jika pihak keluarga terlalu banyak ikut campur menyiapkan pesta pernikahan. Di satu sisi kamu ingin mewujudkan momen sekali seumur hidupmu sesuai dengan keinginan dan impianmu. Namun di sisi lain, kamu ingin tetap menghormati mereka sebagai orangtua.
Kondisi ini bisa menjadi menjadi hal yang membingungkan bukan? Untuk itu, bacalah tips berikut agar tetap akur dengan calon mertua selama menyiapkan pesta pernikahan.
BUAT MEREKA TERLIBAT
Daripada kamu bingung hingga menjadi jengkel dengan sikap mereka yang terlalu ikut campur, lebih baik ajak mereka terlibat dan bekerjasama. Misalnya, mengajak mereka untuk food tasting, make up trial, atau fitting gaun pengantin.
Siasati dengan membuat mereka merasa seperti yang membuat keputusan, namun dalam kenyataannya kamu hanya memberikan tugas-tugas yang memungkinkan mereka untuk merasa terlibat dan dihargai.

bridesmaid
Ilustrasi Bridesmaid – pixabay

Selain itu, kamu pun dapat  menggunakan potensi keahlian yang mereka miliki untuk terlibat dan benar-benar membantumu menyiapkan pesta pernikahan. Mungkin saja ia pandai memasak atau memiliki selera fashion yang bagus, maka kamu bisa memintanya mengurus bagian catering atau memilih busana bridesmaid.
DENGARKAN DAN BERSABARLAH
Pernikahan tidak hanya tentang menyatukan dua orang, tapi juga menyatukan dua keluarga. Setiap keluarga tentu memiliki cara berbeda dalam melakukan sesuatu seperti, tradisi yang berbeda, sistem kepercayaan yang berbeda, dan mungkin saja harapan berbeda di hari pernikahan untuk anak mereka.
Jadi, tiap kali kamu dihadapkan pada perbedaan tersebut, cobalah untuk diam, menarik nafas, dan bersabar. Belajarlah untuk menerima dan memahami perbedaan-perbedaan ini.
COMMUNICATION IS THE KEY
Banyak permasalahan terjadi karena orang tidak menyadari bagaimana seharusnya mereka menyampaikan pesan yang dimaksud. Bila orangtua atau calon mertuamu tetap keras kepala dan tidak mau berbagi pendapat, segera komunikasikan hal itu kepadanya.
Gunakanlah kalimat yang tegas namun tetap sopan tanpa menyinggung perasaannya. Sampaikan bahwa saat ini saran atau pendapatnya sangat berharga. Akan tetapi, kamu tetap punya andil menentukan arah pesta pernikahan yang diinginkan.
BERSIKAP CUEK
Mungkin ini bukan saran yang dianjurkan dari tips ini. Namun, saran ini tetap perlu dipertimbangkan.  Perlu diingat, bahwa kamu tengah menyiapkan pesta pernikahanmu dengan dia.  Ini bukanlah persiapan untuk hari pernikahan mereka.
Jangan permasalahkan seberapa banyak mereka  mencoba mengatur. Abaikan saja komentar mereka tentang pesta pernikahanmu dan  lakukan  apa pun yang kamu inginkan untuk hari spesialmu. Cuek saja!(*)
INTAN WIDASTUTI | TR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here