Urutan Persiapan yang Harus Dilakukan Setahun Menjelang Pernikahan

0
4384
Urutan Persiapan yang Harus Dilakukan Setahun Menjelang Pernikahan
Ilustrasi - Pixabay

PERNIKAHAN selalu diusahakan untuk menjadi momen paling bersejarah dan berkesan untuk dikenang, baik bagi dirimu sendiri, pasangan, keluarga dan para tamu. Namun, terkadang kamu menemui jalan buntu atau dipusingkan bagaimana harus memulai semua persiapan. Berikut merupakan daftar perincian hal yang harus kamu lakukan setahun menjelang hari pernikahan:

H-1 Tahun Hari Pernikahan

Setelah melakukan acara pertunangan, mulailah menetapkan tanggal pernikahan yang kemudian disusul dengan tema pernikahan yang diinginkan, adat atau international. Jika bingung, kamu dan pasangan bisa sama-sama mencari inspirasi melalui internet.
Lokasi pernikahan juga perlu dipikirkan sejak jauh-jauh hari, loh. Apalagi jika kamu ingin menikah di tanggal cantik. Kalau bisa kamu dan pasangan juga sudah menyiapkan alternatif tempat jika venue yang kamu inginkan sudah full booked. Setelah itu, lanjutkan persiapan dengan membuat list kebutuhan pernikahanmu, seperti gaun, bunga, kendaraan, katering, suvenir, desain kartu undangan dan lain-lain.
Jika dirasa kamu dan pasangan terlalu sibuk untuk menyiapkan sendiri, kamu bisa menggunakan jasa wedding planner atau wedding organizer. Jasa ini akan sangat membantu mulai dari pemilihan vendor dan pelaksanaan resepsi pernikahanmu. Kemudian, kamu juga harus mulai memilih orang-orang yang akan menjadi bridesmaid dan groomsman, serta penerima tamu.

H-9 Bulan Hari Pernikahan

Waktu ini sangat tepat untuk mulai mendaftarkan tanggal pernikahanmu ke KUA , mengkonfirmasi kembali venue pernikahan dan vendor-vendor yang akan bekerja untuk pernikahanmu, serta membuat daftar tamu undangan bersama pasangan dan keluarga.

H-6 Bulan Pernikahan

Memastikan bahwa semua vendor sudah mulai melakukan tugasnya. Untuk katering, kamu harus mulai menetapkan makanan apa yang akan dihidangkan. Lakukan juga food testing agar kamu ataupun para tamu tidak kecewa dengan rasa dan juga tampilannya.

H-3 Bulan Hari Pernikahan

Konfirmasi kembali pengadaan mobil pengantin untukmu dan pasangan nanti. Jangan lupa untuk mengkonfirmasi kendaraan untuk keluargamu yang berasal dari luar kota – jika diperlukan.

H-2 Bulan Hari Pernikahan

Mulailah mencari inspirasi gaya riasan yang kamu inginkan. Buat juga daftar terakhir untuk mengantur tempat duduk jika konsep pestamu adalah seating party. Agar tampil maksimal dan beda, mulailah untuk melakukan diet dan berolahraga secara teratur.

H-1 Bulan Hari Pernikahan

Saatnya kamu menyebarkan undangan pernikahan. Kamu juga sudah harus fitting baju dan sepatu yang akan diguanakan. Konfirmasi juga mengenai cincin kawin dan jangan lupa untuk menentukan hari gladi resik menjelang hari pernikahanmu.

H-2 Minggu Hari Pernikahan

Saatnya mengambil gaun, sepatu, aksesoris yang akan kamu gunakankan. Ingatkan kembali teman-teman atau keluarga yang akan bertugas nantinya.

H-1 Minggu hari Pernikahan

Biasanya pada H-1 minggu orang-orang akan panik dengan segala hal. Agar kamu tidak jadi stres, usahakan untuk tetap menjalankan list yang sudah dipersiapkan dengan santai namun tepat waktu. Seminggu sebelum pernikahan kamu dan keluarga harus sudah melakukan gladi resik agar semuanya berjalan lancar.
Kamu tentu ingin tampil beda di hari besarmu, kan? Lakukanlan perawatan kecantikan bersama pasangan di salon. Biasanya ada beberapa paket perawatan spesial untuk calon pengantin. Melakukan perawatan bersama juga merupakan kegiatan relaksasi agar kamu dan pasangan tampak segar di hari pernikahan.

Hari Pernikahan

Yeay, hari yang ditunggu telah tiba, kamu dan dia resmi menjadi sepasang semua istri sekarang! Biarkan semua bekerja sesuai tugas masing-masing. Di hari ini kamu hanya perlu menikmati pesta tanpa harus ikut repot mengurus semuanya. Cukup habiskan momen bahagia bersama pasangan barumu, keluarga dan kerabat dekat.
Baca Artikel Ini: Aplikasi Android yang Paling Bermanfaat Untuk Persiapan Pernikahan
ELSA FATURAHMAH

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here